Perbedaan Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa Dari Segi Bentuk dan Fungsinya

Apa Bedanya Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa? — Untuk seorang pc gamer, mouse tentunya merupakan salah satu perangkat yang paling penting dan paling vital dalam aktivitas bermain game. Beberapa game populer seperti PUBG, CSGO, Dota 2 dan lain-lain tentunya memerlukan spesifikasi mouse gaming yang baik dan mumpuni agar sang player dapat mengontrol pergerakan secara maksimal. Ada beberapa merk mouse gaming yang terkenal dengan fitur-fitur yang di rancang khusus untuk bermain video game, contohnya yang paling terkenal dan paling banyak dipakai yaitu Logitech dan Razer, kedua merk ini sama-sama memberikan dukungan yang sangat baik untuk membantu player memaksimalkan skill mereka dalam permainan.

Tapi berbicara soal mouse, apa sih bedanya mouse gaming dan mouse biasa? Bukankah secara umum fungsingya sama saja, yaitu untuk menggerakkan pointer pada komputer/laptop? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada post kali ini WandiWeb akan memberikan sedikit penjelasan yang mungkin dapat membantu kalian mengidentifikasi apa-apa saja perbedaan mouse gaming (makro) dan mouse reguler biasa.

Perbedaan Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa Dari Segi Bentuk dan Fungsinya - WandiWeb 

Perbedaan Mouse Gaming dan Mouse Biasa
Jika kalian pernah melihat pertandingan-pertandingan eSports seperti turnamen CSGO, Dota 2, atau PUBG baik itu lewat streaming atau bahkan kalian menontonnya langsung di lokasi turnamen, tentu kalian akan melihat mouse yang digunakan para pemain profesional tersebut memiliki bentuk yang unik dan tidak sama seperti mouse normal pada umumnya. Namun perbedaan antara mouse gaming dan mouse biasa bukan hanya terletak pada sisi bentuknya saja, namun ada beberapa perbedaan mencolok lainnya yang membuatnya menjadi lebih kaya akan fungsi, beberapa perbedaan tersebut antara lain:

Desain

Perbedaan Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa Dari Segi Bentuk dan Fungsinya - WandiWeb 

Jika pada umumnya mouse biasa hanya memiliki desain yang begitu-begitu saja dengan peletakan tombol klik dan scroll yang standar, maka pada mouse gaming biasanya bentuknya akan sangat bervariasi, hal ini untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pada game yang akan dimainkan. Kebanyakan mouse gaming saat ini juga sudah menggunakan pemberat untuk membuatnya lebih nyaman saat digerakkan yang juga berguna untuk memperkecil kemungkinan salah klik ketika digunakan. Bahkan dari segi estetika, mouse gaming juga memiliki lebih banyak variasi hiasan seperti lampu RGB dan struktur yang unik.

DPI (Dots Per Inch)
Pada mouse sendiri, ada yang namanya dots per inch atau disingkat DPI, nah DPI ini sendiri maksudnya adalah gerakan yang dilakukan oleh mouse per 1 inci (2,54cm). DPI juga dapat diartikan sebagai pixel kuadrat, sebagai contoh, misalnya 5 DPI, ini berarti ukurannya adalah 5x5 pixel (pixel yang dimaksud disini adalah pixel pada layar monitor). Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin besar DPI pada mouse, maka pergerakan pointer pada layar juga akan semakin bagus dan tentunya akan membuat klik menjadi lebih akurat, hal ini sangat berguna pada game-game dengan tema FPS seperti CSGO atau Call of Duty, karena mouse dengan DPI tinggi tentunya akan membuat AIM dan crosshair pada layar menjadi lebih terkontrol saat menembak dibandingkan dengan mouse dengan DPI rendah. 

Nah, disini juga dapat dilihat perbedaan jumlah DPI yang sangat signifikan antara mouse reguler dan mouse gaming. Pada umumnya, mouse reguler hanya memiliki jumlah DPI antara 500-800, sedangkan pada mouse gaming biasanya DPI nya jauh lebih tinggi, yaitu 2000 lebih. Ini juga dapat menjadi acuan jika kalian ingin membeli mouse gaming, karena mouse gaming dengan kualitas yang baik akan memiliki DPI yang juga tinggi.

Tombol Macro

Perbedaan Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa Dari Segi Bentuk dan Fungsinya - WandiWeb 

Jika kalian pernah melihat atau memegang mouse gaming, tentunya kalian akan melihat beberapa tombol tambahan (selain klik kanan, klik kiri dan scroll) pada mouse tersebut. Tombol-tombol tersebut dinamakan tombol macro atau macro keys. Tombol macro ini berguna untuk melakukan custom key alias melakukan aksi tertentu seperti reload, lompat, menunduk dengan menggunakan tombol tambahan pada mouse tersebut. Fungsi pada mouse macro ini akan sangat berguna pada permainan PUBG, karena kalian bisa melakukan tilt tanpa harus menekan tombol Q, E melainkan menggunakan tombol macro pada mouse tersebut.

Ketahanan (Durability)

Perbedaan Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa Dari Segi Bentuk dan Fungsinya - WandiWeb 

Jika dilakukan perbandingan antara mouse biasa dan mouse gaming dengan menggunakannya dengan cara yang sama, maka bisa dipastikan mouse gaming akan jauh lebih awet dibandingkan dengan mouse reguler. Hal ini karena mouse gaming memang dirancang untuk diperlakukan lebih 'kasar' dari mouse biasa, hal ini bisa di lihat dari penggunaan mouse gaming yang biasanya dipakai untuk melakukan clicking berkali-kali dengan sangat cepat. Jika biasanya mouse requler hanya melakukan clicking ratusan kali per hari, maka mouse gaming kebanyakan akan digunakan untuk melakukan ribuan hingga ratusan ribu clicking per hari. Hal inilah yang membuat membuat mouse gaming dirancang agar lebih tahan lama bahkan bukan hanya di segi tombol kliknya saja, namun tombol scroll dan body nya juga biasanya akan jauh lebih tahan lama dibandingkan mouse biasa.

Jika kalian adalah seorang pc gamer, maka tentunya kalian harus memilih mouse gaming yang benar-benar dapat membantu kalian meningkatkan skill kalian ketika bermain game.

0 Response to "Perbedaan Mouse Gaming (Macro) dan Mouse Biasa Dari Segi Bentuk dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel