Monitor Gaming, Pilih 60Hz atau 144Hz dan Apa Bedanya?

Gaming Monitor 60Hz vs. 144Hz — Berbicara soal refresh rate, tentunya setiap gamer menginginkan tampilan yang smooth dan playable ketika bermain game bukan? Walaupun sebenarnya tingkat playable sebuah game bersifat relatif, namun biasanya seorang gamer akan lebih nyaman memainkan game yang memiliki tampilan FPS di kisaran angka 45 - 60, hal ini dikarenakan tampilannya sudah sangat halus dan tentunya yang paling penting tidak mengakibatkan motion sickness.

Berdasarkan pengamatan yang WandiWeb lakukan di beberapa grup media sosial (Facebook), baik itu grup yang membahas tentang RIG, gaming, atau hardware tertentu, kebanyakan gamer yang memposting ataupun bertanya pada forum tersebut belum terlalu banyak yang menggunakan monitor dengan refresh rate diatas 60Hz. Ya, bisa dibilang rata-rata mereka yang menggunakan monitor 144Hz adalah orang-orang yang termasuk dalam golongan "sultan," atau lebih tepatnya orang yang memiliki uang cukup banyak untuk membeli barang yang mereka inginkan. Hal ini tidak mengherankan karena monitor gaming 144Hz sendiri harganya memang cukup mahal, dan ditambah lagi dengan fakta bahwa mata manusia tidak terlalu bisa membedakan FPS yang berada pada angka lebih dari 60.

Perbedaan Monitor Gaming 60Hz dan 144Hz

Monitor Gaming, Pilih 60Hz atau 144Hz dan Apa Bedanya? - WandiWeb 

Untuk kamu yang mungkin ingin mengetahui lebih banyak tentang apa-apa saja perbandingan serta kelebihan dan kekurangan yang membedakan antara monitor dengan refresh rate 60Hz dan 144Hz, kamu bisa menyimak penjelasan yang sudah Wandi rangkum berikut ini.

Smoothness
Game dengan FPS yang berada di angka 60 tentunya sudah sangat smooth bukan? Nah, 60 FPS saja sudah begitu apalagi jika FPS-nya sampai menyentuh angka yang lebih dari 100. Yang menjadi permasalahan disini adalah apakah monitor milikmu mampu menampilkan frame rate yang lebih dari 60 FPS tersebut? Jawabannya ada pada jenis monitor yang kamu gunakan, jika monitor tersebut memiliki refresh rate 144Hz, maka tentunya kamu dapat merasakan 'sensasi' FPS diatas angka 60 tersebut, namun lain halnya jika monitor yang kamu gunakan hanya memiliki kapasitas refresh rate 60Hz saja, jika demikian walaupun FPS yang tertera pada layar berada di angka 100 atau lebih maka tetap saja monitor hanya akan menampilkan frame rate 60 FPS karena memang batasannya cuma sampai di angka tersebut.

Kompatibilitas
Jika spesifikasi komputer milikmu cukup tinggi, maka tentunya memilih monitor gaming 144Hz merupakan sebuah pilihan yang tepat, karena akan sangat disayangkan jika spek PC tersebut tidak mampu menampilkan FPS yang cukup tinggi. Jadi, salah satu hal yang juga patut untuk kamu perhatikan sebelum memilih sebuah monitor gaming terutama jika kamu akan membeli monitor dengan refresh rate 144Hz, maka pastikan terlebih dahulu apakah hardware yang kamu gunakan sudah sesuai dan mampu untuk menampilkan FPS di angka 144.

Harga
Berbicara soal harga, tentunya monitor dengan refresh rate 144Hz akan memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor 60Hz. Hal ini karena monitor 144Hz kebanyakan sudah menggunakan teknologi canggih yang membuatnya dapat menampilkan gambar jauh lebih baik jika dibandingkan monitor 60Hz. Monitor 144Hz sendiri memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung dari ukuran monitornya sendiri, contohnya monitor 144Hz dengan ukuran 24 inch biasanya akan memiliki harga di kisaran 5-6 juta rupiah, sedangkan yang memiliki ukuran 27 inch biasanya harganya akan mencapai lebih dari 10 juta rupiah.

Ukuran
Monitor 144Hz pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar, yang paling kecil saja ukurannya sampai 24 inch, hal ini tentunya akan sangat membatasi kapasitas ruangan yang digunakan karena tidak semua orang memiliki ruang gaming atau kerja yang cukup luas dan nyaman untuk meletakkan posisi monitor yang cukup besar. Berbeda dengan monitor 60Hz, monitor ini memiliki variasi ukuran yang cukup beragam mulai dari 15 hingga 27 inch yang tentunya akan sangat mudah di atur menyesuaikan ukuran ruangan yang akan dipakai untuk meletakkan monitor tersebut, jadi tidak heran jika masih banyak orang yang menggunakan monitor 60Hz.

Tingkat Kompetitif Permainan
Dari segi kompetitif, monitor gaming yang memiliki refresh rate diatas 60Hz tentunya akan lebih menguntungkan pemain, karena selain FPS yang ditampilan jauh lebih baik, tingkat responsnya juga akan lebih tinggi. Hal ini akan sangat berpengaruh terlebih jika kamu memainkan game-game kompetitif seperti Battlefield 1, Counter-Strike: Global Offensive, Overwatch, dan DOTA 2, tentunya pengalaman yang kamu dapatkan akan jauh berbeda jika menggunakan monitor 144Hz vs. 60Hz. Melihat fakta tersebut, maka tidak heran jika atlit esports profesional menjadikan monitor 144Hz sebagai komponen wajib mereka.

0 Response to "Monitor Gaming, Pilih 60Hz atau 144Hz dan Apa Bedanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel