Apa Kita Sudah Salah Mengartikan Emoji 'Dua Tangan Menempel'?

Perdebatan arti emoji 'dua telapak tangan yang saling menempel' di media sosial — Belakangan ini kembali terjadi perdebatan di antara para netizen Indonesia terkait dengan arti/makna sesungguhnya dari salah satu emoji yang paling sering di gunakan di platform media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Twitter saat ini, yaitu emoji dua telapak tangan yang saling menempel.

Banyak diantara para netizen yang memperdebatkan tentang penggunaan emoji tersebut yang (katanya) sudah disalah artikan selama ini, ada yang beranggapan bahwa emoji dengan dua telapak tangan menempel tersebut sebenarnya adalah emoji high-five atau 'tos', sedangkan yang lainnya beranggapan bahwa emoji tersebut adalah emoji untuk memohon dan berdoa.

Apa Kita Sudah Salah Mengartikan Emoji 'Dua Tangan Menempel'? - WandiWeb 

Sebenarnya perdebatan tentang penggunaan emoji yang disalah artikan oleh beberapa orang seperti ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi, namun entah kenapa perdebatan tentang emoji kali ini terkesan lebih menarik, mungkin penyebabnya adalah karena hal tersebut sudah terlalu sering di posting bahkan menjadi bahan lelucon oleh para pengguna media sosial untuk melakukan sarkas atau menyindir orang yang menurut mereka salah dalam menggunakan emoji tersebut.

Lalu, mana yang benar?

Oke, saya tahu pasti pertanyaan tersebut akan muncul di benak kalian setelah memaca paragraf diatas. Walaupun sebenarnya saya bukan orang yang suka menggunakan emoji saat sedang chatting, namun sepertinya saya masih tetap perlu menjawab pertanyaan tersebut agar perdebatan ini tidak semakin berlanjut menjadi hal yang lebih tidak masuk akal lagi, jadi silahkan simak baik-baik penjelasan yang akan WandiWeb berikan berikut ini.

Berdasarkan dari hasil riset sederhana yang saya lakukan, WandiWeb menemukan bahwa kebanyakan orang Indonesia pengguna media sosial memang sering menggunakan emoji dengan dua telapak tangan yang saling menempel satu sama lain tersebut untuk mengungkapkan permohonan maaf atau berdoa. Sebenarnya hal tersebut tidaklah salah, namun juga tidak sepenuhnya benar, "loh maksudnya bagaimana ini?" Yah, ini karena emoji dengan simbol tersebut sebenarnya memiliki beragam makna. Sebagai contoh, kalian bisa menggunakan emoji tersebut untuk mengekspresikan perasaan kalian seperti pada beberapa percakapan berikut ini:

- "Aduh bro saya gak bisa ngerjain yang itu, terlalu susah soalnya, cari orang lain aja ya *emoji*"
- "Oh, oke bro gak apa-apa" — (memohon).

- "Tepat hari ini bapak ***** telah berpulang ke sisi yang maha kuasa, mohon do'anya teman-teman supaya beliau diterima disisi-Nya"
- "Amin ya Allah.. *emoji*" — (berdoa).


- "Yess! Akhirnya kita bisa have fun bareng anak-anak lagi *emoji*"
- "Yoii... *emoji*" — (high-five).

Setelah browsing kesana-kemari mencari jawaban, WandiWeb menemukan bahwa emoji dengan simbol dua telapak tangan berwarna kuning yang saling menempel memiliki berbagai makna dan bisa digunakan sesuai dengan konteks percakapan yang sedang berlangsung, jadi emoji tersebut sebebarnya sah-sah saja kalian gunakan untuk berdoa, memohon, atau bahkan mengekspresikan high-five.

Tentang emoji, dan emoji 'dua tangan yang saling menempel'

Sebagai informasi untuk kalian yang belum tau, emoji atau emoticon ini sebenarnya pertama kali muncul di Jepang, emoji atau emoticon biasanya digunakan untuk menggambarkan karakter atau simbol-simbol tertentu didalam sebuah teks yang berupa percakapan atau tulisan di media elektronik.

Apa Kita Sudah Salah Mengartikan Emoji 'Dua Tangan Menempel'? - WandiWeb
Penggunaan emoji dua tangan menempel. Sumber: emojipedia.org

Sedangkan untuk emoji dua telapak tangan yang saling menempel sendiri menurut emojipedia.org adalah ungkapan untuk menyatakan terimakasih dalam budaya Jepang, namun juga bisa digunakan sebagai simbol berdoa, selain itu emoji ini juga bahkan bisa digunakan untuk mengungkapkan beberapa makna seperti High-five (tos-tosan), Namaste (salam, di India), Please (memohon), Prayer(berdoa), Thank you (terimakasih).

Jadi intinya emoji dengan simbol dua telapak tangan yang saling menempel bukan hanya bermakna memohon atau berdoa saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengungkapkan beberapa ekspresi seperti yang sudah WandiWeb jelaskan diatas.

0 Response to "Apa Kita Sudah Salah Mengartikan Emoji 'Dua Tangan Menempel'?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel