Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran

ASUSPRO P5440UA — Pada penghujung tahun 2018 lalu, Asus kembali memperkenalkan salah satu laptop kelas bisnis terbaru mereka yang di rancang khusus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pekerja kantoran saat ini yang memiliki mobilitas tinggi, ASUSPRO P5440UA tampil dengan bentuk yang ringkas, padat namun tipis serta memiliki bobot yang ringan, ini membuatnya cocok untuk kamu yang bekerja dengan tingkat produktifitas tinggi. Untuk mengenal lebih lanjut tentang ultrabook satu ini, silahkan simak ulasan dari WandiWeb berikut ini.

Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran 

Desain


Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran 

Saat pertama kali melihat laptop ini, kamu mungkin akan terkecoh dengan bentuknya yang biasa-biasa saja seperti pada bentuk laptop dari Asus kebanyakan yang memiliki tampilan casual dan warna silver dengan logo Asus di belakang monitornya. Namun mengingat laptop ini memang diperuntukkan untuk tujuan bisnis dan bukan gaming, maka tentu saja kamu tidak akan menemukan banyak hiasan-hiasan mencolok seperti yang ada pada laptop gaming.

Laptop ini memungkinkan penggunanya untuk dapat membukanya hanya dengan menggunakan satu tangan saja, ini membuktikan bawha laptop ASUSPRO P5440UA ini memiliki engsel yang di rancang dengan baik dan kokoh untuk situasi apapun. Dengan engsel yang kokoh tersebut, kamu bahkan bisa membuka layar laptop ini hingga kemiringan 180 derajat yang tentunya merupakan sebuah fitur yang akan bermanfaat bahkan jika kamu dalam perjalanan.

Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran 

Untuk portnya, pada bagian sisi kiri laptop ini ditempati oleh lubang charger, USB Tipe-C, HDMI, USB 3.0 Type-A, dan port audio dengan diameter 3.5mm. Kamu juga dapat melihat dua lampu indikator LED yang akan menyala ketika laptop ini hidup, diisi daya, atau bahkan dalam mode sleep. Sedangkan pada bagian paling ujung terdapat satu speaker audio (kiri).

Pada bagian kanannya terdapat 2 slot yaitu slot SD Card dan satu buah tambahan slot USB 3.0 Tipe-A, dan tentunya lubang speaker lainnya di bagian ujung (kanan).

Masuk ke bagian utama, bagian belakang ASUSPRO P5440UA ini terbuat dari paduan magnesium padat yang membuatnya lebih padat dan juga ringan dan tentunya sangat kokoh untuk memenuhi seluruh aktivitas kamu sehari-hari. Bahan yang digunakan pada keyboard laptop ini juga sangat baik sehingga ketika mengetik kamu tidak akan melihat bekas sidik jarimu di atas keyboard.

Sebagai laptop kelas atas, keyboard pada laptop ini juga tentunya dilengkapi dengan fitur backlit putih yang merupakan indikator bahwa keyboard pada ASUSPRO P5440UA ini memiliki kualitas yang baik. Tombol-tombol keyboardnya juga memiliki jarak satu sama lain yang baik sehingga akan memperkecil kemungkinan salah ketik ketika digunakan.

Bodi utamanya terbuat dari lapisan alumunium kuat yang kokoh dan menambah kesan casual pada laptop ini. Untuk bagian touchpad/trackpad, laptop ini hadir dengan desain halus dan nyaman untuk meletakkan jari-jari diatasnya. Laptop ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang akan merespon dengan cepat dan memindai dengan cukup akurat.

Jika dibandingkan dengan MacBook Air, laptop P5440UF ini memiliki bobot yang lebih ringan dan lebih ringkas. Secara keseluruhan, perangkat ini merupakan teman kerja dan perjalanan yang sangat baik karena memiliki bentuk yang sangat fleksibel serta mudah dibawa kemana saja.

Display dan Multimedia


Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran 

ASUSPRO P5440UA hadir dengan ukuran layar 14 inci dan rasio 16: 9 Full HD serta sudut pandang 178 derajat. Layar laptop ini juga memiliki tingkat akurasi warna yang cukup baik sehingga akan sangat nyaman digunakan untuk menonton video dan berselancar di internet, apalagi dengan tambahan fitur anti-glare display membuatnya menjadi lebih optimal jika digunakan diluar ruangan yang memiliki intensitas cahaya tinggi.

Sedangkan untuk bagian speakernya sendiri, laptop ASUSPRO P5440UA ini tidak memiliki fitur apapun yang membuatnya spesial, namun walaupun begitu tetap saja laptop ini memiliki kualitas suara yang baik dan sangat jelas. Satu-satunya masalah pada speaker laptop ini adalah ketika volumenya dinaikkan hingga ke batas maksimum, terkadang akan ada sedikit gangguan pada suaranya sehingga menjadi tidak enak di dengar.

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

Laptop ASUSPRO P5440UA ini berjalan dengan menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro yang merupakan sistem operasi paling optimal dan paling disarankan saat ini untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan di komputer, sistem operasi Windows 10 Pro ini bahkan lebih disarankan daripada Windows 10 Home. Untuk tampilan UI nya sendiri, laptop ini sama halnya seperti laptop lain dengan sistem operasi yang sama, kecuali beberapa tambahan perangkat lunak dari vendornya sendiri.

Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran

Asus sendiri sudah memasukkan beberapa aplikasi pra-instal mereka pada laptop ini, diantaranya ASUS GIFTBOX, Product Registration, ZenAnywhere, Live Update, dan Battery Health Charging. Selain itu, laptop ini juga tentunya dilengkapi dengan perangkat lunak Microsoft Office yang diinstal untuk memenuhi kebutuhan produktivitas kamu.

Performa dan Benchmark

Untuk performanya, ultrabook ini hadir dengan ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-8250U dan kartu grafis (GPU) Nvidia MX130 dengan VRAM 2GB, dan kapasitas memori RAM 8GB. Dengan performa seperti ini, kegiatan sehari-hari seperti browsing, streaming video, pembuatan dokumen, dan multitasking lainnya akan sangat mudah kamu lakukan di laptop ini. Namun jika kamu berencana untuk memainkan game-game berat di laptop ini sebaiknya kamu tidak usah terlalu berharap banyak karena laptop ini rata-rata hanya akan mampu memainkan game dengan kelas medium saja.

Setelah melakukan benchmark pada laptop ini, WandiWeb mendapatkan hasil seperti berikut:
  • Cinebench R15 – 72.94fps (OpenGL), 692 cb (CPU)
  • CrystalDiskMark – 520.2MB/s (Sequential Read), 508.9 (Sequential Write)
  • Geekbench 4.3.3 – 3,940 (Single-Core), 12,530 (Multi-Core), 33,464 (OpenCL Compute MX130), 16,369 (OpenCL Compute Intel UHD 620)

Pada intinya, laptop ini tidak di desain untuk keperluan gaming, karena laptop ini adalah laptop yang didesain untuk keperluan bisnis sehingga laptop ini akan lebih optimal untuk menampilkan presentasi seperti PowerPoint, dokumen Word, atau lembar Excel. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memainkan game sama sekali di laptop ini. Untuk kelas medium, kamu masih bisa mencoba beberapa game seperti CSGO, Crysis 3, PUBG Lite dan Dota 2.

Penyimpanan


Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran 

Untuk media penyimpanannya, ASUSPRO P5440UA memiliki dua media penyimpanan yaitu solid-state disk (SSD) 512GB yang memiliki kecepatan transfer data cepat, serta HDD dengan kapasitas besar (1TB) yang dapat menampung file-file dengan volume yang banyak. Selain itu, dengan media SSD yang digunakan untuk direktori penyimpanan sistem operasinya, maka otomatis laptop ini akan memiliki waktu boot yang sangat cepat. Kedua media penyimpanan ini merupakan dua kombinasi yang tepat untuk laptop P5440UA ini.

Suhu Thermal

Satu-satunya hal yang sangat di sayangkan pada laptop ASUSPRO P5440UA adalah manajemen sirkulasi udaranya yang tidak terlalu optimal, salah satu hal yang sangat mempengaruhi hal ini adalah karena penempatan lubang sirkulasi udaranya berada di belakan layar monitor, sehingga jika layar terbuka maka sirkulasi udara pada laptop ini juga akan terhalang oleh layar.

Berikut adalah hasil data yang didapatkan setelah melakukan stress test thermal pada laptop ini:
Pertama adalah pengujian dengan menggunakan software Prime 95 dengan menguji processor pada laptop ini (Intel Core i5-8250U), hasilnya processornya mencapai suhu 85 ° C yang dimana merupakan suhu terpanasnya, walaupun sebenarnya ini masih dalam kategori aman. Selanjutnya adalah dengan menggunakan software benchmark FurMark dengan melakukan testing pada GPU laptop ini (Nvidia MX130). Setelah melakukan pengetesan tersebut, ternyata suhu laptop ini kembali naik dan menunjukkan suhu 92 ° C pada software Prime 95.

Konektivitas

Selain dari Wi-Fi biasa dan konektivitas Bluetooth, ultrabook ini juga dilengkapi dengan dua port USB Tipe-A yang terpisah di setiap sisi dan port USB Type-C. Sebagai bonus, ASUS juga menyertakan USB Tipe-C ke VGA sehingga kamu akan dapat menghubungkannya ke monitor dan proyektor dengan model lawas sekalipun, ditambah lagi slot Tipe-A hingga RJ-45 membuatya lebih baik mengingat perangkat ini tidak memiliki port LAN sama sekali.

Baterai


Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran 

Laptop ASUSPRO P5440UA ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, laptop ini bahkan bisa tetap on dalam durasi waktu 10 jam saat digunakan menonton video, berselancar di internet, serta mendengarkan musik dengan suara yang tinggi.

Kesimpulan

ASUSPRO P5440UF adalah salah satu laptop/ultrabook yang sangat ringan dan tipis dan tentunya dapat menangani tugas-tugas produktivitas dengan baik pada saat yang sama, laptop ini juga bahkan cukup mampu untuk menjalankan beberapa game ringan. laptop ini memiliki desain yang polos namun terlihat premium. Laptop ini dilengkapi dengan fitur fingerprint scanner yang merupakan salah satu fitur andalan yang membuatnya menjadi lebih aksesibel dan aman. Laptop ini cocok untuk kamu yang menginginkan ultrabook dengan fitur lengkap serta performa yang tinggi, karena tentunya laptop ini juga sudah support fitur touchscreen.

Walaupun harganya terbilang cukup mahal (sekitar 14 - 17 juta), namun menurut WandiWeb laptop ini masih cukup worth untuk kamu beli, spesifikasi dan desainnya yang dirancang khusus untuk kamu yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas tinggi akan membuatnya sangat 'friendly' serta nyaman digunakan.

Spesifikasi Lengkap ASUSPRO P5440UA
Monitor14.0-inch FHD Anti-Glare display @ 1920 x 1080 resolution.
ProcessorIntel Core i5-8250U 1.6GHz quad-core processor (Max turbo up to 3.4GHz).
ChipsetIntel.
Kartu GrafisNvidia MX130 GDDR5 2GB GPU.
RAM8GB.
PenyimpananSSD 512GB M.2 PCIe 3.0 x4, HDD 1TB.
KonektifitasWiFi, Bluetooth, 2x USB 3.0 Type-A (Gen1) 1x USB 3.1 Type-C (Gen1) with display dan power delivery 1x SDXC Card reader, HDMI.
Audio1x Headphone out & Audio-in combo jack.
Baterai3-Cell 50WHr battery.
Sistem operasiOriginal Microsoft Windows 10 Pro.
Body14 inci, 1.22kg (w/ battery)
Pilihan warnaIcicle Silver
Harga14 hingga 17 juta

0 Response to "Review ASUSPRO P5440UA, Laptop Yang Pas Untuk Kerja Kantoran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel