Manfaat Ngeblog di Era Digital

Ngeblog di Era Digital — Kata "Blogger" merupakan sebuah sebutan untuk seseorang yang hobi menuliskan isi pikiran dan ide-idenya melalui media online yang disebut dengan blog. Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan dua istilah seperti blogger dan blogging bukan? Ya, kedua kata tersebut merupakan istilah yang biasa dikaitkan dengan seorang blogger yang aktif menulis pada platform blog miliknya.

Blog sendiri adalah singkatan dari kata web blog yang merupakan sebuah platform media online yang memuat berbagai konten seperti tulisan, gambar, audio bahkan video. Sebagai informasi, kata blogger sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang merupakan platform milik Pyra Labs hingga akhirnya diakuisisi oleh Google. Sampai saat ini sudah ada beberapa platform gratis lain yang juga mengusung sistem yang hampir sama seperti Blogger, beberapa diantaranya yaitu WordPress, Tumblr, Weebly dan Medium yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Manfaat Ngeblog di Era Digital - WandiWeb

Manfaat Ngeblog di Era Digital

Lalu, apa sih sebenarnya manfaat dari blogging atau dengan kata lain "ngeblog" itu sendiri, terutama di era digital seperti sekarang ini? Nah, ini adalah hal yang menarik untuk dibahas, kenapa? Karena jika kamu melihat dari segi manfaat maka kamu akan menemukan banyak sekali hal-hal yang menarik dari kegiatan ngeblog ini, antara lain:

1. Menyenangkan

Jadi seorang blogger adalah hal yang sangat menyenangkan, kenapa? Karena dengan ngeblog kamu dapat menuliskan apapun yang ada di dalam pikiranmu, baik itu hal-hal yang bersifat pribadi seperti pengalaman, hobi dan keseharianmu, bahkan kamu juga bisa berbagi pengetahuan yang kamu miliki ke orang lain.

Mungkin banyak diantara kalian yang beranggapan bahwa ngeblog itu sama saja seperti ketika kita memposting hal-hal di sosial media seperti Facebook atau Twitter. Memang jika dilihat secara umum ngeblog adalah cara kita berbagi karya tulisan ke orang lain, tapi itu akan sangat berbeda jika kamu menuliskannya di media sosial dan di sebuah platform blog.

Menurut Wandi sendiri, menulis di sebuah platform blog jauh lebih bebas karena kita dapat menuliskan apapun sesuai dengan keinginan masing-masing tanpa adanya batasan topik, terlebih lagi kita bisa melakukan kustomisasi pada tampilan blog milik kita sesuai selera yang tentunya tidak akan bisa kamu lakukan di platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

2. Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Selain menyenangkan, aktivitas ngeblog juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Contohnya jika kamu memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang tertentu seperti hardware komputer, smartphone, atau bahkan programming, maka kamu bisa membuat blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan salah satu topik tersebut, dengan begitu otomatis orang yang membaca hasil tulisanmu akan merasa terbantu karena mereka mendapatkan ilmu baru dari blog milikmu.

3. Tempat Menyalurkan Bakat

Jika kamu adalah seseorang yang hobi menulis sesuatu seperti cerpen, puisi atau bahkan novel, maka ngeblog merupakan salah satu media yang tepat untuk menyalurkan bakat tersebut, karena dengan membangun sebuah blog maka kamu bisa mempublikasikan hasil karyamu dengan bebas tanpa adanya batasan apapun, dan tentunya yang paling penting adalah gratis.

4. Dikenal Banyak Orang

Di era digital seperti sekarang ini, menjadi terkenal bukanlah sesuatu yang sulit seperti pada beberapa dekade terakhir. Sudah banyak orang yang terkenal karena karya-karya mereka disukai oleh orang lain, contohnya adalah Raditya Dika. Orang yang sekarang lebih dikenal sebagai stand-up komedian ini memulai karirnya sebagai seorang blogger, Raditya Dika pertama kali menuai kesuksesannya lewat salah satu postingan di blog miliknya yang kemudian dijadikan sebuah buku yang berjudul "Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh" dan diterbitkan pada tahun 2005, sejak saat itu ia terus berkarya hingga menjadi seperti sekarang ini.

5. Menghasilkan Uang Lewat Blog

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ngeblog juga bisa membuat kita sukses dan menghasilkan banyak uang. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu miliki, salah satunya adalah dengan menjalin kemitraan bersama platform penyedia layanan iklan seperti Google Adsense, dengan bekerja sama dengan platform penyedia layanan iklan milik Google ini, maka kamu akan dibayar untuk setiap orang yang berkunjung dan melihat iklan yang ada pada blogmu, semakin banyak orang yang berkunjung maka akan semakin banyak pula penghasilan yang akan kamu dapatkan. Selain Adsense, kamu juga bisa bekerja sama dengan perusahaan atau orang lain dengan membuka jasa menulis produk tertentu di blog milikmu, dan mereka akan membayarmu untuk tulisan yang kamu buat.

Bagaimana Cara Memulai Sebuah Blog?

Memulai sebuah blog merupakan hal yang sangat mudah dan bahkan dapat dilakukan oleh semua orang, kamu hanya perlu memilih topik dan jenis platform yang akan kamu gunakan. Seperti yang Wandi sebutkan di awal postingan ini, ada beberapa platform blog terkenal yang gratis dan dapat kamu coba untuk memulai blog milikmu seperti Blogger, WordPress, Tumblr, Weebly dan Medium.

Untuk kamu yang ingin mencoba membuat blog, kamu bisa memilih dua platform yang paling terkenal saat ini yaitu Blogger atau WordPress. Pada platform Blogger, kamu akan memiliki alamat blog dengan akhiran ".blogspot.com", dan ".wordpress.com" untuk platform WordPress, contohnya jika kamu ingin menggunakan blog dengan nama kamu, maka nantinya blog tersebut akan memiliki alamat seperti namakamu.blogspot.com, atau namakamu.wordpress.com.

Namun jika kamu tidak ingin menggunakan alamat domain blog gratisan, kamu juga bisa melakukan upgrade domain dan memesan layanan hosting ke perusahaan yang menawarkan jasa tersebut. Salah satu perusahaan penyedia web hosting terbaik di Indonesia yang cocok kamu coba layanannya adalah DomaiNesia. Perusahaan penyedia layanan hosting DomaiNesia memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan layanan hosting lain, beberapa keunggulannya antara lain memberikan layanan hosting murah dengan resource yang mendukung, persentasi uptime yang diatas rata-rata, page load time yang cepat, dan tentunya layanan support yang baik.

DomaiNesia sendiri sudah cukup lama melayani kebutuhan hosting di Indonesia, perusahaan penyedia layanan hosting ini sudah berdiri sejak tahun 2009 dan mengklaim sudah melayani lebih dari 45.000 pelanggan di seluruh Indonesia dan mancanegara. Jadi untuk kualitasnya, penyedia layanan hosting yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kenapa DomaiNesia?

Berdasarkan penjelasan diatas, DomaiNesia merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia bukan tanpa alasan, ini karena DomaiNesia sendiri sudah beroperasi selama kurang lebih 10 tahun dan sudah melayani puluhan ribu pelanggan.

DomaiNesia memiliki banyak fitur yang tentunya menjadi keunggulan mereka, fitur tersebut antara lain menggunakan Enterprise-grade SSD, MailChannels Spam Filter, Jaminan Uptime 99,9%, Antivirus, Cloudflare, Fasilitas Backup harian, Mendukung beragam teknologi web seperti Node.js, Python, Ruby dan PHP, serta pilihan lokasi server yang beragam (Jakarta, Tokyo, Dallas, dan Singapore).

Manfaat Ngeblog di Era Digital - WandiWeb

Salah satu hal yang sangat menarik dari penyedia layanan hosting satu ini adalah; setiap paket hosting yang ditawarkannya memiliki bandwidth unlimited bahkan untuk paket yang paling murah sekalipun, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika blog atau website milikmu akan down karena kebanjiran visitor.


Paket Hosting DomaiNesia

DomaiNesia sebenarnya bukan hanya menawarkan paket cloud hosting saja, namun disini kamu juga bisa membeli produk lain seperti domain dan VPS dengan harga yang juga sangat terjangkau. Untuk layanan hostingnya sendiri, DomaiNesia menyediakan 2 tipe paket hosting yaitu paket hosting personal dan paket hosting untuk bisnis, serta satu paket tambahan yang menurut Wandi cukup menarik, yaitu paket hosting WordPress.


Paket Hosting Personal

Untuk paket hosting personal, DomaiNesia menawarkan 4 jenis paket, diantaranya paket hosting Lite, Extra, Super, dan Monster.

Manfaat Ngeblog di Era Digital - WandiWeb


1. Paket Lite
Paket hosting Lite dari DomaiNesia ini adalah jenis paket hosting dengan harga yang paling murah, paket hosting Lite ini cocok untuk kamu yang ingin memulai blog pribadi atau membuat proyek website kelas kecil hingga menengah. Untuk mendapatkan paket hosting Lite ini, kamu hanya cukup membayar sebanyak Rp 8.000 per-bulannya dan kamu akan mendapatkan layanan hosting dengan kapasitas penyimpanan 300MB untuk menampung seluruh file dan data pada blog atau website milikmu, selain itu kamu juga akan mendapatkan unlimited bandwidth dan unlimited email, namun paket hosting ini hanya dapat memuat untuk satu website saja.

2. Paket Extra
Untuk paket Extra, kamu akan mendapatkan layanan hosting dengan fitur yang lebih baik dari paket Lite, kamu hanya perlu membayar Rp 16.000 per-bulannya, maka kamu akan medapatkan layanan hosting dengan kapasitas penyimpanan 750MB (2 kali lipat lebih besar dari paket Lite), unlimited bandwidth, unlimited email, dan jumlah maksimal 5 website dalam satu hosting.


3. Paket Super
Sedangkan untuk paket hosting Super, kamu akan mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan data sebesar 2GB, unlimited bandwidth, unlimited email, unilimited jumlah website, dan juga gratis satu domain. Paket hosting Super dari DomaiNesia ini sangat cocok untuk kamu yang ingin serius mengembangkan sebuah blog atau website pribadi, kamu hanya perlu membayar Rp 32.000 per-bulannya dan kamu akan mendapatkan paket hosting lengkap beserta domainnya serta kapasitas storage yang lumayan besar.

4. Paket Monster
Paket hosting Monster ini merupakan jenis paket hosting dengan fitur terlengkap di daftar paket hosting personal dari DomaiNesia. Dengan membeli paket ini kamu akan mendapatkan cloud hosting dengan kapasitas penyimpanan 5GB, unlimited bandwidth, website dan email, serta gratis domain dan akses SSH. Untuk mendapatkan paket ini, kamu cukup membayar Rp 64.000 per-bulannya.


Paket Hosting Bisnis

Jika kamu ingin membangun website dengan target pengunjung dan konsumen yang cukup tinggi untuk memasarkan brand tertentu, maka kamu memerlukan jenis paket hosting yang memiliki fitur lebih baik dari paket hosting personal. Nah, di DomaiNesia kamu bisa mendapatkan layanan paket hosting untuk keperluan bisnis dengan 4 pilihan jenis paket yang di tawarkan, antara lain:
Manfaat Ngeblog di Era Digital - WandiWeb

1. Paket Mikro
Paket hosting Mikro ini cocok untuk website bisnis kecil hingga kelas menengah. Kamu hanya perlu membayar Rp 80.000 per-bulannya, dan kamu akan mendapatkan paket hosting dengan kapasitas storage 6GB dengan unlimited bandwidth, unlimited website, unlimited email, gratis domain, dan akses SSH. Untuk hardwarenya sendiri, paket hosting Mikro ini menggunakan CPU dual core dengan RAM 2GB.


2. Paket Mega
Paket Mega ini memiliki spesifikasi yang berada satu level di atas paket Mikro. Cukup dengan membayar Rp 160.000 per-bulannya maka kamu akan mendapatkan paket hosting bisnis dengan kapasitas storage yang lumayan banyak yaitu sebesar 12GB, dan juga unlimited bandwidth, website dan email. Sama seperti paket Mikro, Paket hosting Mega ini juga memberikan fasilitas domain gratis dan akses SSH. Begitu pula untuk hardware yang digunakannya, paket Mega ini memiliki spesifikasi yang sama seperti pada paket Mikro, yaitu menggunakan CPU dual core dan 2GB RAM.


3. Paket Giga
Paket ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang 2 kali lebih banyak dari paket Mega, yaitu 24GB! Dengan kapasitas storage sebanyak itu, kamu akan mendapatkan cukup ruang untuk menampung cukup banyak file didalam hosting milikmu. Paket hosting Giga ini cocok untuk kamu yang memiliki perusahaan atau website dengan traffic yang banyak.

Untuk mendapatkan layanan paket hosting Giga ini, kamu perlu membayar Rp 320.000 per-bulannya, maka kamu akan mendapatkan layanan hosting dengan kapasitas 24GB, unlimited bandwidth, email, website, serta gratis domain dan akses SSH. Untuk hardware, paket Giga memiliki spesifikasi yang sama seperti paket hosting Mikro dan Mega.

4. Paket Exa
Ini adalah paket hosting dengan spesifikasi terbaik sekaligus yang paling mahal dari DomaiNesia. Dengan membeli paket hosting Exa ini, kamu akan mendapatkan layanan cloud hosting dengan kapasitas yang sangat besar, yaitu 48GB SSD, unlimited bandwidth, email, website, dan tentunya gratis domain dan akses SSH. Hardware yang digunakannya sama seperti pada paket sebelumnya, yaitu CPU dual core dan RAM 2GB. Untuk mendapatkan paket hosting Extra ini, kamu perlu membayar sekitar Rp 640.000 per-bulannya.


Paket Hosting WordPress

Nah, ini adalah paket hosting yang cukup menarik menurut Wandi. Untuk kamu yang masih pemula dalam hal mengelola website, DomaiNesia menyediakan sebuah fitur yang dimanakan dengan fitur Instant Deploy, melalui fitur ini kamu bisa membuat website WordPress hanya dengan sekali klik tanpa harus melakukan konfigurasi dan install WordPress. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memilih kategori website yang kamu inginkan (dalam hal ini WordPress), pilih paket hosting dan domain, dan yang terakhir tinggal buat password + email untuk keperluan login dan pengelolaan website. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur Instant Deploy ini, silahkan masuk ke halaman Panduan Instant Deploy DomaiNesia.


Untuk jenis paketnya sendiri, paket hosting WordPress ini juga menawarkan 4 pilihan paket, dengan semua paket mendukung fasilitas unlimited bandwidth, unlimited website, dan unlimited email. Berikut rincian paketnya:
Manfaat Ngeblog di Era Digital - WandiWeb
1. Paket Super
  • 2GB space.
  • Unlimited bandwidth.
  • Unlimited website.
  • Unlimited email.
  • Gratis domain.
  • Harga Rp 32.000 per-bulan.

2. Paket Monster
  • 5GB space
  • Unlimited bandwidth.
  • Unlimited website.
  • Unlimited email.
  • Gratis domain.
  • Harga Rp 64.000 per-bulan.

3. Paket Mikro
  • 6GB space.
  • CPU dual core.
  • 2GB RAM.
  • Unlimited bandwidth.
  • Unlimited website.
  • Unlimited email.
  • Gratis domain.
  • Harga Rp 80.000 per-bulan.

4. Paket Mega
  • 12GB space.
  • CPU dual core.
  • 2GB RAM.
  • Unlimited bandwidth.
  • Unlimited website.
  • Unlimited email.
  • Gratis domain.
  • Harga Rp 160.000 per-bulan.

Untuk melakukan pembelian paket hosting di DomaiNesia, kamu bisa langsung menuju ke halaman Beli hosting murah DomaiNesia.

Kesimpulan

Ngeblog memiliki banyak sekali manfaat terutama di era digital seperti sekarang ini. Bukan hanya sebatas menuliskan ide dan isi pikiran saja, namun blogging juga bisa menjadi sarana untuk berekspresi, tempat berbagi ilmu, tempat menyalurkan bakat dan minat, serta jalan menuju kesuksesan. Sudah banyak sekali orang yang menuai suksesnya dengan dimulai dari dunia blogging, contohnya saja Raditya Dika dan masih banyak lagi.

Ngeblog merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, apalagi saat ini sudah banyak platform blog gratisan dan juga penyedia layanan hosting yang dapat membantu kita memenuhi kebutuhan tersebut, sebut saja DomaiNesia.

0 Response to "Manfaat Ngeblog di Era Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel