Pengetahuan Seputar Haid dan Pembalut

Haid adalah hal yang sudah pasti terjadi pada setiap wanita yang telah puber. Saat wanita mengalami haid maka sudah tentu ia akan memakai yang namanya pembalut. Secara umum ada dua jenis pembalut yakni pembalut bersayap dan pembalut tanpa sayap. Pembalut bersayap akan membantu agar darah haid tidak meluber dan bocor ke pakaian dalam.

Pengetahuan Seputar Haid dan Pembalut 

Meskipun sudah memakai pembalut bersayap namun tidak sedikit dari mereka yang tidak memakainya dengan cara benar sehingga masih terjadi kebocoran pada pakaian dalam. Hal ini tentu akan membuat wanita menjadi lebih ribet. Oleh karenanya Anda perlu tahu cara memakai pembalut sayap yang benar sehingga tidak terjadi kebocoran lagi.

Sebab Haid yang Tidak Lancar

Selain memiliki pengetahuan dalam memilih pembalut bersayap atau tanpa sayap, masih ada pengetahuan seputar haid yang tidak kalah penting yaitu mengetahui penyebab haid tidak lancar dan sedikit. Hal ini sangat perlu Anda perhatikan karena jika hal ini terjadi pada Anda maka Anda tidak bisa meremehkannya. Diantara penyebab tidak lancarnya haid adalah sebagai berikut :

1. Hormone progesterone dan esterogen yang tidak normal
Salah satu sebab terjadinya haid adalah adanya hormone progesterone dan esterogen yang tidak normal. Jika hormone ini terlalu turun atau terlalu meningkat maka kemungkinan yang terjadi adalah tidak lancarnya haid dan bahkan berpeluang terjadi haid yang tidak lancar dan tidak normal.

2. Stress
Mungkin banyak orang yang tidak mengira bahwa stress menjadi salah satu penyebab mengapa haid atau mestruasi tidak lancar. Saat seseorang mengalami stress maka kinerja ovarium dan hormone yang ada di dalamnya juga akan mengalami penurunan karena pola hidup yang tidak sehat yang disebabkan oleh stress itu sendiri.

3. Pola konsumsi tidak sehat
Makanan dan minuman yang Anda makan tidak lantas hanya berpengaruh pada perut anda yang akan kenyang. Anda juga perlu tahu bahwa setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga akan berpangaruh pada kinerja organ tubuh dalam Anda bahkan juga akan berpengaruh pada kesehatan hormonal Anda. termasuk hormone progesterone.

Pengetahuan seputar haid dan pembalut wanita adalah pengetahuan yang agaknya wajib dimiliki oleh setiap wanita mengingat hal ini sangat penting untuk kelanjutan hal-hal yang terkait dengan kewanitaan.

0 Response to "Pengetahuan Seputar Haid dan Pembalut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel