Cara Mengatasi No Internet Connection/Limited Access WiFi Laptop

Connected, No Internet Connection/Limited Access Pada WiFi — Agar dapat terhubung ke internet, biasanya sebuah laptop memerlukan yang namanya koneksi WiFi atau Wireless Fidelity, namun setiap kali menggunakan layanan WiFi biasanya ada saja beberapa orang yang mengalami masalah, entah itu karena tidak bisa terkoneksi ke adapter atau malah sudah terkoneksi namun tidak dapat mengakses internet sama sekali.

Cara Mengatasi No Internet Connection/Limited Access WiFi Laptop - WandiWeb

Salah satu masalah yang paling sering WandiWeb temui belakangan ini adalah masalah laptop yang sudah terkoneksi (connected) ke WiFi namun pada logo indikator WiFinya malah tampil tanda seru (!) dengan tulisan "No internet access" atau "Limited access" padahal jika di coba koneksikan dengan menggunakan hp lancar-lancar saja. Hal ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan alias error pada software yang menghubungkan perangkat keras (hardware) adapter laptop dengan router WiFi yang terkoneksi.

Nah, untuk mengatasi masalah seperti ini kalian perlu melakukan beberapa modifikasi atau perubahan pada sistem yang mengatur lalu lintas koneksi WiFi pada laptop yang kalian gunakan, biasanya setelah di rubah koneksi laptop ke WiFi bisa kembali berjalan normal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah No internet connection tersebut:

#Cara 1
  • Pertama, buka Network and Sharing Center di laptop kalian (Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center).
  • Kemudian cari nama driver wifi yang kalian gunakan, lalu klik kanan kemudian switch ke disable.
  • Setelah berhasil di disable, sekarang kalian klik kanan lagi kemudian switch ke enable.
  • Tunggu beberapa saat kemudian silahkan koneksikan kembali WiFi seperti biasanya.

#Cara 2
Jika cara pertama diatas tidak bekerja, kalian bisa mengikuti cara kedua berikut ini.
  • Pertama, seperti halnya pada langkah pertama di cara pertama tadi, silahkan buka Network and Sharing Center dengan cara menavigasi ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Selanjutnya pilih Change Adapter Setting.
  • Kemudian pilih nama driver WiFi yang kalian gunakan lalau klik kanan dan pilih Properties.
  • Pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) kemudian ke Properties.
  • Nah, sampai disini jika kalian mencoba untuk mengoneksikan WiFi kembali maka akan terjadi error.
  • Untuk membuatnya terkoneksi secara normal kalian bisa merubah kembali internet protocol version 4 (TCP/IPv4). Di properties nya silahkan rubah kembali menjadi Obtain an IP address automatically dan Obtain an DNS address automatically.

#Cara 3
Nah, jika kedua cara sebelumnya masih gagal juga, kalian bisa melakukan cara ke-3 ini. Berikut penjelasannya:
  • Pertama, silahkan kalian buka tab Control Panel, seletah itu masuk ke menu System and Security kemudia pilih Administrative Tools.
  • Selanjutnya pilih Services.
  • Di bagian Services ini, silahkan cari DHCP Client dan DNS Client, kemudian klik restart the service.
  • Setelah itu silahkan restart laptop kalian dan hubungkan kembali ke WiFi seperti biasa.

Ketiga cara di atas sudah beberapa kali WandiWeb praktekkan dan selalu berhasil mengatasi masalah WiFi yang tidak dapat terkoneksi ke internet karena limit atau karena kesalahan software. Namun jika ketiga cara tersebut masih belum berhasil juga setelah kalian terapkan, maka cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah menginstall ulang software driver LAN pada laptop yang kalian gunakan, atau jika masih tidak mempan juga kalian bisa lakukan install ulang sistem operasi kalian.

Masalah seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk diatasi, namun kembali lagi ke masing-masing laptop yang kalian gunakan, karena tidak semua laptop memiliki masalah yang sama, maka belum tentu penyelesaian masalah yang serupa juga harus dilakukan dengan langkah yang sama persis. Usahakan agar kalian mencari akar permasalahannya (troubleshooting) terlebih dahulu sebelum mencoba menyelesaikan masalahnya.

0 Response to "Cara Mengatasi No Internet Connection/Limited Access WiFi Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel