Mengatasi Speaker Laptop yang Tidak Bersuara di Windows 10

Cara Memperbaiki Speaker Laptop yang Tidak Menyala/Mati — Jika kamu tidak dapat mendengarkan suara apapun ketika memutar media seperti musik atau video, namun ketika menggunakan earphone/headset kamu bisa mendengar suaranya dengan jelas, maka itu berarti terdapat masalah pada speaker laptop yang kamu gunakan tersebut. Beberapa orang sering mengalami hal semacam ini dengan speaker yang kemarinnya masih bekerja dengan baik, namun keesokan harinya tiba-tiba rusak dan tidak berbunyi sama sekali.

Tidak ada hal spesifik yang bisa menjelaskan kenapa speaker pada laptop bisa secara tiba-tiba berhenti berfungsi, karena ini bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor yang beragam, contohnya saja seperti driver yang sudah terlalu lawas, corrupt, tidak kompatibel, kesalahan hardware, update Windows, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk membantu kamu memahami dan mengatasi hal tersebut, pada post kali ini WandiWeb akan memberikan beberapa tips dan penjelasan bagaimana cara memperbaiki speaker laptop kamu yang tiba-tiba tidak berfungsi dengan menerapkan beberapa tips perbaikan yang sederhana.

Mengatasi Speaker Laptop yang Tidak Bersuara di Windows 10 - WandiWeb 

Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Berbunyi

Sebelum menerapkan cara-cara yang Wandi sebutkan dibawah ada baiknya kamu membuat sebuah restore point terlebih dahulu agar ketika terjadi kesalahan maka kamu bisa mengembalikan pengaturannya seperti semula. Nah, jika sudah silahkan lanjut dan simak penjelasan dibawah ini.

Pastikan Hardware Masih Dalam Keadaan Normal

Jika komputer atau laptop yang kamu gunakan mendeteksi bahwa audio jack masih terpasang, maka perangkat tersebut tidak akan dapat memutar audio atau suara melalui speaker. Masalah ini biasanya muncul ketika sensor pada audio jack tidak berfungsi dengan baik, dan satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan membawanya ke service center karena ini adalah masalah perangkat keras. Tapi kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan membersihkan port audio jack nya dengan menggunakan kapas.

Untuk memastikan apakah ini terjadi karena masalah pada hardware atau software nya, kamu bisa mengklik kanan ikon speaker yang berada di taskbar dan pilih Playback Devices. Jika pada tampilan tersebut terlihat bahwa komputer terjebak dalam mode headset, maka ini bisa diidentifikasikan sebagai masalah pada hardware. Sedangkan jika masalahnya terdapat pada bagian software, kamu bisa mengatasinya dengan mereset pengaturan ke default atau update driver.

Cek Driver Sound yang Terinstal

Jika laptop tersebut masih dapat berbunyi, berarti masalahnya ada pada bagian software drivernya. Ini mungkin terjadi karena driver yang terinstal mengalami error, corrupt atau bahkan terinfeksi virus. Maka dari itu pastikan driver yang terinstal untuk perangkat laptop yang kamu gunakan benar-benar kompatibel pada laptop tersebut.

Pastikan juga untuk mengupdate versi driver nya untuk mengatasi beberapa bug yang sering muncul. Untuk memastikan apakah driver pada laptop yang kamu gunakan sudah terinstal dengan baik dan sesuai untuk perangkat yang menggunakannya, kamu bisa mengeceknya dengan membuka Device Manager, kemudian lihat pada bagian driver sound. Jika terdapat tanda segitiga yang menandakan peringatan, itu berarti ada masalah pada driver laptop tersebut.

Cek dan Install Codec yang Sesuai

Codec adalah sebuah program yang berfungsi untuk membaca format file baik itu dalam bentuk video ataupun audio. Nah, jika file yang akan kamu jalankan codec-nya tidak terdapat pada library sistem, maka tentu saja file tersebut tidak akan dapat dibuka.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menginstal codec sesuai dengan format file yang ingin kamu jalankan, seperti MP4, 3GP, MKV dll., untuk lebih optimalnya kamu bisa menginstal beberapa codec secara bersamaan jikalau codec yang lain masih tidak cocok dengan yang digunakan pada file yang akan kamu jalankan tersebut.

Scan Seluruh Komputer dengan Antivirus

Selain masalah teknis seperti yang Wandi jelaskan diatas, masalah lain yang juga kadang bisa menyebabkan speaker tidak mengeluarkan bunyi adalah infeksi virus yang menyerang sebagian besar perangkat lunak (software) sehigga membuatnya tidak dapat bekerja dengan normal.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan pemindaian/scan sistem dengan menggunakan bantuan software antivirus seperti Avast, MalwareBytes, Avira dll.

Bawa ke Service Center Terdekat

Setelah kamu mencoba memperbaiki masalah ini sendiri namun tidak ada satupun cara yang berhasil, maka sebaiknya kamu membawa laptop tersebut ke service center terdekat, karena mungkin saja ini terjadi akibat kerusakan atau malfungsi pada hardware.

Sekian tips dari WandiWeb kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengatasi Speaker Laptop yang Tidak Bersuara di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel