Cara Kompres Gambar/Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Kompres Gambar/Foto Jadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitas — Memperkecil ukuran file sebuah gambar alias compress terkadang dibutuhkan dalam keadaan tertentu, misalnya ketika kita diharuskan untuk melampirkan dokumen yang berisi data diri dan foto. Beberapa dokumen pendaftaran memerlukan kompresi ukuran file gambar agar menjadi lebih kecil, contohnya saja ketika akan melakukan pendaftaran CPNS, melamar pekerjaan, hingga mendaftar untuk instansi tertentu biasanya kamu akan diharuskan untuk mengunggah file foto dengan batas ukuran tertentu, misalnya 1MB atau 5MB.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengompres ukuran file foto menjadi lebih kecil hingga 100-an kb saja, dan tentu saja tanpa merusak kualitas foto tersebut. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain adalah dengan menggunakan software Photoshop atau dengan menggunakan bantuan situs penyedia jasa kompres gambar secara online.

Cara Kompres Gambar/Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitasnya - WandiWeb 

Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran File Foto

Pada artikel kali ini, WandiWeb akan memberikan tutorial bagaimana cara mengompres ukuran file gambar menjadi lebih kecil dengan menggunakan dua cara, yaitu dengan Adobe Photoshop dan kompres gambar secara online.

Menggunakan Adobe Photoshop

Photoshop memiliki fasilitas kompres gambar yang memungkinkan kamu untuk memperkecil ukuran file dari gambar atau foto milikmu hingga beberapa kali lipat dari ukuran file aslinya. Fasilitas Save for Web dari Adobe Photoshop ini menurut Wandi akan sangat membantu khususnya jika kamu akan mengupload gambar di situs web untuk keperluan mendaftar, atau bahkan untuk memperkecil ukuran gambar pada halaman web milikmu agar loadingnya lebih cepat. Nah, untuk mengompres file gambar dengan metode ini silahkan ikuti petunjuk berikut.

1. Pertama, silahkan cari file gambar atau foto yang akan kamu kompres ukurannya menjadi lebih kecil dengan cara klik pada menu File > Open di Photoshop atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + O pada keyboard.

2. Pada bagian menu di atas, rubah resolusi gambarnya dengan memilih Edit > Image size, kemudian atur ukurannya sesuai kebutuhanmu.

3. Selanjutnya, setelah resolusinya kamu rubah, sekarang kompres gambarnya dengan mengklik File > Save as > Save for Web.

Pada menu ini kamu bisa menyesuaikan ukuran dan kualitas foto yang akan kamu kompres dengan cara merubah format filenya ke JPEG atau PNG dan pilihan kualitas dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.

Menggunakan Microsoft Office Picture Manager

Microsoft Picture Manager adalah software office yang dikembangkan oleh Microsoft, software ini merupakan nama baru yang menggantikan MS Photo Editor yang pertama kali dirilis bersamaan dengan Office 97. Dengan software ini kamu bisa melakukan kompres file gambar untuk membuatnya menjadi lebih kecil. Berikut penjelasan bagaimana cara menggunakannya.

1. Pilih gambar yang ingin kamu kompres.

2. Klik tab Picture Tools Format, lalu klik Compress Pictures.

3. Lakukan salah satu dari yang berikut:
  • Untuk mengompres gambar untuk dimasukkan ke dalam dokumen, di bawah Resolution, klik Print.
  • Untuk mengompres gambar untuk publikasi pada halaman Web, di bawah Resolution, klik Web.
  • Untuk mengompres gambar untuk mengirim pesan email, di bawah Resolution, klik Email. Beberapa gambar hanya akan mengizinkan satu atau dua opsi ini.
4. Klik OK, dan beri nama dan simpan gambar terkompresi sesuai keinginan agar kamu dapat dengan mudah menemukannya.

Kompres Gambar Secara Online

Selain kompres gambar secara offline dengan kedua metode diatas, kamu juga bisa menggunakan cara yang paling mudah satu ini, yaitu dengan mengompres gambar secara online. Dengan menggunakan cara ini kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan perangkat komputer atau smartphone. Berikut cara melakukan kompres gambar secara online.

1. Pertama, karena disini Wandi menggunakan bantuan situs TinyPNG (https://www.tinypng.com), maka silahkan masuk ke situs tersebut terlebih dahulu.

2. Tunggu hingga loading halaman selesai.

3. Selanjutnya, upload gambar yang akan kamu kompres dengan menklik tulisan "Drop your .png or .jpg files here!" atau dengan menyeret gambar langsung dari explorer file.

4. Tunggu hingga upload selesai dan kompres otomatis berjalan.

5. Download file hasil kompres dengan mengklik tombol "download" di samping nama file yang kamu upload tadi.

Dengan menggunakan situs ini, kamu bisa mengompres file gambar hingga menjadi 50% (2x lipat) lebih kecil dari ukuran aslinya.

Baiklah, sekian tutorial dari WandiWeb kali ini, semoga dapat membantu. Dan jika ada pertanyaan soal cara mengompres gambar, silahkan langsung bertanya pada kolom komentar dibawah post ini.

0 Response to "Cara Kompres Gambar/Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitasnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel