Pengertian, Manfaat dan Kerugian Melakukan Jailbreak (iPhone)

Jailbreak — Bagi kamu yang sudah lumayan lama mengenal smartphone terutama untuk kalian yang suka melakukan modifikasi terhadap ponsel milik kalian masing-masing, tentunya pasti kalian sudah sering mendengar tentang istilah jailbreak bukan? Namun apakah kalian sudah benar-benar mengerti tentang apa itu jailbreak dan maksud dari istilah tersebut?

Jailbreak sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah modifikasi firmware pada iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

Pengertian, Manfaat dan Kerugian Melakukan Jailbreak (iPhone) - WandiWeb 

Pengertian Jailbreak

Kata jailbreak atau sering disingkat "JB" merupakan istilah untuk kegiatan menginstal atau merubah susunan program yang mempunyai kemampuan untuk menghilangkan batasan-batasan pada sistem iOS seperti iPad, iPod Touch, iPhone, dan Apple TV dengan melakukan modifikasi firmware pada sistem operasi tersebut. Jika di Android kamu biasa mendengar istilah root, maka di iPhone hal tersebut biasa disebut sebagaik jailbreak atau jika dianalogikan adalah seperti merusak sel 'penjara' pada sistem iOS.

Dengan melakukan jailbreak, kamu akan memiliki hak akses penuh terhada sistem pada perangkat tersebut dan tentunya kamu dapat dengan bebas melakukan modifikasi seperti tweaking sistem, menghapus atau menambah fitur pada perangkat tersebut, merubah tema dan masih banyak lagi.

Jailbreak bisa kamu lakukan sendiri atau meminta bantuan orang lain, dengan catatan jika kamu melakukannya sendiri maka kamu tidak perlu membayar siapapun alias kamu bisa melakukan jailbreak secara gratis namun tentu saja resikonya juga akan kamu tanggung sendiri, sedangkan jika kamu melakukan jailbreak dengan meminta bantuan orang lain atau di tempat servis, biasanya kamu akan dikenakan biaya yang bervariasi mulai dari 100k hingga 200k atau lebih.

Kelebihan Jailbreak

Hal utama yang menjadi kelebihan melakukan jailbreak pada sistem iOS adalah kamu bisa mendapatkan hak akses penuh terhadap sistem tersebut, jadi kamu bisa dengan leluasa melakukan modifikasi terhadap sistem pada perangkat yang kamu jailbreak, contohnya saja jika kamu merasa bahwa perangkat yang kamu gunakan tersebut sudah mulai lemot maka kamu bisa melakukan modifikasi dengan menghapus atau menambahkan beberapa fitur yang bisa mengoptimasi performa perangkat tersebut.

Kekurangan Jailbreak

Nah, selain kelebihan seperti yang Wandi jelaskan diatas, jailbreak ini juga ternyata memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain malware akan mudah masuk kedalam sistem jika kamu tidak berhati-hati dalam melakukan modifikasi seperti menambahkan fitur pada perangkat iOS milikmu.

Selain itu, jailbreak ini juga bisa dibilang sebagai sebuah tindakan ilegal karena kamu melakukan modifikasi terhadap perangat milik Apple tanpa sepertujuan mereka. Walaupun kamu sudah membeli perangkat tersebut, namun hak pengembangan dan distribusinya tetap dipegang oleh pihak Apple, jadi jika kamu melakukan jailbreak pada sistem perangkat iOS yang kamu gunakan maka itu berarti kamu melanggar ketentuan dari Apple.

Apakah Jailbreak Wajib Dilakukan?

Sebenarnya jailbreak sendiri merupakan hal yang opsional, jadi yang menentukan perangkat yang kamu gunakan harus di jailbreak atau tidak adalah diri kamu sendiri. Jika kamu merasa perangkat tersebut perlu di modifikasi maka kamu bisa melakukan jailbreak terhadap perangkat tersebut, begitu pula sebaliknya jika kamu merasa bisa melakukan optimasi tanpa me-modifikasi sistem intinya maka kamu tidak perlu sampai melakukan jailbreak.

Sekian penjelasan dari WandiWeb kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian para pengguna iOS.

0 Response to "Pengertian, Manfaat dan Kerugian Melakukan Jailbreak (iPhone)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel