Pengertian VGA/GPU Artefak dan Cara Mengatasinya

VGA Artefak/Artifact — Sebagai bagian yang bertanggungjawab untuk menangani tampilan dan display pada sebuah komputer, VGA atau kartu grafis bisa dibilang salah satu komponen yang memiliki kinerja yang lebih berat dibandingkan dengan komponen lainnya, apalagi jika VGA tersebut dipakai untuk bermain video game, hal tersebut tentu akan sangat menguras kinerja hardware nya.

VGA yang terlalu keras bekerja nonstop biasanya akan mengalami berbagai masalah, salah satu yang paling sering terjadi adalah artefak pada VGA alias VGA artifact.

VGA/GPU Artefak dan Cara Mengatasinya - WandiWeb

Apa Itu VGA Artefak?

Artefak pada VGA adalah keadaan dimana grafik yang dihasilkan oleh VGA tersebut menjadi rusak seperti munculnya garis atau titik-titik dengan warna-warni seperti hijau, biru, merah atau kuning pada layar monitor. Jadi intinya istilah artefak pada VGA ini tidak sama seperti istilah artefak pada dunia arkeologi, melainkan artefak pada VGA merupakan terjadinya kerusakan tertentu pada VGA itu sendiri yang menyebabkan tampilannya menjadi kacau.

VGA/GPU Artefak dan Cara Mengatasinya - WandiWeb 

Apa Penyebab Artefak pada VGA?
Hal yang dapat menyebabkan artefak pada VGA sendiri bermacam-macam, beberapa diantaranya antara lain adalah adanya kesalahan pada driver yang digunakan pada VGA tersebut, distribusi daya yang kurang baik dari power supply, terjadinya kerusakan pada komponen VGA seperti chip memori, elco, resistor dll., hingga overclocking yang tidak sehat atau berlebihan.

Cara Mengetahui Apakah VGA  Mengalami Artefak
Jika kamu ingin melakukan pengujian untuk mengetahui apakah VGA/GPU yang kamu gunakan mengalami artefak atau tidak, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi penguji seperti FurMark, MSI Kombustor dll. Jika ketika menjalankan software tersebut terdapat gejala yang menunjukkan pada VGA terjadi kerusakan, berarti memang benar bahwa VGA/GPU tersebut mengalami artefak.

Cara Memperbaiki VGA Artefak

Jika kerusakan yang terjadi pada VGA/GPU tersebut masih tergolong ringan atau bahkan hanya bug kecil saja, maka itu berarti kamu masih bisa memperbaikinya secara manual. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki VGA yang mengalami artefak.

Lakukan Update Driver

Jika artefak pada VGA yang kamu gunakan hanya disebabkan oleh kesalahan atau bug pada software saja, maka kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan cara mengganti atau mengupdate software drivernya. Jika kamu tidak terlalu yakin dengan versi software yang cocok untuk VGA tersebut maka kamu bisa menginstal software seperti Driver Easy dll. yang akan secara otomatis mendeteksi jenis dan versi VGA yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan seri VGA dari Nvidia GeForce, kamu bisa langsung mendownload drivernya di situs resminya di https://www.geforce.com/drivers.

Hindari Overheat pada VGA

Suhu yang berlebihan pada VGA sering sekali terjadi dan ujung-ujunya membuat VGA tersebut rusak dan mengakibatkan terjadinya artefak. Untuk mengatasi hal ini, pastikan sirkulasi udara atau sistem pendingin pada VGA tersebut diatur dengan baik, dan juga pastikan bahwa kipas yang digunakan untuk mendinginkannya masih berfungsi dengan normal. Untuk pendinginan yang maksimal, kamu bisa mencoba memasang sistem pendingin berupa cairan atau liquid.

0 Response to "Pengertian VGA/GPU Artefak dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel