Begini Cara Melakukan Format pada Write Protected USB Flash Disk

Cara Format USB Flash Disk yang Diproteksi — Salah satu masalah yang sering di alami beberapa orang pada sebuah USB flash disk yang diproteksi adalah kesulitan ketika akan melakukan format pada USB flash disk tersebut. Ini terjadi karena flash disk tersebut sudah di atur oleh sistem agar tidak terjadi perubahan pada isi di dalamnya, nah ini berarti bukan hanya pada proses formatting saja, namun kamu juga tidak akan bisa memindahkan file apapun kedalam flash disk tersebut.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi hal ini, terlebih dahulu pastikan bahwa USB tersebut benar-benar dalam keadaan write protected dan bukan corrupted atau rusak, karena masalah write protected pada flash disk seperti ini bisa saja terjadi karena kesalahan hardware pada USB tersebut.

Begini Cara Melakukan Format pada Write Protected USB Flash Disk - WandiWeb 

Cara Menghilangkan Write Protected pada USB Flash Disk

Sebelum memulai, pertama-tama silahkan colokkan flash disk ke dalam port pada laptop atau komputer yang kamu gunakan. Windows memiliki alat manajemen partisi disk bawaan yang disebut Diskpart. Kamu bisa menggunakan fitur ini di dalam CMD alias command promt.

Menghilangkan Write Protected Flash Disk dengan Diskpart

Untuk menghilangkan write protection status menggunakan diskpart, silahkan masuk ke cmd dengan menekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka popup run, kemudian ketikkan "cmd" atau "cmd.exe" lalu tekan Enter, lalu pilih Yes pada notifikasi User Access Control. Sampai disini kamu sudah bisa melihat window CMD.

Selanjutnya ketikkan perintah "diskpart" di CMD kemudian tekan Enter. Setelah itu command line baru akan muncul dengan promt DISKPART, nah disini silahkan cari dan identifikasi path dari drive USB yang akan kamu format dengan cara memasukkan perintah "disk list" lalu Enter.

Setelah itu, text pada window CMD akan otomatis menampilkan daftar disk dan drive yang terhubung ke perangkat saat ini. Silahkan cari mana yang merupakan USB yang sedang ingin kamu format.

Disk dengan ID 0 merupakan drive tempat sistem operasi komputer terinstall. Jika terdapat beberapa partisi, maka partisi-partisi tersebut akan ditampilkan dengan nomor urut. Perhatikan bahwa ukuran ditampilkan untuk setiap disk. Dengan perangkat flash USB yang terhubung, (biasanya akan menjadi Disk 2 atau lebih tinggi) kamu harus dapat mengidentifikasinya dengan kapasitasnya yang relatif rendah.

Setelah mengetahui disk mana yang merupakan partisi untuk USB flash disk, maka selanjutnya masukkan perintah "select disk 2" (disini Wandi berasumsi bahwa flash disk berada pada partisi disk 2). Setelah itu CMD akan mengonfirmasi bahwa disk 2 sudah terseleksi, selanjutnya request attribut dengan cara memasukkan perintah "attributes disk".

Nah, disini berbagai informasi akan ditampilkan. Periksa baris pertama, ini adalah Current Read-only State. Jika kamu tidak dapat melakukan format atau copying file ke disk tersebut, maka Current Read-only Status bisanya akan menampilan setting Ya.

Kamu dapat menghapus perintah write protection pada USB flash disk tersebut dengan mengetikkan "attributes disk clear readonly". Jika berhasil, maka akan tampil konfirmasi dengan pesan "Disk attributes cleared successfully".


Begini Cara Melakukan Format pada Write Protected USB Flash Disk - WandiWeb

Sampai disini atribut read-only dan write protection sudah hilang pada flash disk tersebut, sekarang kamu hanya tinggal melakukan format. Kamu bisa langsung mem-format USB flash disk tersebut di dalam CMD dengan memasukkan perintah clean, namun terlebih dahulu pastikan bahwa partisi USB flash disk tersebut sudah benar-benar terseleksi dengan cara mengetikkan perintah "select disk 2", selanjutnya untuk melakukan format tinggal ketik perintah "clean" dan Enter.

Selesai.

Sekian tips dari WandiWeb kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian. Jika ada pertanyaan silahkan masukkan pada komentar dibawah post ini.

0 Response to "Begini Cara Melakukan Format pada Write Protected USB Flash Disk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel