Lupa Kunci / Pola Android? Berikut 5 Cara Mengatasinya

5 Cara Mengatasi Lupa Kode atau Pola Lock Screen Android — Kunci layar atau screen lock adalah salah satu cara vital yang sangat berguna untuk mengamankan semua konten pribadi yang ada di dalam ponsel pintar milik kita. Hal ini tentunya akan sangat penting terutama untuk kamu yang memiliki dan menyimpan informasi-informasi penting seperti data keuangan (misalnya rekening), data pekerjaan, hingga data-data pribadi seperti pesan ke orang lain dan sebagainya.

Namun apa yang terjadi jika kamu tiba-tiba lupa dengan kode dan pola yang sudah kamu buat sendiri? Tentunya kamu sendiri tidak akan dapat mengakses bahkan menggunakan ponsel milikmu tersebut. Tetapi sekarang kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut, terlebih jika kamu sudah menggunakan ponsel dengan fitur fingerprint yang menggunakan sidik jari sebagai password cadangan untuk dapat masuk ke perangkat.

Lupa Kunci/Pola pada Android Milikmu? Berikut 5 Cara Mengatasinya - WandiWeb

Untuk kamu yang tidak dapat mengakses ponselmu sendiri karena lupa kunci atau pola, berikut WandiWeb merangkum beberapa tips yang mungkin bisa membantu memecahkan masalah tersebut.

Cara Mengatasi Lupa Kunci Pola Ponsel Android

Oh iya, sebelum kita lanjut ke tips dan cara-caranya sebaiknya kamu berusaha untuk mengingat kembali password tersebut, namun jika kamu merasa kamu benar-benar sudah tidak dapat mengingat apa-apa lagi tentang itu maka kamu bisa lanjut membaca tips berikut ini.

1. Gunakan Smart Lock

Smart Lock adalah fitur pada perangkat Android yang memungkinkan kita untuk menentukan kondisi yang tepat untuk melakukan bypass terhadap keamanan pada lock screen. Kamu dapat menemukan fitur ini pada Settings > Security & Location > Smart Lock.

Lupa Kunci/Pola pada Android Milikmu? Berikut 5 Cara Mengatasinya - WandiWeb

Disini kamu harus memasukkan kata sandi kunci yang saat ini kamu gunakan pada ponsel tersebut untuk membuat perubahan pada fiturnya, setelah itu kemudian barulah kamu dapat memilih lima opsi yang memungkinkan untuk membuka kunci ponselmu tanpa harus menggunakan sandi atau pola:

  • On body detection: sistem mendeteksi bahwa kamu sebelumnya membawa ponsel tanpa terkunci sebelumnya.
  • Trusted places: menggunakan lokasi tempatmu berada untuk membuka kunci ketika sedang berada di dekat alamat yang telah kamu pilih.
  • Trusted devices: menjaga perangkat agar tidak terkunci ketika terhubung ke perangkat Bluetooth tepercaya, seperti fitness tracker atau perangkat mobil.
  • Trusted face: menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel, sebagai catatan, teknologi yang satu ini cukup dapat mengganggu privasimu sendiri.
  • Voice match: Gunakan pengenalan suara untuk membuka kunci ponsel.

Jika kamu sudah mengatur satu atau lebih dari opsi ini sebelum lupa kata sandi atau pola, maka kamu akan dapat menggunakannya untuk kembali masuk ke telepon. Namun, kamu tidak akan dapat mengubah Smart Lock atau pengaturan kata sandi tanpa memasukkan kata sandi yang digunakan saat ini. Dengan demikian, mungkin masih diperlukan untuk melakukan factory reset, tetapi setidaknya kamu dapat melakukan backup terlebih dahulu.

2. Pilihan untuk perangkat Samsung

Jika kamu menggunakan perangkat Samsung, kamu mungkin dapat merasa sedikit lega, karena perusahaan tersebut sudah menyediakan beberapa cara yang cukup mudah untuk kamu yang lupa pola atau sandi ponsel Android milikmu. Berikut 2 cara yang dapat kamu terapkan untuk smartphone Samsung yang lupa kata sandi.

Backup PIN (hanya untuk versi Android lawas)

Jika kamu menggunakan hp Samsung dengan sistem operasi 4.4 (KitKat) atau dibawahnya, maka kamu dapat dengan mudah menerapkan cara set backup PIN. Setelah kamu memasukkan password yang salah pada perangkatmu, silahkan ikuti step-step berikut ini.
  • Tap pada Backup PIN jika kamu masih dapat mengingat backup PIN yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Masukkan PIN cadangan tersebut kemudian pilih Done.
  • Setelah berhasil, kamu kemudian akan diarahkan ke pengaturan Screen Lock untuk mengatur ulang pola atau sandi layar ponsel Samsung milikmu.


Find My Mobile

Untuk semua ponselnya, Samsung menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola perangkat dari jarak jauh jika kehilangan perangkat tersebut. Untuk melakukannya, kamu harus masuk ke akun Samsung di ponsel milikmu, dan harus memiliki Wi-Fi atau koneksi data seluler.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan reset perangkat melalui Find My Mobile:
  • Buka findmymobile.samsung.com menggunakan browser perangkat manapun yang bisa kamu gunakan.
  • Log in menggunakan akun Samsung yang kamu gunakan pada ponsel tersebut.
  • Masuk ke pilihan Unlock my device kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.
Lupa Kunci/Pola pada Android Milikmu? Berikut 5 Cara Mengatasinya - WandiWeb 

3. Gunakan fitur Forgot PIN Promt (Android 4.4 atau di bawahnya)

Jika kamu menggunakan ponsel dengan sistem operasi versi lama dengan Android 4.4 (KitKat) atau di bawahnya, maka kamu dapat mengatur ulang kode sandi melalui screen lock. Langkah ini memerlukan akun Google yang tentunya sudah terkoneksi pada perangkat tersebut:
  • Masukkan pola yang salah ke layar kunci hingga muncul peringatan bahwa kamu telah melakukan beberapa upaya yang gagal, biasanya akan muncul pesan "coba lagi dalam 30 detik".
  • Tap Lupa Pola atau Forgot Pattern kemudian kamu akan melihat permintaan untuk memasukkan informasi akun Google yang terkait.
  • Ketikkan alamat email dan kata sandi akun tersebut.
  • Sekarang kamu sudah memiliki opsi untuk mengatur ulang pola screen lock. Cukup tap pada bagian Sign in, lalu buka pengaturan Kunci Layar/Screen Lock dan atur pola layar kunci baru.

Namun yang menjadi masalah, kamu tidak dapat menggunakan cara ini jika versi Android yang kamu gunakan adalah 5.0 ke atas.

4. Coba cara-cara yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya

Jika kamu belum memasang Smart Lock, bukan menggunakan ponsel lama, atau bukan menggunakan perangkat Samsung, metode di atas bagi beberapa kasus mungkin tidak akan membantu sama sekali. Dalam hal ini, maka kamu harus mengambil tindakan yang lebih "tricky" lagi.

Hal ini pada dasarnya sama saja seperti kamu meretas telepon milikmu sendiri. Cara-cara tersebut tidak 100% akan berhasil semua, serta berpotensi memperparah keadaan ponsel milikmu jika kamu tidak hati-hati dalam melakukannya. Dengan demikian, kamu hanya harus mencobanya jika memang sudah tidak ada pilihan lain.

Hapus file PIN dengan ADB

Kamu dapat melakukan penghapusan file PIN pada perangkat milikmu dengan memanfaatkan sambungan ADB atau Android Debug Mode, dengan cara ini kamu dapat mengakses file-file root dari ponsel milikmu tersebut melalui komputer atau laptop. Kemudian kamu dapat menghapus file yang mengatur kata sandi dari ponsel tersebut.

Lupa Kunci/Pola pada Android Milikmu? Berikut 5 Cara Mengatasinya - WandiWeb

Namun perlu diperhatikan, metode ini hanya akan bekerja apabila:
  • USB debugging aktif pada perangkat tersebut. Jika kamu belum pernah menggunakan atau mengaktifkan USB debugging maka tentunya kamu tidak dapat melanjutkan cara ini ke tahap selanjutnya.
  • Kamu telah mengijinkan komputermu untuk terhubung dengan perangkat Android milikmu melalui koneksi ADB.
  • Ponsel milikmu tidak dilindungi dengan sistem enkripsi / encrypted. Seperti yang kita ketahui, ponsel Android dengan versi 6.0 ke atas sudah dilindungi dengan sistem ini.

Nah, jika ponselmu tersebut sudah cocok dengan kategori/persyaratan di atas maka kamu dapat lanjut ke cara melakukan penghapusan file PIN.
  1. Hubungkan ponsel milikmu ke komputer melalui kabel USB.
  2. Buka jendela Command Prompt atau Terminal ke direktori instalasi ADB pada komputermu.
  3. Ketik adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan Enter.
  4. Restart ponsel tersebut. Setelah melakukannya, layar kunci aman akan hilang.
  5. Ini adalah kondisi sementara, jadi silahkan setel ulang PIN atau kunci pola sebelum melakukan restart lagi.

Buat Lock Screen crash/macet

Metode ini berfungsi untuk perangkat terenkripsi yang menjalankan Android 5.0 hingga 5.1.1. Dengan demikian, cara ini hanya cocok untuk sebagian kecil ponsel, tetapi tentunya cara ini sangat patut untuk kamu dicoba. Berikut adalah cara untuk membuat sistem lock screen pada ponselmu menjadi crash/macet/hang.
  1. Ketuk opsi Panggilan Darurat atau Emergency Call di screen lock pada ponsel milikmu.
  2. Gunakan dialer untuk memasukkan 10 tanda bintang.
  3. Ketuk dua kali untuk menyorot teks ini dan pilih Salin.
  4. Paste karakter yang dipilih tersebut di sebelah karakter asli yang disalin tadi.
  5. Terus ulangi proses ini untuk menambahkan lebih banyak karakter ke ruang kata sandi sampai ketuk dua kali tidak lagi menyoroti karakter.
  6. Buka pintasan kamera dan tarik ke bawah bayangan pemberitahuan.
  7. Ketuk ikon pengaturan, tempat memasukkan kata sandi.
  8. Tekan lama bidang input dan pilih opsi Tempel. Kemudian ulangi proses ini beberapa kali untuk menyalin dan menempel lebih banyak karakter.
  9. Akhirnya, layar kunci akan macet dan kamu akan dapat mengakses perangkatmu kembali.


5. Lakukan Factory Reset pada ponselmu

Jika semua cara yang sudah saya jelaskan di atas tidak ada satupun yang berfungsi, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan senjata pamungkas, yaitu Factory Reset. Tentu saja, ini juga akan menghapus semua data di ponsel yang kamu gunakan tersebut. Jika kamu masuk ke akun Google dan melakukan backup, maka kamu akan dapat masuk kembali ke akun yang sama setelah melakukan reset dan mengembalikan akun sebelumnya.

Lupa Kunci/Pola pada Android Milikmu? Berikut 5 Cara Mengatasinya - WandiWeb 

Karena ponselmu terkunci, maka kamu harus menggunakan metode lain untuk melakukan reset. Cara termudah adalah menggunakan situs web Find My Device Google. Selama kamu mengaktifkan fitur ini di telepon, kamu dapat mengklik opsi Hapus Perangkat atau Erase Device di halaman ini untuk mengatur ulang. Namun jika kamu tidak dapat menggunakan metode ini, kamu masih bisa melakukan factory reset secara manual dengan cara:
  1. Matikan perangkat.
  2. Setelah layar menjadi benar-benar mati, tekan dan tahan volume bawah dan tombol power secara bersamaan untuk memunculkan menu bootloader Android. Kombinasi tombol ini mungkin berbeda tergantung ponsel yang kamu gunakan.
  3. Tekan tombol volume down dua kali untuk menyorot opsi Recovery Mode, lalu tekan tombol power untuk memilihnya.
  4. Tahan tombol power dan tekan tombol volume up sekali untuk masuk ke mode pemulihan.
  5. Gunakan tombol volume untuk pergi ke opsi Wipe data / Factory Reset. Lanjutkan dengan langkah-langkah untuk melakukan factory reset.
  6. Setelah perangkat reboot, jalankan kembali pengaturan. Kamu akan diminta masuk kembali ke akun Google milikmu, yang akan mengembalikan semua data yang sudah di backup sebelumnya.

Beberapa metode di atas mungkin dapat membuatmu mendapatkan akses kembali ke ponsel Android milikmu, namun tetap saja cara tersebut tidak akan dapat membantu apapun dalam mengingat kata sandi yang sudah kamu buat sendiri. Kamu tentunya tidak ingin untuk selalu melalui langkah-langkah ini lagi bukan? Jadi lebih baik untuk mengambil tindakan pencegahan sehingga kamu tidak akan melupakan kode sandi lagi di masa depan.

0 Response to "Lupa Kunci / Pola Android? Berikut 5 Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel