Mau Jadi HRD? Kenali Dulu Tugas-Tugas HRD

Mau Jadi HRD? Kenali Dulu Tugas-Tugas HRD — HRD atau Human Resources Development merupakan divisi yang bertugas untuk mengatur dan mengurus segala kebutuhan perusahaan seputar karyawan. Karyawan merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan, sehingga dibutuhkan staf khusus yang bertugas untuk menjaga aset tersebut.

Mau Jadi HRD? Kenali Dulu Tugas-Tugas HRD - WandiWeb 

Saat ini menjadi HRD tidak hanya melulu untuk orang yang berlatar belakang pendidikan jurusan psikologi, asal dapat mengerjakan tugas-tugas HRD dengan baik, maka orang tersebut dapat menjadi HRD yang andal.

Nah, berikut ini adalah berbagai macam tugas yang biasa nya dilakukan oleh seorang hrd :

1. Melakukan Rekrutmen Karyawan

Sudah menjadi agenda tahunan hingga bulanan bagi perusahaan-perusahaan tertentu untuk melakukan rekrutmen karyawan baru. Terutama bagi perusahaan swasta yang masih berkembang. Hal ini menjadi salah satu tugas pokok dari staf HRD. 

Jika di era modern ini, HRD biasanya akan membuat keterangan atau pengumuman pencarian karyawan baru secara online. Sebagai staf HRD, anda perlu menulis posisi apa yang dicari, persyaratan, dan tugas-tugas dari pekerjaan tersebut. Lalu unggah ke situs pencarian kerja seperti Jobstreet, Karir.com, Loker.id, dan masih banyak lagi. 

Staf HRD juga bertanggung jawab atas penyeleksian berkas lamaran calon karyawan baru. Ada perusahaan yang mempercayakan penyeleksian berkas awal sepenuhnya pada HRD, ada juga yang harus melalui pertimbangan atasan. Hingga akhirnya HRD juga yang akan melakukan sesi wawancara dan perekrutan jika pelamar memenuhi kriteria yang dicari. 

2. Mengawasi Absensi dan Kinerja Pegawai

HRD bertanggung jawab atas absensi atau kehadiran setiap karyawan. Jika ada karyawan yang tiba-tiba tidak masuk tanpa keterangan, staf HRD wajib menghubungi karyawan tersebut untuk mencari tahu. 

Karena hal tersebut sudah menjadi hak perusahaan untuk mengetahui, di mana karyawannya ketika sedang jam operasional kerja. HRD juga patut memberi teguran bagi pegawai yang seringkali datang terlambat. Jika sampai ada pemberian Surat Peringatan (SP), HRD juga yang akan membuat dan memberikan surat tersebut pada karyawan bersangkutan. 

Sekarang absensi karyawan sudah bisa ditata secara praktis dengan software berbasis online. Salah satu aplikasi HRD terbaik yang banyak digunakan perusahaan untuk tugas ini adalah LinovHR. Aplikasi ini juga memiliki sistem payroll yang mensinkronkan absensi dengan slip gaji.

3. Menciptakan Kondisi Kerja yang Kondusif

Salah satu tugas HRD yang cukup penting adalah menciptakan kondisi kerja yang kondusif, HRD harus mampu mengendalikan setiap situasi yang ada didalam perusahaan entah ketika perusahaan sedang mengalami masalah atau tidak.

Oleh karena itu Divisi HR harus memiliki sistem yang baik dan tetap memperhatikan karyawan dari setiap kebijakan yang dikeluarkan perusahaan, agar tidak menimbulkan konflik dan situasi kerja yang kondusif tetap terjaga.


4. Menjadi Jembatan Antara Pegawai dan Atasan

Salah satu tugas HRD lainnya adalah menjadi jembatan antara pegawai dengan atasan. Dalam sebuah perusahaan pastinya ada kebijakan dan peraturan yang sering disesuaikan. Karyawan memiliki hak untuk berpendapat jika peraturan tertentu dirasa memberatkan karyawan tanpa upah yang sebanding. 

Agar komunikasi berjalan dengan lebih layak dan pantas, HRD harus tanggap dalam mendengar keluhan karyawan dalam forum tertentu lalu menyampaikan aspirasi karyawan pada atasan perusahaan dalam bentuk informasi yang telah diperlembut dan intinya saja.

Itu tadi beberapa tugas pokok dari staf HRD yang perlu anda ketahui. Tetapi biasanya setiap perusahaan biasanya memiliki perbedaan dalam penugasan dan tanggung jawab Divisi HRD, tetapi tetap pada garis besar yang sama yaitu mengelola sumber daya manusia untuk lebih maju dan dapat bersaing.

2 Responses to "Mau Jadi HRD? Kenali Dulu Tugas-Tugas HRD"

  1. saya pengen nanya nih kak, saya kebetulah disuruh sama atasan buat rekrut karyawan baru nih, ada beberapa orang yg ditunjuk salah satunya saya, nah kira-kira skill apa aja yang harus saya kuasai supaya kerjanya lancar? soalnya saya baru pertama kali disuruh jadi hrd gini jadi belum paham

    ReplyDelete
  2. Biasanya akan ada arahan dari atasan terlebih dahulu sebelum menjalankan tugas, untuk skill nya yang penting bisa berkomunikasi dengan baik terutama dengan calon karyawan, paham psikologi dasar, dan tentunya yang paling penting harus konsisten dan tegas dalam mengambil keputusan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel