DuckDuckGo, Search Engine Yang Lebih Baik Dari Google?

DuckDuckGo vs Google — Siapa sih yang tidak kenal dengan search engine Google? Search engine alias mesin pencari nomor 1 di dunia ini bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok untuk beberapa orang saat ini. Bagaimana tidak, mesin pencari ini memberikan kita akses ke seluruh dunia hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan perangkat komputer atau smartphone saja. Kelebihan inilah yang membuat sebagian dari kita terkadang lebih membutuhkan Google daripada buku-buku fisik karena kita dapat menemukan semua informasi yang kita butuhkan secara instan tanpa harus bersusah payah membuka halaman buku satu-per-satu. Bukan hanya itu, Google juga bahkan memberikan kita kemudahan lain seperti membantu kita melihat lalu lintas dan ramalan cuaca.

Namun tahukah kalian bahwa setiap kali kalian menjelajah di internet dengan menggunakan mesin pencari Google, maka setiap 'jejak' kalian akan direkam dan disimpan oleh mereka? Hal ini menurut mereka bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengeksplorasi lebih banyak lagi tentang hal-hal yang sedang pengguna tersebut cari. Namun apapun alasannya, tentu saja privasi pengguna tetap akan terekspos.

Nah, maka dari itu, untuk kalian yang merasa risih atau bahkan sudah bosan dengan mesin pencari Google, kalian bisa mencoba salah satu alternatif search engine alias mesin pencari yang menurut WandiWeb adalah yang terbaik untuk menggantikan mesin pencari Google, yaitu mesin pencari dengan nama DuckDuckGo! Kenapa harus DuckDuckGo? Alasannya sederhana, yaitu karena interface nya tidak jauh berbeda dengan Google sehingga kalian akan terbiasa menggunakannya, dan tentu saja mesin pencari ini tidak akan merekam 'jejak' kalian sama sekali. Untuk lebih mengenal tentang mesin pencari satu ini, WandiWeb akan memberikan sedikit ulasan tentang kelebihan yang dimiliki DuckDuckGo dibandingkan dengan Google.
DuckDuckGo, Search Engine Yang Lebih Baik Dari Google - WandiWeb

Kelebihan DuckDuckGo Dibandingkan Google

DuckDuckGo sebenarnya pertama diciptakan pada tahun 2006, dan baru mulai banyak digunakan pada tahun 2010, namun sayangnya search engine alias mesin pencari ini tidak sepopuler Google. DuckDuckGo memiliki kelebihan, yaitu tidak merekam history pencarian alias 'jejak' kita ketika kita menggunakannya, jadi data tentang apa-apa saja yang kita ketik di mesin pencari mereka akan tetap private dan tidak akan digunakan oleh mereka untuk hal apapun. Perusahaan DDG sendiri berbasis di Valley Forge, Pennsylvania, Amerika Serikat. Beberapa fitur yang ditawarkan mesin pencari ini adalah:


1. Membantu Melihat Biodata Seseorang di Media Sosial
Fitur ini dapat membantu kalian untuk mencari teman atau seseorang di media sosial hanya dengan mencari namanya saja di DuckDuckGo. Ini lebih efisien karena kalian tidak perlu meninggalkan mesin pencari untuk mendapatkan detail media sosial seseorang. Contohnya saja untuk mencari seseorang di facebook, kalian hanya tinggal mengetikkan !facebook (nama akun) contohnya !facebook wandi, maka kalian akan di arahkan ke situs facebook dengan keyword yang dimaksud.

2. Fitur Pencarian Alternatif
Fitur yang satu ini berguna untuk memberikan informasi mengenai aplikasi, merk, dll alternatif yang dapat kita gunakan selain yang kita maksud. Misalnya jika kalian ingin mencari alternatif mesin pencari selain dengan Google, kalian bisa mengetikkan alternative to google di kolom pencarian, maka DuckDuckGo akan menampilkan nama serta link mesin pencari alternatif yang bisa kamu gunakan selain Google.

3. Link Shortener dan Expander
Sebenarnya fitur link shortener juga dimiliki oleh Google, namun fasilitas link shortener tersebut tidak semudah yang ditawarkan oleh DuckDuckGo. Jika di Google kalian harus masuk ke goo.gl, maka di DuckDuckGo kalian hanya perlu mengetikkan shorten (http://linkpanjang) untuk memperpendek link, atau expand (http://linkpendek) untuk membuat link menjadi panjang.


4. Password Generator
Jika kalian merasa kebingungan memilih password yang cocok untuk kalian gunakan, kalian bisa memanfaatkan salah satu fitur menarik dari DuckDuckGo ini, yaitu fitur random passphrase. Untuk menggunakannya, kalian hanya perlu mengetikkan "random password 20" di kolom pencarian, dan kamu akan diberikan 20 karakter password random.

5. Fitur Kalender Serta Stopwatch
DuckDuckGo memberikan fasilitas stopwatch serta kalender untuk memudahkan penggunanya, untuk menggunakan fitur tersebut kalian bisa mengetikkan stopwatch untuk mengakses fitur stopwatch, dan callendar untuk mengaksek fitur kalender.


6. Mengecek Website Yang Tidak Bisa Diakses
Salah satu fitur yang sangat berguna menurut WandiWeb adalah fitur pengecek website ini, kenapa? Karena dengan bantuan fitur ini, kalian bisa dengan mudah mengecek sebuah website yang tiba-tiba tidak bisa kalian akses untuk memastikan apakah website tersebut memang sedang down atau komputer yang kalian gunakanlah yang sedang bermasalah sehingga tidak bisa mengaksesnya. Nah, untuk melakukan pengecekan kalian hanya tinggal mengetik is (namawebsite) down di kolom search, misalnya untuk mengecek apakah situs WandiWeb down atau tidak, admin akan mengetik is wandiweb.com down, kemudian sistem akan otomatis memberikan info apakah alamat website yang dimaksud sedang down, maintenance atau baik-baik saja.


7. Fitur Developer/Programmer
Fitur ini memberikan kita kemudahan untuk mencari tahu tentang jenis bahasa program tertentu, misalnya saja untuk melihat detail command pada html, kalian bisa mengetikkan html chars pada kolom pencarian untuk mendapatkan daftar perintah html serta fungsi dari masing-masing perintah tersebut.


Sebenarnya masih ada banyak kelebihan lainya yang bisa kalian temukan pada mesin pencari DuckDuckGo ini yang tidak ada di Google, namun WandiWeb hanya cukup menjelaskannya sampai disini saja, karena akan terlalu panjang jika dibahas satu-per-satu. Jika kalian penasaran kalian bisa langsung mengaksesnya dengan mengetikkan "duckduckgo.com" di browser yang kalian gunakan.

Mungkin sekian untuk artikel kali ini, punya pertanyaan? Silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah post ini. Terimakasih.

0 Response to "DuckDuckGo, Search Engine Yang Lebih Baik Dari Google?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel