Cara Mengatasi Download Kuota Limit di Google Drive

Error Kuota Terlampaui di Google Drive — Layanan Google Drive dari Google memang terkenal sebagai layanan hosting file gratis terbaik di dunia saat ini, hal ini karena Google Drive memberikan layanan hosting file gratis dengan kapasitas cukup besar, yaitu maksimum 15GB (upgradeable) per-usernya, selain itu kecepatan transfer datanya juga sangat cepat dan stabil. Jadi tidak heran jika kebanyakan orang lebih suka menghosting file atau mencari file untuk didownload dengan menggunakan layanan ini.

Cara Mengatasi Download Kuota Limit di Google Drive - WandiWeb

Namun Google ternyata memberikan batasan tertentu untuk file-file yang di hosting di server mereka, hal ini mungkin sudah sangat sering kalian temui ketika ingin men-download file seperti film, game atau software. Ya, terkadang kalian akan menemukan notifikasi bahwa file yang kalian tuju tidak bisa di download karena terlalu banyak pengguna yang mengaksesnya secara bersamaan. Nah, jika hal ini terjadi, maka mau tidak mau kalian harus menunggu selama setidaknya 24 jam atau sampai pengguna yang mengakses file tersebut berkurang.

Tapi tenang saja, hal tersebut bisa kalian akali dengan melakukan beberapa trik yang akan WandiWeb paparkan pada artikel ini. Disini WandiWeb akan memberikan 2 langkah yang bisa kalian lakukan, jika tips yang pertama tidak work kalian bisa mencoba cara yang kedua. Berikut penjelasannya:

#Cara 1: Salin File Yang Akan di Download ke Akun Google Drive Kalian
Untuk cara ini, kalian bisa membuat duplikat file yang akan kalian download kemudian menyimpannya di akun Google Drive kalian, berikut penjelasannya:
  1. Pertama, pastikan kalian sudah login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Google (gmail) kalian, jika belum kalian bisa membuka tab baru pada browser yang kalian gunakan lalu masuk ke url drive.google.com lalu login.
  2. Kedua, silahkan kembali ke tab download file Google Drive yang tadi terkena limit.
  3. Selanjutnya arahkan kursor ke tombol save (berbentuk logo Google Drive ukuran kecil) yang berada di pojok kanan atas, kemudian klik. Ini bertujuan untuk menambahkan dan membuat link file ke akun Google Drive pribadi yang kalian gunakan.
  4. Setelah kalian menyimpan file tersebut ke drive masing-masing, sekarang masuk ke akun Google Drive kalian kemudian klik di My Drive atau Drive Saya kemudian cari nama file yang sudah kalian simpan tadi.
  5. Sampai disini file tersebut memang sudah tersimpan di drive kalian, tapi hak aksesnya masih dimiliki oleh si uploader file tersebut, jadi link downloadnya tidak berubah dan tentunya kalian masih tidak bisa mendownloadnya, jadi untuk bisa mendapatkan akses penuh ke file tersebut kalian bisa membuat duplikatnya dengan cara klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Make a copy atau Buat salinan.
  6. Setelah berhasil membuat duplikat, kalian bisa menghapus file originalnya dan mendownload hasil duplikat file tersebut. Untuk mendapatkan link downloadnya kalian bisa klik kanan dan pilih Get a link atau Dapatkan tautan.
  7. Terakhir, kalian hanya tinggal men-download file tersebut.
Cara Mengatasi Download Kuota Limit di Google Drive - WandiWeb 
#Cara 2: Cari ID File Tersebut Kemudian Salin ke Akun Kalian
Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama, namun untuk cara kedua ini langkah-langkahnya jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan. Simak penjelasan berikut ini:
  1. Di tab file yang akan kalian download, klik pada bagian url nya kemudian cari ID file tersebut. (Contoh, url: https://drive.google.com/uc?export=download&id=idurldownloadfilegoogledrive) nah, ID file nya adalah yang bercetak tebal tersebut.
  2. Setelah itu salin url berikut ini (https://drive.google.com/file/d/ID FILE/view), ganti ID FILE dengan kode ID file yang ingin kalian download.
  3. Selanjutnya copy dan paste link tersebut ke tab baru.
  4. Terakhir, tinggal tambahkan ke drive kalian kemudian buat salinan file tersebut lalu download (langkanya persis seperti cara pertama tadi).
  5. Selesai.

Catatan: Sebelum menyimpan file tersebut ke akun google drive kalian, terlebih dahulu pastikan akun Google Drive kalian memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung file tersebut, karena kapasitas maksimum untuk akun free Google Drive hanya 15GB, jadi jika file yang akan kalian download melebihi kapasitas tersebut kalian tetap tidak akan bisa mendownloadnya.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat dan dapat memecahkan masalah kalian. Terimakasih sudah berkunjung di blog WandiWeb.

0 Response to "Cara Mengatasi Download Kuota Limit di Google Drive"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel