Apa Itu RDP dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan RDP Windows — Jika kamu sudah mengenal tentang apa itu server dan client maka minimal pasti kamu sudah pernah mendengar tentang RDP bukan? Ya, kata RDP sendiri merupakan singkatan dari Remote Desktop Protocol atau jika disederhanakan, RDP adalah sebuah protokol jaringan yang biasa digunakan untuk mengendalikan (remote) sebuah komputer dari jarak jauh.

Apa Itu RDP dan Bagaimana Cara Menggunakannya? - WandiWeb 

Fungsi RDP

RDP adalah protokol yang memungkinkan komputer client untuk mengendalikan komputer server dari jarak jauh, misalnya lokasi kamu sekarang ada di Makassar dan kamu mempunyai komputer lain yang online selama 24 jam nonstop yang berada di Singapura. Nah, dengan bantuan RDP maka kamu akan dapat mengontrol komputer tersebut seperti menggerakkan mouse, keyboard, memutar video, bahkan upload/download file di internet dengan menggunakan protokol jaringan RDP.

Remote Desktop Protocol sendiri merupakan sebuah protokol jaringan yang biasanya digunakan oleh sistem operasi milik Microsoft seperti Windows Server 2003, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2008 dll.

Beberapa kelebihan RDP jika dibandingkan dengan penggunaan komputer pada umumnya antara lain:
  • Dapat online dengan durasi 24 jam nonstop (kecuali terjadi maintenance).
  • Dapat diakses kapan saja dan dimana saja baik dengan menggunakan ponsel ataupun laptop.
  • Memungkinkan penggunanya untuk menjalankan program atau proses tanpa henti, karena semuanya dijalankan oleh server yang online setiap saat.
  • Kamu dapat mengerjakan task ganda tanpa harus menggunakan komputer milikmu sendiri.
  • Biasanya kecepatan akses internetnya cukup kencang (hingga 1Gbps) sehingga cocok untuk kamu yang memiliki situs download file atau streaming film.
  • Kuota unlimited, karena kamu menggunakan sumber daya yang ada pada server RDP, sehingga kamu hanya akan memakai kuota internet milikmu untuk menjalankan RDP (aktivitas download dan upload semuanya merupakan resource dari RDP).

Cara Menggunakan RDP di Windows

Setelah mengetahui tentang apa pengertian dan cara kerja RDP, maka tentunya kamu pasti akan bertanya lagi, "bagaimana cara menggunakannya?" Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak petunjuk berikut ini.

Windows 7

  1. Pertama, arahkan kursor ke menu start kemudian klik.
  2. Untuk memudahkanmu menemukan menu RDP, cukup ketik pada kolom pencarian dengan keyword "Remote Desktop Connection".
  3. Buka app Remote Desktop Connetion.
  4. Selanjutnya masukkan IP server dan klik Connect.
  5. Untuk login silahkan masukkan username dan password, lalu sambungkan.

Windows 8 dan 10

  1. Sama seperti pada petunjuk untuk Windows 7, klik menu start dan cari dan buka aplikasi Remote Desktop Connection.
  2. Selanjutnya masukkan IP dan klik Connect.
  3. Login dengan username dan password.
  4. Selesai.

Layanan RDP merupakan pilihan yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki situs download file atau streaming film/video karena kamu dapat dengan leluasa mengupload file-file tersebut ke cloud storage milikmu tanpa harus khawatir kuota internetmu terpotong, karena semua bandwidth seperti download, upload, bahkan streaming semuanya dijalankan dengan menggunakan sumber daya yang ada pada server RDP tersebut.

0 Response to "Apa Itu RDP dan Bagaimana Cara Menggunakannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel