7 Tips Memilih Nama Alamat Domain yang Baik untuk Website/Blog

Tips Cara Memilih Domain untuk Blog/Website — Dalam menentukan nama domain untuk sebuah website atau blog, kamu sebagai seorang owner tentunya tidak ingin sembarangan dalam memilih nama yang akan kamu gunakan bukan? Ini karena memilih nama domain merupakan hal yang sangat penting dan harus dipikirkan secara matang-matang.

Memilih nama domain sama halnya dengan memilih nama brand atau perusahaan milik kita, karena nama tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, tentunya kamu sebagai owner pastinya tidak menginginkan kalau nama yang kamu gunakan terpaksa harus diganti di kemudian hari karena alasan tidak cocok.

Domain yang kamu gunakan akan menjadi sebuah identitas di internet, sehingga orang lain dapat dengan mudah mengidentifikasi website/blog dengan nama domain yang digunakannya.

Tips Memilih Nama Alamat Domain yang Baik untuk Website/Blog - WandiWeb 

Cara Memilih dan Menentukan Nama Domain

Berikut ini adalah beberapa tips dan langkah-langkah sederhana yang dapat kamu terapkan ketika akan memilih dan menentukan nama domain yang akan kamu gunakan pada website atau blog milikmu. 

1. Pilih Brandable Domain
Apa yang dimaksud dengan brandable domain? Brandable domain adalah sebuah nama domain yang unik dan menarik serta memiliki ciri khas yang dapat menggambarkan isi dari situs tersebut. Domain brandable sendiri dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam mempromosikan website milik kita, karena selain namanya yang unik, nama domain yang brandable tentunya juga dapat dengan mudah diingat oleh orang lain atau customer kita. Beberapa domain terkenal yang menggunakan nama brandable contohnya adalah Facebook, Twitter, Google, Youtube, Yahoo dll.

Cara memilih nama domain yang brandable:
  • Perhatikan nama brand yang akan kamu gunakan. Sebagai contoh, blog WandiWeb menggunakan nama pribadi admin Wandi dan menggabungkannya dengan kata "web" yang merupakan singkatan dari kata website. Nah, disini kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan menggunakan nama brand milikmu sendiri yang tentunya unik dan mudah diingat.
  • Gunakan kata yang sudah familiar oleh orang awam. Kamu bisa mencari kata yang menurutmu sudah sangat lumrah digunakan oleh orang-orang, dan usahakan agar kata tersebut cocok untuk isi konten pada situs yang akan kamu buat.
  • Lakukan riset di mesin pencari. Kamu juga bisa melakukan riset manual dengan mengetikkan nama-nama domain yang akan kamu gunakan, selain dapat melihat kompetitor, disini kamu juga akan menemukan banyak inspirasi yang bisa membantumu dalam menentukan nama domain yang akan kamu gunakan.

2. Gunakan Nama Domain yang Tidak Terlalu Panjang
Dalam memilih nama domain usahakan agar nama yang kamu gunakan tersebut cukup pendek dan mudah diketik, karena selain kelihatan tidak profesional, nama domain yang panjang juga memiliki kemungkinan salah ketik yang cukup tinggi. Misalkan nama brand milikmu adalah Toko Elektronik Pak Eko, maka usahakan agar kamu tidak memasukkan semua kata tersebut kedalam satu nama domain seperti tokoelektronikpakeko.com, namun akan jauh lebih efisien jika kamu menggunakan ekoelektro.com. Nah, di poin ini kamu sebagai sang owner kembali dituntut untuk menjadi sekreatif mungkin.

3. Jangan Gunakan Domain Gratisan
Nah, ini adalah salah satu poin penting yang tidak boleh kamu abaikan. Dalam memilih nama domain, sebisa mungkin hindari menggunakan layanan domain gratis, kenapa? Karena selain ekstensi domainnya biasanya tidak umum (.ga, .tk, .ml dll.), nama domain seperti ini biasanya hanya gratis untuk satu tahun saja, setelah masa gratis nya lewat bahkan biaya perpanjangannya bisa lebih mahal dari domain yang umum digunakan dengan ekstensi .com, .net, id dll.

Selain itu, nama domain gratisan dengan ekstensi .ga, .tk, dan .ml dikabarkan sudah di blacklist oleh Google Adsense karena dianggap sebagai spam. Sehingga untuk kamu yang akan membangun blog untuk mendaftar adsense tentunya tidak akan pernah diterima oleh pihak Google jika menggunakan domain gratisan dengan ekstensi tersebut.

4. Pilih Ekstensi Domain Populer atau ccTLD
Ekstensi domain populer yang dimaksud disini adalah domain yang berakhiran .com, .net, .org atau ccTLD (nama domain dengan ekstensi negara seperti .co.id atau .id). Alasan kenapa kamu harus menggunakan nama domain yang populer adalah karena orang-orang sudah terbiasa mendengar nama domain yang memiliki ekstensi seperti .com atau .net, dan juga kebanyakan orang juga sudah familiar dan sering mengetikkan ekstensi-ekstensi tersebut.

Beberapa orang yang masih awam tentang internet kebanyakan hanya mengetahui ekstensi domain populer seperti .com, .co.id, .id atau .net saja, bahkan ada yang mengira bahwa semua alamat domain hanya memiliki ekstensi dengan akhiran .com saja. Kamu tentunya tidak mau bukan kalau orang-orang yang akan mengunjungi situs milikmu malah tersesat ke situs lain hanya karena salah mengetikkan ekstensi domain.

5. Hindari Menggunakan Angka atau Hyphens
Sebisa mungkin hindari memilih nama domain yang menggunakan angka dan hyphen (tanda penghubung), karena selain terlihat tidak profesional, nama domain yang menggunakan angka atau hyphen juga akan lebih rumit saat diketik dan tentunya akan lebih sulit untuk diingat.

Silahkan bandingkan jika blog WandiWeb menggunakan domain wandiweb99.com, wandi-web.com, atau wandiweb.com. Menurutmu nama domain mana yang terlihat lebih profesional dan mudah diingat? Ya, kalau admin Wandi sendiri sih pastinya akan memilih nama domain wandiweb.com jika dibandingkan kedua domain lainnya yang menggunakan angka atau hyphens.

6. Gunakan Keyword yang Sesuai dengan Isi Situs
Misalnya jika situs yang akan kamu buat atau kelola membahas tentang bahasa indonesia, maka usahakan agar kamu menggunakan nama domain yang mengandung keyword Bahasa atau Indonesia, atau bisa juga dengan menggunakan kata lain yang berhubungan dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan teknik ini, peluang situs milikmu dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian Google juga akan semakin besar.


7. Lakukan Riset
Poin terakhir, ini merupakan hal yang wajib untuk kamu lakukan sebelum memilih nama domain yang akan kamu gunakan. Lakukanlah riset sebaik mungkin, dan usahakan nama domain yang akan kamu gunakan tidak mengandung trademark (memasukkan nama brand lain dan menggunakannya sendiri seperti mbahgoogle.com, thefacebook.com dll.), karena bisa saja nantinya kamu dituntut oleh situs-situs tersebut.

Selain itu, dengan melakukan riset kamu juga bisa mengetahui apakah nama domain yang akan kamu gunakan tersebut sudah dipakai oleh orang lain atau tidak.

Kesimpulan

Dalam menentukan nama domain, seorang pemilik situs harus benar-benar memikirkan dengan baik tentang nama domain yang akan dipakai tersebut, karena selain akan berdampak pada promosi, tentunya nama domain yang baik juga akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan produk atau hal apapun yang dibahas pada situs tersebut.

0 Response to "7 Tips Memilih Nama Alamat Domain yang Baik untuk Website/Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel