Kartu Grafis Integrated vs. Dedicated, Pengertian dan Perbedaannya

Integrated vs. Dedicated GPU — Ketika membeli sebuah perangkat komputer, pada bagian kartu grafis atau VGA-nya kamu akan diberikan dua pilihan antara menggunakan kartu grafis dedicated (berdedikasi) atau integrated (terintegerasi). Namun sudahkah kamu mengetahui perbedaan antara kedua jenis kartu grafis tersebut? Silahkan simak penjelasan WandiWeb berikut ini.

Kartu Grafis Integrated vs. Dedicated, Pengertian dan Perbedaannya - WandiWeb 

Apa Itu Integrated Graphic Card dan Dedicated Graphic Card?


Integrated Graphic Card (Kartu Grafis Terintegerasi)

Integrated graphic card atau kartu grafis terintegerasi adalah komponen VGA pada komputer dimana kartu grafis tersebut tidak menggunakan memori atau RAM-nya sendiri melainkan menggunakan memori yang ada pada komponen sistem. Artinya berapapun jumlah RAM yang terinstal pada sebuah komputer, maka penggunaan kartu grafis tersebut juga akan menyesuaikan dengan jumlah RAM yang tersedia.

Jadi, misalnya komputer yang kamu gunakan memiliki ram dengan kapasitas 8GB, dan 1GB shared graphics memory, maka itu artinya kamu sebenarnya hanya memiliki 7GB RAM saja, karena 1GB lainnya sudah digunakan oleh kartu grafis. Kartu grafis terintegerasi ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah ukurannya lebih ramping, penggunaan daya yang lebih hemat, dan tentunya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan dedicated graphic card.

Kartu Grafis Integrated vs. Dedicated, Pengertian dan Perbedaannya - WandiWeb
Integrated graphic card Nvidia GeForce 920M
Integrated graphic card saat ini sudah cukup baik digunakan untuk bermain game-game casual dan menonton video dengan kualitas 4K, namun kartu grafis jenis ini tidak cukup kuat untuk melakukan aktivitas komputasi yang lebih berat lagi seperti menjalankan game-game dengan grafis ultra atau melakukan image/video editing.

Kartu grafis terintegerasi biasanya menempel pada processor dan pada umunya terdapat di perangkat dengan ukurang yang lebih kecil seperti laptop, tablet, dan smartphone. Namun terkadang juga digunakan untuk PC low-end.

Dedicated Graphic Card (Kartu Grafis Berdedikasi)

Dedicated graphic card atau kartu grafis berdedikasi adalah sebuah kartu grafis yang memiliki memori sendiri, kartu grafis ini juga sering disebut dengan kartu diskrit/discrete. Kartu grafis jenis ini biasanya memiliki perorma yang lebih tangguh jika dibandingkan dengan kartu grafis integrated, ini karena kartu grafis ini memang dirancang untuk melakukan komputasi berat seperti menjalankan game-game dengan grafik yang tinggi.

Kartu Grafis Integrated vs. Dedicated, Pengertian dan Perbedaannya - WandiWeb
Dedicated graphic card Nvidia GeForce GTX 1080
Contohnya jika kamu memiliki kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1080 dengan kapasitas memori sebesar 8GB, maka itu berarti kartu grafis tersebut akan menggunakan memorinya sendiri untuk memproses data dan tidak akan mengambil memori dari CPU.

Kartu grafis dedicated ini biasanya memang dirancang untuk bermain game atau melakukan pemrosesan gambar yang berat seperti rendering dan editing.

Perbedaan Integrated vs. Dedicated Graphic Card


Performa

Jika kita membandingkan kedua jenis kartu grafis ini, dari segi performa tentu saja dedicated graphic card memiliki performa grafis yang jauh lebih baik. Namun bukan berarti kartu grafis integrated memiliki performa yang buruk, kartu grafis integrated dari processor Intel Core i7 generasi ke-8 saat ini sudah memiliki kartu grafis integrated dengan performa yang dapat menyamai kartu grafis dedicated.

Processor i7, i5 dan lainnya yang lebih rendah menawarkan kartu grafis integrated dengan spesifikasi entry-level dengan merk seperti Iris Pro dan Intel HD. Tingkatan sistem grafis Iris Pro ini bisa dibilang memiliki performa kurang dari sepertiga tingkat Vega M. Sebaliknya, kartu grafis dedicated terbaik seperti jajaran Nvidia Titan Xp memberikan kinerja yang lebih dari dua kali lipat, namun dengan harga yang lebih mahal juga.

Harga

Berbicara soal harga, tentu kartu grafis jenis integrated merupakan jenis yang lebih murah jika dibandingkan dengan kartu grafis dedicated, namun tidak semua integrated graphic card memiliki harga yang murah, contohnya saja seperti integrated graphic card yang digunakan oleh MacBook Pro, kartu grafis tersebut merupakan yang paling mahal untuk kelas laptop ukuran 15 inci.


Gaming

Seperti pada penjelasan sebelumnya, seperti yang kita ketahui, kartu grafis dedicated memiliki performa yang jauh lebih tangguh jika dibandingkan dengan kartu grafis integrated. Nah, melihat dari fakta ini sudah bisa dipastikan bahwa kartu grafis dedicated juga memiliki performa bermain game yang jauh lebih baik dibandingkan kartu grafis integrated. Namun walaupun begitu, bukan berarti kartu grafis integrated tidak dapat digunakan untuk bermain game.


Platform game online Steam merilis survei bulanan yang menunjukkan perangkat keras yang digunakan oleh 125 juta pelanggannya. Dalam data tersebut, kartu grafis dedicated merupakan yang paling mendominasi pada bulan Agustus 2018. Dalam data tersebut juga menunjukkan lebih dari 10% pengguna Steam masih bermain game dengan menggunakan kartu grafis integrated dari Intel.

Pilih Kartu Grafis Integrated atau Dedicated?

Sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah untuk menentukan jenis kartu grafis mana yang sebaiknya kamu gunakan, apalagi setelah membaca penjelasan yang Wandi berikan diatas maka kamu pastinya sudah lebih paham akan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Untuk pemilihannya, kartu grafis integrated merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan perangkat dengan harga murah dan hemat energi, kartu grafis ini cocok untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan seperti presentasi dan menjalankan software office.

Sedangkan kartu grafis dedicated merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang memang mencari kartu grafis untuk digunakan bermain game, khususnya game-game berat seperti The Witcher 3, Tomb Rider dll., karena kartu grafi jenis ini memang di desain khusus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat.

Sebagai tambahan, salah satu kelebihan dari dedicated graphic card sendiri adalah kartu grafis ini dapat digunakan untuk mempercepat proses tambang bitcoin alias mining.

Sekian penjelasan dari WandiWeb pada post kali ini, terimakasih sudah membaca.

0 Response to "Kartu Grafis Integrated vs. Dedicated, Pengertian dan Perbedaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel