Cara Mengatasi Virus Iklan (Adware) di Android Tanpa Root atau Flash Ponsel

Cara Menghapus Adware atau Virus Iklan di Android — Untuk sebuah perangkat open source, android adalah sistem operasi yang sangat menguntungkan terutama bagi para developer mobile. Bagaimana tidak, hingga saat ini sistem operasi buatan google ini masih menempati urutan teratas sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone, jumlah pengguna sistem operasi android saat ini bahkan mencapai persentase 88% dengan iOS berada jauh dibawahnya dengan persentase 11,9%.

Inilah salah satu alasan kenapa banyak developer yang memulai karir mereka dengan menargetkan sistem operasi android. Aplikasi dan game-game baru bermunculan tiap harinya dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, namun kebanyakan aplikasi atau game tersebut sebenarnya tidaklah sepenuhnya gratis, untuk mendapatkan keuntungan dari hasil game dan aplikasi buatan mereka, para developer biasanya akan memasukkan iklan kedalam aplikasi atau game tersebut.

Cara Mengatasi Adware atau Virus Iklan di Android - WandiWeb

Namun yang menjadi permasalahan adalah; terkadang ada beberapa aplikasi yang sengaja disisipkan virus yang akan otomatis menampilkan iklan bahkan ketika aplikasi tersebut sudah ditutup, virus iklan ini biasanya disebut ad-malware atau adware.

Indikasi Ponsel Yang Terjangkit Virus
  • Muncul iklan atau pop-up yang tidak dapat ditutup.
  • Halaman utama pada browser Chrome berubah sendiri. 
  • Chrome membuat toolbar atau ekstensi secara otomatis tanpa diketahui.
  • Chrome otomatis membuka browser dan mengarahkan ke halaman yang tidak seharusnya.
  • Peringatan virus yang selalu muncul.

Hal ini sebenarnya dapat dengan mudah diatasi, kamu hanya cukup melakukan beberapa langkah untuk membersihkan virus-virus tersebut dari perangkat android milikmu, caranya? Simak penjelasan WandiWeb berikut ini.

Cara Mengatasi Virus Iklan (Adware) di Android

Berikut adalah 4 cara membersihkan / menghapus virus iklan alias adware pada perangkat android milikmu versi WandiWeb. Silahkan simak penjelasan admin Wandi berikut ini.


1. Uninstall / Copot Pemasangan Aplikasi Yang Mencurigakan


Cara Mengatasi Adware atau Virus Iklan di Android - WandiWeb 

Cara paling tepat untuk mengatasi virus iklan dan pop-up yang selalu muncul di ponsel android milikmu adalah dengan menghapus aplikasi yang membawa virus tersebut, karena jika aplikasi utamanya terhapus maka otomatis adware tersebut juga akan ikut terhapus. Berikut instruksinya:
  • Pertama, sebelum memutuskan untuk menghapus aplikasi yang kamu anggap virus, terlebih dahulu pastikan bahwa aplikasi tersebut adalah benar-benar biang masalahnya, karena jika kamu hanya asal menghapus maka akan percuma saja.
  • Untuk mengidentifikasi apakah aplikasi tersebut benar-benar virus, kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara membukanya dengan menyalakan koneksi internet. Jika setelah membuka aplikasi tersebut tiba-tiba ada iklan pop-up muncul dan sulit untuk dimatikan, maka sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut adalah akar permasalahannya.
  • Setelah menghapus aplikasi yang kamu anggap virus tersebut, sekarang lakukan pengecekan dengan cara menggunakan ponselmu selama kurang lebih 5 menit dalam kondisi internet masih menyala. Jika masih ada iklan yang muncul, silahkan ikuti petunjuk kedua dibawah ini.

2. Matikan Notifikasi Otomatis dari Browser


Cara Mengatasi Adware atau Virus Iklan di Android - WandiWeb 

Terkadang adware pada ponsel android bisa berasal dari browser yang kamu gunakan, ini terjadi karena secara tidak sadar browser pada ponselmu secara otomatis menerima dan menampilkan iklan pada situs-situs tertentu yang pernah kamu kunjungi. Untuk mengatasinya kamu bisa mematikan atau disable notifikasi-notifikasi tersebut pada bagian pengaturan notifikasi pada browser yang kamu gunakan. Untuk browser Chrome, lakukan langkah berikut:
  • Pertama, silahkan buka aplikasi browser Google Chrome di perangkat android yang kamu gunakan.
  • Buka alamat situs yang biasa menampilkan notifikasi.
  • Setelah itu, tap tanda titik 3 yang berada pada pojok kanan layar, kemudian pilih Setelan situs.
  • Pada bagian "Izin", klik Notifikasi dan nonaktifkan.
  • Selesai.

3. Gunakan Aplikasi Anti-Virus Seperti MalwareBytes


Cara Mengatasi Adware atau Virus Iklan di Android - WandiWeb 

Jika kamu sudah menerapkan kedua cara diatas namun perangkat ponselmu masih saja menampilkan iklan yang mengganggu, maka pilihan selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu MalwareBytes. Aplikasi ini sudah cukup popouler dan terbukti handal dalam membersihkan virus seperti adware pada perangkat android, aplikasi MalwareBytes ini juga tersedia untuk perangkat komputer Windows.

Untuk menggunakan aplikasi ini silahkan terlebih dahulu mendownloadnya di Google Play Store. Setelah terinstal maka aplikasi ini akan melakukan scanning pada perangkat yang kamu gunakan, jika terdapat virus atau aplikasi berbahaya lainnya maka MalwareBytes akan langsung memberikan laporan ke kamu dan memberimu pilihan untuk menghapus atau membiarkannya.

4. Aktifkan Play Protect


Cara Mengatasi Adware atau Virus Iklan di Android - WandiWeb 

Play Protect adalah sistem keamanan default dari Google Play, fitur ini berfungsi untuk memindai aplikasi-aplikasi yang akan kamu download pada Google Play Store, selain itu fitur ini juga akan melakukan scanning secara berkala pada seluruh aplikasi yang terinstal di ponselmu.

Jika sistem keamanan Play Protect menemukan aplikasi yang mencurigakan maka ia akan langsung membuat peringatan kepada pengguna dan memberikan pilihan untuk melakukan pencopotan (uninstall) pada aplikasi tersebut atau tidak.

Namun jika aplikasi bersangkutan sudah sangat membahayakan maka biasanya sistem Play Protect ini akan segera menghapus aplikasi tersebut secara otomatis tanpa memberikan peringatan kepada pengguna terlebih dahulu.

Sebenarnya cara-cara yang Wandi jelaskan diatas tidak terbatas hanya untuk mengatasi virus iklan saja, namun cara tersebut juga dapat membantu kamu dalam mengatasi berbagai jenis virus lainnya yang juga sangat mengganggu seperti menghambat performa atau bahkan restart otomatis.

0 Response to "Cara Mengatasi Virus Iklan (Adware) di Android Tanpa Root atau Flash Ponsel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel