Touchpad pada Laptop Tidak Berfungsi? Begini Cara Memperbaikinya

Touchpad / Trackpad Laptop Tidak Berfungsi — Ketika touchpad pada laptop tiba-tiba berhenti, beberapa orang mungkin akan merasa kebingungan atau bahkan panik. Karena ketika touchpad laptopmu tidak bisa digerakkan maka kamu akan sangat kesulitan untuk menggunakannya apalagi jika kamu sedang berada di luar ruangan seperti taman atau cafe.

Tapi tidak usah khawatir, karena sebenarnya touchpad yang tiba-tiba tidak berfungsi biasanya sangat mudah untuk di atasi. Nah, untuk membantu kamu mengatasi touchpad laptopmu yang tiba-tiba tidak berfungsi, WandiWeb pada postingan kali ini akan memberikan tips bagaimana cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi - WandiWeb 

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Silahkan simak tips dari Wandi berikut ini untuk mengatasi masalah pada touchpad laptopmu yang tidak dapat berfungsi sama sekali.


Periksa Apakah Laptop Tersebut Mengalami Freeze

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika mengalami masalah seperti ini adalah pastikan terlebih dahulu bahwa laptop yang kamu gunakan masih benar-benar berfungsi seperti biasanya, maksudnya adalah laptop tersebut tidak mengalami freeze atau hang/crash. Contohnya jika keyboard juga tidak bisa di gerakkan atau beberapa program atau proses tidak bergerak sama sekali, itu berarti laptop tersebut sedang mengalami freeze. 

Untuk melakukan tes, silahkan tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka menu start, atau tekan CTRL + alt + del untuk membuka Security Screen. Jika laptopmu masih tidak bergerak sama sekali silahkan tunggu sekitar 2-3 menit, namun jika masih belum terjadi apa-apa, maka silahkan matikan paksa laptop tersebut kemudian hidupkan lagi seperti biasa.

Cek Shortcut Key yang Berhubungan dengan Touchpad

Salah satu penyebab umum yang mengakibatkan touchpad pada laptop tidak bisa berfungsi biasanya adalah ketika kamu menekan salah satu kombinasi tombol pada keyboard (shortcut key) secara tidak sengaja. Kebanyakan laptop biasanya di set pada kombinasi khusus untuk menonaktifkan fungsi touchpad, contohnya saja seperti pada kombinasi tombol Fn + f9 pada beberapa laptop Asus yang akan otomatis menonaktifkan fungsi touchpad.

Namun tidak semua laptop di desain untuk memiliki kombinasi tombol yang sama dalam menonaktifkan touchpad, jadi untuk mengetahui shortcut key yang digunakan laptopmu silahkan perhatikan pada buku manual atau panduan online untuk masing-masing merk dan tipe laptop yang kalian gunakan.

Cabut Mouse Eksternal Jika Ada

Berikutnya, salah satu cara yang paling mudah namun sangat berguna adalah dengan mencabut USB mouse yang terhubung pada laptop yang kamu gunakan, jika kamu menggunakan USB wireless maka silahkan cabut konektornya.


Hal ini berguna untuk mencari tahu apakah mouse yang kamu gunakan tersebut berpengaruh terhadap touchpad/trackpad laptopmu. Alasannya adalah karena ada beberapa jenis laptop yang memiliki fitur yang akan otomatis melakukan disable terhadap touchpad ketika ada mouse eksternal yang terhubung pada laptop tersebut. Untuk pengujian lebih lanjut kamu bisa mematikan laptopmu terlebih dahulu kemudian cabut semua perangkat eksternal yang terhubung dan nyalakan kembali.

Periksa Pengaturan Mouse pada Windows

Jika ketiga cara diatas masih tidak dapat menyelesaikan masalahmu tersebut, maka selanjutnya adalah memeriksa pengaturan pada sistem Windows yang kamu gunakan khususnya pada bagian mouse. Untuk melakukannya, silahkan masuk ke Settings > Devices > Touchpad.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi - WandiWeb 


Pada pengaturan tersebut pastikan bahwa pada bagian Touchpad di set ke enable/on. Nah, dibawahnya kamu juga akan menemukan pengaturan "Leave touchpad on when a mouse is connected," pastikan kamu juga mengaktifkan centang pada bagian tersebut.

Jika kamu masih mengalami masalah setelah melakukan perubahan pengaturan dengan merubah setting pada sistem, maka selanjutnya kamu bisa mencoba pengaturan lain pada menu Mouse Properties. Perlu diingat bahwa tidak semua sistem memiliki pengaturan yang sama, maka untuk hal ini silahkan cari dan cocokkan sendiri pengaturan yang berhubungan dengan mouse, biasanya setting seperti ini dapat ditemukan di bagian Device Manager atau pengaturan hardware lainnya.

Periksa Pengaturan Hardware pada Device Manager

Jika touchpad pada laptopmu masih tidak bisa berfungsi, maka kamu perlu melakukan troubleshooting lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan pada bagian Device Manager. Untuk membuka menu Device Manager, tekan kombinasi tombol Windows + X pada keyboard untuk membuka menu Power User kemudian pilih Device Manager.

Di device manager, expand pada bagian Mice and other pointing devices, maka kamu akan melihat beberapa entri seperti pada gambar berikut. Klik dua kali pada salah satu entri dan periksa pada bagian Location untuk mengetahui fungsi setiap entri tersebut. Jika kamu melihat tanda seru segitiga berwarna kuning pada salah satu entri tersebut, maka itu berarti terjadi masalah pada drivernya.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi - WandiWeb 

Untuk memperbaiki masalah tersebut silahkan coba klik kanan dan pilih Disable device kemudian kembalikan seperti semula dengan klik kanan dan pilih Enable device kembali. Jika masih tidak berpengaruh, maka kamu bisa mencoba poin berikutnya dibawah ini.

Update / Ganti Software Driver Touchpad

Salah satu masalah yang biasanya menyebabkan touchpad pada sebuah laptop terjadi malfungsi adalah karena software driver yang terinstal tidak kompatibel dengan versi hardware pada laptop tersebut, sehingga hal ini biasanya akan berakibat pada terjadinya error di bagian software karena perintah yang dilakukan pada hardware touchpad tidak dapat di jalankan oleh sistem.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan update software driver touchpad pada laptop yang kamu gunakan, caranya adalah dengan mendownload driver lain di internet dan menginstalnya.

Periksa Pengaturan BIOS

Beberapa laptop keluaran terbaru saat ini ada beberapa yang sudah dilengkapi dengan pengaturan hardware pada sistem BIOS atau UEFI nya, jika touchpad pada laptopmu tidak berfungsi, ada kemungkinan hal tersebut berhubungan dengan pengaturan BIOS pada laptop tersebut.

Untuk membuka menu BIOS, silahkan reboot laptopmu dan tekan key f12, del atau yang lainnya (sesuai tipe laptop tersebut) dan periksa pengaturan yang berhubungan dengan pointing device seperti mouse atau touchpad.

Setelah menerapkan seluruh cara di atas namun kamu masih mengalami error pada touchpad laptopmu, itu berarti terjadi masalah pada hardware pada laptop tersebut. Biasanya kerusakan hardware pada laptop terjadi karena terjatuh, terbentur, atau ditindih sesuatu yang berat. Untuk memperbaikinya maka Wandi sarankan agar kamu segera membawa laptop tersebut ke service center terdekat.

0 Response to "Touchpad pada Laptop Tidak Berfungsi? Begini Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel