Review Asus ZenBook 14 UX433FN, Laptop Keren Performa Tangguh!

Asus ZenBook 14 UX433FN — Salah satu laptop dari Asus dengan kualitas yang sangat baik, Asus ZenBook UX433FN. Laptop ini hadir dengan menawarkan berbagai macam fitur baru yang begitu memukau dan bisa dikatakan jauh lebih sempurna dari seri pendahulunya. Salah satu fitur andalan dari ultrabook ini adalah fitur ErgoLift dan bezelnya yang tipis. Asus ZenBook UX433 ini memiliki desain bezel monitor yang sangat tipis dengan ketebalan yang hanya 2,8mm, sehingga jika dilihat dari belakang laptop ini akan nampak seperti laptop dengan ukuran 13 inci, padahal jika di buka laptop ini memiliki lebar layar 14 inci. Hal ini karena bezel pada layar monitornya sangatlah tipis, sehingga rasio screen-to-body nya juga sangat tinggi yaitu hingga 92 persen (hampir full monitor).

Review Asus ZenBook 14 UX433FN, Laptop Keren Performa Tangguh - WandiWeb

Suhu ZenBook UX433 ini juga bisa dikatakan sangat baik, kenapa? Karena jika kita bandingkan dengan laptop dengan ukuran yang serupa, rata-rata laptop yang memiliki desain yang sama tipisnya akan mengeluarkan suhu yang panas jika di nyalakan dalam waktu yang cukup lama, namun hal itu tidak berlaku untuk Asus ZenBook UX433 ini. Laptop ini tidak akan mengeluarkan suhu yang berlebihan walaupun digunakan dalam waktu yang cukup lama, ini dikarenakan laptop ZenBook UX433FN ini menggunakan teknologi ErgoLift Hinge.

Review Asus ZenBook 14 UX433FN, Laptop Keren Performa Tangguh - WandiWeb

Teknologi ErgoLift Hinge pada Asus ZenBook UX433FN ini adalah sistem yang berguna untuk meningkatkan sudut kemiringan laptop ketika dibuka. Jadi ketika monitor laptop ini dibuka, maka body dari laptop ZenBook UX433FN ini akan sedikit terangkat hingga kemiringan 2,5 derajat, ini akan membuat sirkulasi udara pada laptop menjadi lebih maksimal dan tentunya suara speaker pada laptop juga akan lebih optimal. Selain itu, teknologi ErgoLift Hinge ini juga sangat membantu untuk meningkatkan kenyamanan ketika mengetik, sehingga pergelangan tangan akan menjadi lebih santai ketika mengetik dengan menggunakan laptop ini. Teknologi ini hampir mirip dengan yang ada pada Asus Zephyrus, namun yang membuatnya berbeda adalah Asus Zephyrus menggunakan penyangga sedangkan ZenBook UX433FN ini memanfaatkan engsel dibagian bawah layarnya. Laptop ini juga memiliki build quality yang telah lulus uji sertifikasi military grade MIL-STD-810, jadi laptop ini tidak akan gampang rusak walaupun terjatuh, terbentur, atau bahkan terinjak.

Desain dan Struktur

Body 

Review Asus ZenBook 14 UX433FN, Laptop Keren Performa Tangguh - WandiWeb 

Laptop Asus ZenBook UX433FN hadir dengan desain concentric circles dengan body aluminium yang sama dengan desain dari seri sebelumnya yaitu UX430, sedangkan pada bagian tengahnya laptop ini terbuat dari bahan plastik yang sangat kuat serta tidak mudah retak, sedangkan untuk keyboardnya, laptop ini memiliki desain keyboard yang cukup dalam dengan range 1,4mm, hal ini akan membuat jari-jari lebih nyaman saat mengetik. Namun satu hal yang membuat desain laptop ini agak kurang efisien menurut WandiWeb adalah peletakan tombol power yang menyatu pada keyboard, kenapa? Karena ketika mengetik, biasanya seseorang akan mengalami typo beberapa kali dan tentunya kita harus menekan tombol backspace untuk menghapus huruf yang salah tersebut, sedangkan tombol power pada laptop ini posisinya sangat berdekatan dengan tombol backspace sehingga kita bisa saja salah tekan dan malah mematikan laptopnya tanpa sengaja.

Port
Nilai plus yang terdapat pada laptop ini adalah jumlah portnya. Jika laptop dengan desain tipis biasanya memiliki port yang sangat sedikit, maka lain halnya dengan Asus ZenBook UX433FN ini. Pada bagian kiri laptop ini terdapat 4 port yaitu port charger, HDMI, USB 2.0, dan USB Tipe-C, sedangkan pada bagian kanannya terdapat 3 port, yaitu port SD card, USB 2.0, dan port audio jack 3,5mm yang sudah terintegrasi dengan microphone, dengan jumlah port USB yang banyak tersebut kita bisa dengan leluasa memasukkan 2 hingga 3 USB sekaligus.

Display

Review Asus ZenBook 14 UX433FN, Laptop Keren Performa Tangguh - WandiWeb 

Untuk bagian display, Asus ZenBook UX433FN ini memiliki bezel yang sangat irit, sehingga screen-to-body ratio pada laptop ini sangat tipis yaitu sekitar 92 persen. Hal inilah yang membuat ZenBook UX433FN ini terlihat seperti laptop dengan ukuran 13 inci ketika ditutup, padahal ukuran layarnya sebenarnya adalah 14 inci.

Masih di bagian display, layar yang digunakan Asus UX433FN ini juga memiliki tampilan warna yang sangat akurat dengan 100% sRGB, 74% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut serta brightness yang juga sangat baik. Monitor yang digunakan juga sudah full HD dengan resolusi 1920x1080 piksel, layarnya juga memiliki fitur Asus Splendid dan Asus True2Live yang mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna, namun sayangnya laptop ini ternyata belum dilengkapi dengan fitur touchscreen.

Performa
Pada bagian performa, laptop ini sudah menggunakan processor seri terbaru saat ini, yaitu processor Intel Core i5-8265U quad core (Whiskey Lake) yang merupakan generasi Intel Core ke-8 yang memiliki clock speed 1,6GHz dengan TurboBoost hingga 3,9GHz. Sedangkan untuk bagian memori, laptop ini dibekali dengan memori (RAM) berkapasitas 8GB LPDDR3 2133MHz (on-board).

Untuk grafisnya sendiri, Asus ZenBook UX433FN ini menggunakan Intel UHD Graphics 620 dan dukungan Nvidia GeForce MX150. GPU Intel HD Graphics 620 ini mengusung 24 EUs dengan kecepatan 300 - 1050MHz yang cukub baik untuk melakukan task-task berat.

Penyimpanan
Untuk sektor memori, Asus Zenbook 14 UX433FN ini hadir dengan kapasitas SSD 512GB M.2 PCIe 3.0 x4 yang memiliki transfer data yang cepat yang memungkinkan pengguna melakukan operasi data dengan lebih efisien.


Sistem Operasi
Pada bagian OS atau sistem operasinya, ZenBook UX433FN juga ini sudah menggunakan Windows 10 Home x64 original pre-installed, sehingga pengguna tidak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi untuk menggunakannya secara legal.


Baterai
Laptop ini memiliki daya tahan baterai yang cukup lama yaitu sekitar 13 jam dengan kapasitas 3 Cells 50 Whrs Battery yang cocok digunakan untuk bekerja diluar ruangan dimana tidak terdapat kabel untuk melakukan charging.

Audio
Untuk speakernya, Asus ZenBook UX433FN ini dibekali dengan 2 x 1,5W speaker stereo (Harman Kardon certified) yang mengusung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster yang sangat baik untuk meningkatkan pengalaman audio penggunanya.


Kesimpulan
Asus ZenBook 14 UX433FN ini merupakan laptop/ultrabook yang sangat inovatif serta nyaman digunakan. Harga ZenBook UX433FN ini adalah sekitar Rp 16.999.000 saat artikel ini dibuat. Laptop ini sangat cocok digunakan untuk bekerja karena memiliki desain yang ringkas, tipis, dan clean yang akan membuat kita nyaman menggunakannya, tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan performa yang sangat mumpuni dengan menggunakan processor Intel Core i5 yang sangat powerful serta dukungan kartu grafis dan ram dengan kapasitas yang lumayan besar.


Laptop ini menawarkan dua pilihan warna, yaitu royal blue dan icicle silver yang terlihat sangat elegant. Selain itu, laptop ini juga memiliki blok berwarna emas di bagian engsel dalamnya yang semakin mempercantik tampilannya.

Spesifikasi Lengkap Asus ZenBook 14 UX433FN
MonitorIPS LCD with LED backlight 14 inch Full HD 1920 x 1080 pixel, Asus Splendid, 100% sRGB, 72% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut dan NanoEdge Display.
ProcessorIntel Core i5-8265U quad-core 1,6GHz TurboBoost 3,9GHz.
ChipsetIntel.
Kartu GrafisIntel UHD Graphics 620 plus Nvidia GeForce MX150 VRAM 2GB GDDR5.
RAM8GB LPDDR3 2133MHz RAM (onboard).
PenyimpananSSD 512GB M.2 PCIe 3.0 x4.
KonektifitasWiFi, Bluetooth, Port USB 3.0, Port USB 2.0, Port USB 3.0 Gen2 Type-C, Port HDMI, SD card port, audio jack, NumberPad.
AudioDual 1,5W Speaker stereo, Harman Kardon Certified, ICEpower, SonicMaster Audio.
KameraWebcam 3D IR HD camera with face login.
Baterai50Wh 3-cell lithium-polymerBattery.
Sistem operasiOriginal Microsoft Windows 10 Home x64 pre-installed.
Body31,9 x 19,9 x 1,59cm berat 1,19kg
Pilihan warnaRoyal Blue dan Icicle Silver
HargaRp 16.999.000

0 Response to "Review Asus ZenBook 14 UX433FN, Laptop Keren Performa Tangguh!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel