Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game

Cara Optimasi Windows 10 untuk Bermain Game — Seperti yang kita ketahui, Windows 10 sampai saat ini masih merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Bahkan sistem operasi ini adalah yang paling mendominasi di kalangan gamer, hal ini berdasarkan pada data statistik dari Valve dimana 60,62% pengguna Steam menggunakan sistem operasi Windows 10 64-bit, ini merupakan hal yang sangat wajar mengingat sistem operasi buatan Microsoft sendiri merupakan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan persentasi 96,44%.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game - WandiWeb

Sejak pertama kali di rilis, Windows 10 sampai saat ini sudah dikembangkan hingga menjadi sistem operasi yang friendly untuk kegiatan bermain game. Sistem operasi ini mendukung banyak game-game native, retro, bahkan Xbox. Namun performa gaming di Windows 10 sendiri juga sangat tergantung dari hardware yang digunakannya, jadi untuk kamu yang masih menggunakan hardware entry level ke bawah mungkin kamu akan membutuhkan sedikit tweak untuk meningkatkan performa bermain game di sistem operasi Windows 10 pada perangkatmu agar lebih 'enak' digunakan.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game


Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan kinerja/performa Windows 10 saat sedang bermain game versi WandiWeb.

Gunakan Fitur Gaming Mode

Versi terbaru dari Windows 10 saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Gaming Mode, fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja game dengan cara mengalokasikan sebagian besar sumber daya untuk game yang sedang kamu jalankan dan mencegah program lain untuk memonopoli CPU dan GPU pada komputer.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game - WandiWeb

Untuk memastikan apakah sistem operasi yang kamu gunakan mendukung fitur ini, kamu bisa melakukan cek dengan cara menekan shortcut key Windows + I untuk membuka menu Settings, kemudian klik pada bagian Gaming. Pada panel kiri, klik di bagian Game Mode. Nah, jika kamu melihat tulisan "This PC supports Game Mode" itu berarti perangkat yang kamu gunakan tersebut mendukung fitur Gaming Mode.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menekan tombol Windows + G ketika game sedang berjalan untuk membuka menu Game Mode. Setelah menu tampil, kemudian klik ikon pengaturan dan akan muncul lagi tampilan untuk mengaktifkan fitur tersebut, selanjutnya tinggal centang tulisan "Use Game Mode for this game".

Matikan Auto Update Windows

Windows 10 merupakan sistem operasi yang akan melakukan update otomatis ketika perangkat yang kamu gunakan terkoneksi ke internet melalui WiFi, dan yang paling menjengkelkan adalah update otomatis yang sedang berjalan sering kali tidak diketahui oleh pengguna. Auto update ini sendiri cukup banyak memakan sumber daya, sehingga kamu akan mengalami penurunan performa ketika sedang bermain dengan update otomatis yang berjalan di latar belakang.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game - WandiWeb 

Bukan hanya membatasi performa, auto update ini juga akan memakan banyak bandwidth dan tentu saja akan sangat mengganggu ketika kamu sedang bermain game online seperti PUBG, CSGO, Dota 2 dll.

Untuk mematikan fitur update otomatis pada Windows 10, kamu bisa masuk ke menu pengaturan update dengan cara menekan key Windows + I > Update and security > Windows Update > Advanced options > Update Options.

Batasi Update Otomatis Steam

Jika kamu memainkan game-game original seperti PUBG, CSGO, Dota 2 dll., maka kamu juga pasti menggunakan software Steam untuk menjalankan game-game tersebut. Nah, sayangnya Steam sendiri memiliki fitur update otomatis yang bahkan lebih mengganggu dari Windows 10, ini karena Steam tidak memperkenankan penggunanya untuk mencegah atau mematikan update otomatis, sehingga ketika update sedang berjalan, maka satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan memutus koneksi internet.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game - WandiWeb 


Namun untuk mengakali hal tersebut kamu masih bisa membatasi proses download, caranya adalah dengan masuk ke menu Steam > Settings > Downloads pada Steam client, kemudian hilangkan centang pada Allow downloads during gameplay. Ini berfungsi untuk menghentikan update otomatis ketika game sedang dimainkan.

Matikan Efek Visual pada Windows

Secara default, graphical user interface (GUI) pada Windows 10 yang kamu gunakan biasanya diatur dengan efek visual tambahan untuk mempercantik tampilan sistem operasi tersebut. Namun tahukah kamu bahwa efek visual tambahan seperti bayangan dan animasi juga menggunakan cukup banyak sumber daya? Nah, hal ini juga akan sangat berpengaruh ketika kamu sedang bermain game karena performa game yang kamu jalankan tidak akan maksimal jika efek visual tersebut dalam keadaan aktif.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game - WandiWeb 

Untuk mematikannya, kamu bisa masuk ke menu performance dengan menekan tombol Windows + I dan ketik performance, setelah itu pilih Adjust the appearance and performance of Windows > Adjust for best performance > Apply > OK.

Maksimalkan Pengaturan Daya untuk Meningkatkan Performa Game

Pengaturan daya seringkali dianggap tidak penting oleh sebagian orang, padahal dengan melakukan sedikit perubahan pada pengaturan ini, kamu akan mendapatkan performa tambahan untuk lebih meningkatkan kinerja program dan game yang sedang kamu mainkan.

Beberapa gamer mengklaim bahwa mereka merasakan perbedaan performa saat bermain game setelah merubah pengaturan daya pada komputer yang mereka gunakan. Sebenarnya hal ini masih belum cukup jelas, tapi tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game - WandiWeb 

Untuk merubah opsi pengaturan daya, kamu bisa masuk ke menu Power Plan dengan cara menekan tombol Windows + I > type power > Power and sleep settings > Additional power settings. Aktifkan high-performance untuk meningkatkan performa hardware, jika pada menu power plan tidak terdapat opsi tersebut, kamu bisa membuatnya dengan cara mengklik Create a power plan untuk membuat opsi pengaturan daya milikmu sendiri.

Kesimpulan

Kamu dapat meningkatkan performa sistem operasi Windows 10 yang kamu gunakan untuk bermain game dengan cara melakukan beberapa pengaturan seperti mematikan auto update pada sistem windows atau aplikasi Steam, mematikan efek visual pada Windows, memaksimalkan pengaturan daya, hingga menggunakan fitur Gaming Mode. Sekian tips dari Wandi kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Optimasi Performa Windows 10 untuk Bermain Game"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel