Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu SEO? — SEO adalah singkatan dari kata Search Engine Optimization yang maksudnya adalah merupakan optimasi-optimasi yang dilakukan untuk membuat sebuah web atau blog mendapatkan peringkat yang bagus di hasil penelusuran mesin pencari alias search engine seperti Bing, Google, Yahoo! dan lain-lain.

SEO merupakan cara yang dilakukan oleh pemilik situs untuk mendatangkan trafik organik seoptimal dan sebanyak mungkin dari mesin pencari. SEO bisa diterapkan untuk seluruh mesin pencari, jadi bukan hanya untuk Google saja, namun hal ini juga bisa kamu diterapkan untuk mesin pencari lainnya seperti Bing, Yahoo!, DuckDuckGo, dan masih banyak lagi.

Setiap mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo dan Yahoo! memiliki hasil pencarian utama mereka masing-masing, di mana halaman web dan konten lainnya seperti video atau daftar lokal ditampilkan dan diberi peringkat berdasarkan apa yang dianggap paling relevan bagi pengguna oleh mesin pencari. Jadi semakin relevan isi konten dari halaman situs tersebut maka akan semakin baik pula peringkatnya dimata mesin pencari.

Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya? - WandiWeb 

Apakah SEO Penting untuk Blog atau Website?

Dengan melihat kepopuleran mesin pencari seperti Google, bisa kamu ukur sendiri seberapa sering orang-orang mengakses situs mesin pencari tersebut setiap harinya. Setiap orang yang mencari sesuatu di Google biasanya kebanyakan hanya akan mengklik konten yang relevan dan berada pada halaman pertama mesin pencari tersebut.

Berdasarkan data dari Google, situs yang berada di halaman pertama hingga ketiga akan mendapatkan klik dan pengunjung organik yang lebih banyak jika dibandingkan dengan situs yang berada jauh dibawah. Bisa kamu bayangkan sendiri jika mesin pencari menempatkan situs atau blog milikmu di halaman pertama hasil penelusurannya, maka tentu saja kamu akan mendapatkan pengunjung yang sangat banyak setiap harinya.

Bagaimana Mesin Pencari Bekerja

Saat seorang pengguna mencari sesuatu di Google (atau mesin pencari lainnya), suatu algoritma bekerja secara real-time untuk memberi pengguna tersebut apa yang dianggap mesin pencari sebagai hasil "terbaik" dan sesuai dengan apa yang dicari. Secara khusus, Google memindai indeksnya dari "ratusan miliar" halaman untuk menemukan serangkaian hasil yang akan menjawab apa yang sedang kita cari dengan menampilkan hasil yang menurut sistem adalah yang terbaik.

Bagaimana cara Google menentukan hasil "terbaik"?

Meskipun Google tidak terang-terangan menjelaskan algoritmanya secara umum, namun berdasarkan paten dan pernyataan yang diberikan oleh Google, dapat disimpulkan bahwa mereka memberi peringkat pada sebuah situs dengan melihat beberapa aspek seperti:

Konten yang Relevan

Sebagai contoh, jika kamu sedang mencari sesuatu dengan mengetikkan keyword "vga untuk editing video", maka tentu saja kamu tidak ingin melihat halaman web yang membahas tentang cara membuat kue bukan? Karena itulah Google mencari halaman yang paling sesuai atau setidaknya paling mendekati apa yang sedang kamu cari tersebut dan menampilkannya di hasil penelusuran.

Namun, tentu saja Google tidak bisa memberi peringkat pertama kepada halaman paling relevan saja, itu karena ada ribuan (atau bahkan jutaan) halaman yang relevan untuk setiap istilah pencarian. Sebagai contoh, hasil pencarian dengan kata kunci "vga untuk editing video" memiliki sekitar 8.280.000 hasil.

Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya? - WandiWeb 

Dengan melihat hasil tersebut, maka tentunya Google juga akan mempertimbangkan beberapa aspek lainnya untuk menempatkan situs tersebut di halaman pertama hasil penelusuran.

Authority 

Authority sebuah situs merupakan salah satu aspek yang menentukan apakah situs tersebut layak berada di halaman atas hasil pencarian mesin pencari seperti Google atau tidak. Authority sendiri merupakan cara Google untuk menentukan apakah situs tersebut akurat dan terpercaya.

Tingkat authority sebuah situs sendiri umumnya ditentukan oleh link eksternal yang mengarah ke situs tersebut. Semakin 'sehat' dan semakin banyak link dari situs lain yang mengarah ke situs tersebut, maka akan semakin baik pula peringkatnya dimata mesin pencari. Link dari luar ini sendiri biasa disebut dengan 'backlink'.

Tingkat Kepuasan Pengunjung

Semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung terhadap situs tersebut maka akan semakin baik pula posisinya di mata mesin pencari. Walaupun situs atau blog milikmu memiliki konten yang relevan dan tingkat authority yang tinggi, namun jika tingkat kepuasan pengunjung terhadap situs tersebut rendah, maka siap-siap saja Google akan menurunkan posisinya dan digantikan dengan situs lain yang memiliki tingkat kepuasan pengunjung yang lebih tinggi.

Bagaimana Google mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap situs tersebut? Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan melihat bounce rate atau rasio keluar masuk pengunjung ke situs tersebut. Semakin tinggi bounce rate pada sebuah situs, maka itu berarti situs tersebut tidak memiliki tingkat kepuasan pengunjung yang baik dan biasanya disebabkan oleh isi konten yang tidak berkualitas.

Tampilan Situs

Salah satu poin yang menurut WandiWeb merupakan hal yang juga cukup penting adalah tampilan pada situs tersebut. Semakin friendly dan mudah situs milikmu digunakan oleh pengunjung, maka tentunya tingkat SEO-nya juga akan semakin baik. Faktor yang bisa mempengaruhi hal ini antara lain adalah tingkat kecepatan loading pada halaman situs tersebut, navigasi yang tersedia, dan sturuktur halaman yang baik.

Bagaimana Cara Melakukan SEO?

SEO dapat kamu terapkan pada situs atau blog milikmu dengan melihat poin-poin yang sudah Wandi jelaskan diatas, namun selain itu kamu juga bisa meningkatkan SEO pada situs milikmu dengan melakukan optimasi pada komponen-komponen lainnya seperti kata kunci, tingkat kompetisi, reputasi situs, hingga kecepatan muat pada situs tersebut.

0 Response to "Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel