Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows

Cara Membuat Bootable Media USB/CD/DVD untuk Instal Windows — Proses instalasi Windows dapat dilakukan dengan berbagai cara, tapi beberapa cara yang paling sering dipakai adalah dengan menggunakan bootable media seperti USB atau CD/DVD. Namun kamu tidak bisa langsung memindahkan file ISO Windows ke dalam USB lalu melakukan booting, ini karena USB atau CD/DVD harus di set terlebih dahulu sebelum proses boot, ini berguna agar BIOS dapat membaca partisi media dan mengakses file ISO didalam media tersebut.

Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows - WandiWeb 

Apa Itu File ISO?

Secara sederhana, file ISO merupakan duplikat asli dari sebuah media disk. ISO merupakan salinan berbentuk virtual dari sebuah disk CD/DVD yang memiliki data dan struktur yang sama persis, inilah alasan kenapa file dengan ekstensi .ISO juga sering disebut sebagai "image" dari media aslinya. Kata ISO sendiri merupakan singkatan dari "International Organization for Standardization." yang merupakan organisasi yang bertaggung jawab untuk menciptakan standar industri internasional.

Jika kita melihat dari struktur katanya, seharusnya nama yang diberikan bukanlah ISO, melainkan IOS, namun menurut mereka kata ISO lebih cocok digunakan karena kata "iso" sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti "sama". Jadi intinya, file dengan ekstensi .ISO merupakan file salinan dari media disk asli namun dalam bentuk virtual.

Apa Itu Bootable?

Bootable media merupakan istilah untuk menggambarkan sebuah media yang dapat melakukan booting pada sebuah komputer. Contohnya adalah USB dan CD/DVD, kedua media tersebut dapat menjadi sebuah media bootable jika kita melakukan konfigurasi dan mengisinya dengan sistem operasi seperti Windows. Jika sebuah media sudah terisi dengan sistem operasi dan partisinya sudah diatur untuk melakukan boot, maka media tersebut sudah merupakan sebuah bootable media.


Cara Membuat Bootable ISO di USB

 

Menggunakan Software Windows Media Creation Tool

Salah satu cara yang paling mudah dan aman untuk membuat sebuah media bootable dalam bentuk USB adalah dengan menggunakan bantuan software Windows Media Creation Tool, aplikasi ini merupakan aplikasi gratis dari Microsoft untuk membantu dan memudahkan penggunanya dalam membuat media bootable pada sebuah USB.

Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows - WandiWeb 


Untuk penggunaannya pun sangat sederhana. Untuk membuat media USB untuk instalasi Windows, pertama kamu membutuhkan sebuah USB dengan minimum kapasitas 8GB, ini karena file instalasi Windows biasanya memiliki ukuran yang cukup besar.

Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows - WandiWeb 

Pada pilihan bahasa, kamu dapat menyesuaikan dengan jenis bahasa apa yang nyaman untuk kamu gunakan, untuk Windows editionnya, kamu dapat memilih apakah akan menggunakan Windows 7, 8, atau 10, sedangkan untuk bagian architecture, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan software yang akan kamu pakai nantinya. Sebagai catatan, jika kamu ingin menginstal Windows dengan arsitektur 32-bit maka kamu membutuhkan minimal kapasitas 4GB, sedangkan untuk arsitektur 64-bit maka kamu membutuhkan minimal kapasitas 8GB.

Setelah melakukan pengaturan, silahkan ikuti instruksi selanjutnya dan Windows Media Creation Tool akan otomatis mendownload sistem operasi yang kamu inginkan kedalam media USB tersebut.

Menggunakan Software Rufus

Software Rufus merupakan salah satu software yang paling mudah digunakan untuk membuat sebuah media bootable baik itu dalam bentuk USB ataupun CD/DVD. Software ini memiliki interface yang sangat sederhana dan cukup mudah untuk dipahami. Untuk membuat media bootable menggunakan Rufus pertama-tama silahkan downloa terlebih dahulu software nya.

Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows - WandiWeb


Setelah kamu selesai men-download, kemudian buka aplikasi Rufus dengan cara klik kanan > Run As Administrator. Berikut cara menggunakannya:
  • Pada menu Rufus, di bagian Device silahkan pilih USB yang akan kamu gunakan sebagai media bootable untuk menginstal Windows.
  • Pada bagian Boot selection, klik bagian "Select" dan cari file .ISO Windows yang akan kamu instal.
  • Beri nama USB tersebut pada bagian Volume label.

Rufus memberikan dua pilihan jenis bootable media yaitu GPT untuk UEFI, dan MBR untuk sistem BIOS. Namun jika kamu tidak yakin dengan jenis sistem apa yang digunakan oleh komputer milikmu, tenang saja karena software Rufus akan memilihkannya secara otomatis dengan menyesuaikan terhadap jenis sistem yang digunakan komputer tersebut.

Cara Membuat Bootable DVD

Ada banyak sekali software yang dapat membantu kamu dalam membuat sebuah media bootable DVD. Salah satu software yang cukup mudah digunakan adalah Burnaware.

Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows - WandiWeb 

Untuk membuat sebuah media bootable DVD, pertama-tama silahkan buka aplikasi Burnaware dan klik Burn ISO. Klik Browse dan cari lokasi file ISO Windows yang akan kamu instal. Masukkan media DVD kemudian klik Burn. Perlu kamu ketahui, membuat bootable media dengan file .ISO menggunakan sebuah DVD hanya berlaku untuk proses instalasi sistem 32-bit saja, jadi Wandi menyarankan agar kamu menggunakan media berupa USB daripada DVD.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih sudah membaca artikel di WandiWeb.

0 Response to "Cara Membuat Bootable ISO USB/CD/DVD untuk Instal Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel