Menutup Laptop Saat Keadaan Masih Menyala, Apakah Akan Rusak?

Menutup Layar Laptop Ketika Masih Menyala — Beberapa orang memiliki tingkat kesibukannya masing-masing, hal ini juga yang sering membuat sebagian dari kita lebih memilih untuk langsung menutup layar laptop ketika selesai digunakan daripada harus menunggu booting yang notabene memakan waktu yang cukup lama, belum lagi jika laptop tersebut masih menggunakan sistem operasi (OS) yang tidak support fast booting seperti Windows 7 kebawah, karena sistem operasi tersebut biasanya akan memakan waktu yang sangat lama ketika booting.

Mungkin beberapa dari kalian berpikir apakah ada dampak buruk yang ditimbulkan oleh kebiasaan tersebut? Nah, untuk lebih memahaminya, WandiWeb pada postingan ini akan membahas tentang hal tersebut. Silahkan simak uraian dibawah ini.

Amankah Menutup Laptop Ketika Masih Menyala?

Amankah Menutup Laptop Ketika Masih Menyala - WandiWeb 

Sebenarnya laptop sendiri bisa dibilang modifikasi dari perangkat komputer rumahan yang biasanya di colokkan langsung ke kabel listrik, laptop dibuat agar bisa digunakan dimanapun tanpa harus melakukan instalasi setiap kali akan dihidupkan. Jadi laptop dapat dengan mudah dihidupkan dan dimatikan kapanpun dan dimanapun tanpa harus membawa serta beberapa komponen tambahan dengan bobot yang sangat berat.


Karena alasan itulah laptop juga memiliki beberapa fitur yang berguna untuk mengatasi masalah-masalah yang akan timbul saat digunakan secara portabel, salah satu fitur tersebut yaitu laptop dapat langsung masuk ke dalam mode sleep ketika layaranya tiba-tiba langsung ditutup begitu saja tanpa booting. Pada mode sleep laptop akan otomatis mematikan layar dan membuat semua program yang berjalan tetap pada posisinya semula ketika ditutup dan siap digunakan kembali dengan tampilan yang sama ketika laptop tersebut dinyalakan kembali. Hal ini tentunya akan membuat baterai pada laptop menjadi lebih hemat.

Namun kembali lagi ke pertanyaan pertama, apakah langsung menutup layar laptop aman-aman saja? Jawabannya adalah IYA, karena laptop yang kalian gunakan saat ini merupakan penyempurnaan dari laptop generasi pertama di dunia, jadi bisa dipastikan bahwa laptop tersebut sudah dirancang khusus untuk diperlakukan sebagaimana layaknya sebuah buku bacaan. Apalagi sistem operasi saat ini seperti Windows, Linux ataupun MacOS juga sudah di modifikasi untuk mendukung fitur automatic sleep ketika layar monitor laptop tiba-tiba ditutup.

Tapi bagaimana jika laptop tersebut digunakan dalam jangka waktu panjang? Sebenarnya hal ini juga tidak akan terlalu berpengaruh pada laptop itu terlepas dari kualitas hardwarenya sendiri, jika laptop tersebut memiliki kualitas hardware yang cukup baik maka tentunya laptop tersebut tidak akan cepat rusak bahkan walaupun digunakan setiap hari tanpa booting sama sekali. Contohnya saja pada laptop yang admin WandiWeb gunakan saat ini (Asus X450C), laptop ini masih cukup baik dan tidak memiliki kendala sama sekali ketika pertama dibeli pada tahun 2014 yang lalu (sudah sekitar 5 tahun dari sekarang), padahal cara penggunaannya juga bisa dibilang 'tidak sehat' karena saya kadang tidak men-shutdown laptop ini selama seminggu, jadi ketika selesai menggunakannya saya biasanya hanya mematikannya di mode hibernate atau jika terburu-buru hanya langsung ditutup dan otomatis akan langsung masuk ke mode sleep.

Namun ada beberapa hal yang tetap harus kalian perhatikan ketika melakukan hal tersebut, diantaranya:
  • Jika sedang menutup layar, usahakan agar kalian menutupnya secara perlahan, karena tidak semua laptop memiliki kualitas komponen yang sama terutama pada bagian engsel antara monitor dan bodi laptop, jadi jika engsel pada laptop yang kalian gunakan terbuat dari bahan yang tidak cukup kuat maka tentu saja engsel tersebut akan cepat rusak jika terlalu sering kalian buka tutup dengan kasar.
  • Kabel fleksibel yang terdapat pada engsel laptop juga akan cepat rusak jika penggunanya tidak berhati-hati ketika menggunakan laptop tersebut.

Setelah membaca penjelasan WandiWeb diatas, kalian sekarang dapat menyimpulkan sendiri apakah menutup layar laptop secara langsung tanpa melakukan booting (shutdown) berbahaya atau tidak pada laptop yang kalian gunakan.

0 Response to "Menutup Laptop Saat Keadaan Masih Menyala, Apakah Akan Rusak?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel