Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 855 dan Sederet Kecanggihannya

Qualcomm Snapdragon 855 — Beberapa bulan yang lalu, Qualcomm secara resmi merilis seri SoC (System on Chip) terbaru mereka, yaitu Qualcomm Snapdragon 855. SoC ini merupakan seri terbaru dari chip Qualcomm Snapdragon yang digadang-gadang merupakan chip yang memiliki teknologi tercanggih saat ini, dan tentunya seri Snapdragon 855 ini akan digunakan oleh ponsel-ponsel flagship kelas atas. Salah satu seri smartphone yang sudah menggunakan SoC Snapdragon 855 ini adalah Samsung Galaxy S10 series.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 855 - WandiWeb 

Lalu, secanggih apa sih sebenarnya SoC yang katanya sudah mendukung teknologi 5G ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, WandiWeb pada postingan kali ini akan memberikan ulasan singkat serta detail spesifikasi dari SoC Qualcomm Snapdragon 855 terbaru ini. Silahkan simak penjelasan dari Wandi berikut ini.

5 Kecanggihan dan Kelebihan Snapdragon 855


1. Mendukung Konektivitas Internet 5G

Untuk poin pertama, Wandi berfokus pada konektivitasnya yang sudah mendukung jaringan 5G. SoC Snapdragon 855 ini dibekali dengan modem X50 yang mendukung jaringan dengan teknologi 5G di frekuensi Sub-6 GHz dan mmWave. Bukan hanya itu, SoC ini juga tentunya mendukung konektivitas jaringan 4G multi-gigabit dengan melalui modem X24 LTE yang juga dimilikinya.

Ponsel dengan teknologi Snapdragon 855 akan memberikan pengalaman konektivitas baru yang belum kamu rasakan sebelumnya, walaupun teknologi 5G diprediksi baru akan dirilis secara global pada tahun 2020, namun tetap saja Snapdragon 855 ini akan memberikan konektivitas yang cepat bahkan di jaringan 4G multi-gigabit dengan adanya modem X24 LTE yang akan memberikan pengalaman kinerja 20 kali lebih cepat dibandingkan kebanyakan ponsel saat ini.

2. AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan teknologi baru yang juga di usung oleh SoC Snapdragon 855 ini. Berdasarkan pernyataan resminya, Qualcomm mengatakan bahwa SoC ini juga sudah didukung dengan multi-core Qualcomm AI Engine generasi ke-4 yang diklaim memberikan kapasitas lebih dari 7 trillion operations per second (7 TOPs) yang merupakan performa 3 kali lipat lebih baik dari generasi sebelumnya. AI Engine ini juga memberikan peningkatan di bagian Qualcomm Neural Processing SDK, Google Android NN-API, Hexagon NN, serta Qualcomm Math Library.

Selain itu, SoC ini juga sudah diperkuat dengan GPU Andreno 640 yang menghadirkan peningkatan dari segi grafis hingga 20 persen lebih baik, dan juga CPU Kryo 485.

3. Performa 45% Lebih Cepat

Dengan dukungan dari CPU Kryo 485, tentunya Snapdragon 855 ini akan memiliki performa yang jauh lebih cepat dari seri sebelumnya hingga persentasi 45 persen. Terlebih lagi SoC ini juga sudah mengusung teknologi 64-bit Octa-core dengan satu power core memiliki kecepatan proses alias clock speed hingga 2,84GHz + 3 core dengan 2,42GHz, dan 4 core dengan clock speed 1,8GHz.

Dengan performa yang sangat cepat ini, tentunya kamu akan dapat memainkan game-game dengan grafik tinggi tanpa adanya hambatan sama sekali, ditambah lagi SoC ini juga sudah didukung oleh Vulkan 1.1 API, OpenGL ES 3.2 dan OpenCL 2.0 FP, serta Snapdragon Elite Gaming Experience terbaru yang memberikan pengalaman visual HDR yang jernih ketika bermain game yang belum pernah ada pada platform lainnya.

4. Kamera yang Lebih Baik

Selain 3 poin di atas, Qualcomm Snapdragon 855 ini juga memiliki peningkatan dari segi kamera. SoC ini menghadirkan performa baru dalam sistem pengambilan gambar dengan adanya dukungan CV-ISP atau Computer Visual Image Signal Processor yang digabungkan dengan Spectra 380 ISP. Ini membuatnya mampu merekam video dengan resolusi 4K HDR dengan klasifikasi serta segmentasi objek pada saat yang bersamaan.

Selain itu, Snapdragon 855 ini juga sudah memberikan peningkatan pada segi hardware dengan format file encoding HEIF yang membuatnya dapat memproses ukuran file menjadi 50 persen lebih kecil yang tentunya jauh lebih efisien.

5. Lebih Hemat Baterai

Walaupun memiliki performa yang sangat cepat, bukan berarti Snapdragon 855 ini juga akan menjadi lebih boros. SoC ini sendiri mampu menghemat baterai hingga 1 jam lebih yang merupakan konsumsi daya yang cukup irit bahkan ketika digunakan bermain game sekalipun.

Dari 5 poin diatas dapat di simpulkan bahwa Qualcomm Snapdragon 855 ini merupakan SoC generasi terbaru yang menghadirkan performa yang sangat baik dan tentunya akan memberikanmu pengalaman baru khususnya pada teknologi 5G dan visual bermain game. Sekian ulasan dari Wandi kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 855 dan Sederet Kecanggihannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel