Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming Yang Tepat

Cara Memilih Hardware Yang Tepat Untuk Merakit PC Khusus Game — Berbicara soal pc gaming rasanya kita tidak bisa lepas dari yang namanya hardware dan hal-hal lain yang berbau teknikal pada komputer, mulai dari jenis komponen hingga spesifikasi yang dibutuhkan agar bisa menjalankan game tertentu, semuanya berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Melihat pertumbuhan game pc yang semakin lama juga membutuhkan spesifikasi yang semakin tinggi, tentunya kita membutuhkan setup rig yang juga cukup mumpuni untuk menjalankan game-game tersebut, maka dari itu kita sebagai seorang gamer harus cerdas dalam memilih jenis hardware untuk upgrading komponen pada pc gaming yang kita miliki. Ada beberapa masalah yang harus diperhatikan ketika merakit atau upgrade pc gaming kita, mulai dari hardware hingga kemungkinan bottleneck yang harus di hindari.

Nah, untuk membantu kalian yang sekarang memiliki rencana untuk merakit pc gaming, pada postingan kali ini WandiWeb akan memberikan tips bagaimana cara memilih hardware pc yang tepat untuk keperluan gaming kalian, dan tentunya anti-bottleneck!

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb 

Tips Cara Merakit PC Gaming

Oke, di post ini kita tidak akan membahas bagaimana cara menyusun hardware komputer (alias tutorial merakit komputer), tapi kita hanya akan membahas bagaimana cara agar pc yang akan kita rakit tidak mengalami masalah di kemudian hari dan juga tentunya sesuai dengan budget dan kebutuhan gaming kita. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa poin penting berikut ini:

Memilih Processor/CPU

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb 

Processor atau disingkat 'procie' atau 'proc' merupakan komponen inti dari sebuah komputer/pc, komponen ini menurut saya adalah komponen utama yang harus kalian perhatikan jika ingin merakit komputer, kenapa? Karena komponen ini jugalah yang nantinya akan menentukan jenis motherboard yang akan kalian gunakan. Untuk merakit pc gaming pastikan kalian memilih processor yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kalian, karena kalian tidak mau kan kalau semua budget habis hanya untuk membeli processor saja?, belum lagi jika terjadi ketidakseimbangan antara procie dan hardware lainnya alias bottleneck.


Untuk keperluan gaming, pilihlah processor dengan minimal 4 jumlah core seperti Intel Core i3 8100, kenapa? Karena pc alias komputer yang akan kita rakit ini akan digunakan khusus untuk gaming, maka tentunya kita membutuhkan jenis processor yang memiliki jumlah core yang sedikit namun performanya tangguh daripada jumlah core yang lebih banyak namun memiliki performa yang standar. Maka dari itu pilih procie dengan jumlah core minimal 4, atau jika pc kalian juga akan digunakan untuk editing maka kalian bisa memilih procie yang memiliki 6 atau 8 core.

Tapi jika kalian menargetgan game-game yang populer saat ini seperti PUBG, Fortnite atau Rainbow Six namun lagi-lagi kalian memiliki keterbatasan dana, maka sebaiknya kalian mencari processor minimal Core i5 generasi ke-4 (bekas) daripada jika kalian menggunakan procie Core 2 Quad LGA775 karena walaupun memiliki jumlah core yang sesuai syarat, namun jenis processor ini adalah model lama, jadi tetap saja tidak akan optimal untuk sebuah pc gaming.

Sedangkan jika kalian memerlukan pc gaming yang juga dapat digunakan untuk editing, maka kalian bisa memilih processor seperti Core i5 8500 untuk Intel, dan Ryzen 5 1400 untuk AMD. Ryzen 5 1400 sendiri jika dibandingkan dengan Core i5 8500 memiliki performa yang lebih baik untuk editing karena memiliki 8 thread, namun untuk performa gaming masih lebih baik Core i5 8500.

VGA/GPU/Graphic Card

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb

Selain processor, VGA alias graphic card juga merupakan komponen yang sangat amat penting terutama untuk keperluan gaming, karena VGA berguna untuk merender gambar saat kita bermain game, maka kalian harus memilih VGA yang juga benar-benar memiliki kinerja yang baik. Pilihlah VGA atau graphic card sesuai dengan kebutuhan kalian, kebutuhan tersebut bisa didasarkan pada jenis game yang kalian target atau jenis penggunaan pada pc kalian nantinya.

Jika ingin bermain game-game yang tidak terlalu berat seperti CSGO atau Dota 2, maka kalian cukup memilih kartu grafis entry-level saja, namun jika game yang di targetkan adalah game-game seperti PUBG, Rainbow Six atau APEX Legends, maka kalian bisa memilih kartu grafis dengan spesifikasi medium hingga high seperti Radeon RX560 dan GTX 950 atau GTX 1050ti dan Radeon RX580. Atau jika kalian memiliki budget extra, kalian bisa memilih VGA card dengan performa paling tinggi seperti RTX 2080.

Motherboard

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb 

Untuk motherboardnya, kalian harus menyesuaikan dengan jenis socket pada processor yang digunakan serta kebutuhan kalian sendiri. Jika ingin melakukan overclocking namun memiliki dana terbatas, kalian bisa memilih mobo dengan chipset A320 atau H110. Tapi jika kalian memiliki budget lebih, kalian bisa memilih mobo dengan chipset X370 di AMD Ryzen, dan Z270 di Intel LGA 1151 untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak. Pilihan lainnya adalah B250 dan H270 yang dibuat khusus untuk kalian yang tidak memerlukan overclocking.


Bukan hanya bagian processor, namun kalian juga harus memperhatikan jumlah slot RAM pada mobo yang akan kalian pakai nantinya. Jika memiliki budget lebih, usahakan agar memilih motherboard dengan jumlah slot RAM 4, ini berguna jika kalian akan melakukan upgrade nantinya. Namun jika masih terkendala di budget kalian cukup memilih mobo dengan 2 slot saja, namun tentunya kalian juga harus memperhatikan kapasitas RAM kalian nantinya.

RAM

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb

Seperti yang kita ketahui, game pc semakin lama semakin boros RAM, jadi mau tidak mau kita juga harus menyiapkan kapasitas memori RAM yang cukup besar agar bisa menjalankan game-game tersebut, namun pemilihan RAM juga harus sesuai dengan kebutuhan agar nantinya kapasitas RAM kita bisa digunakan secara optimal dan tentunya tidak menghabiskan budget yang berlebihan. Untuk game-game saat ini, minimum kapasitas RAM yang dibutuhan biasanya berada di kisaran 4GB hingga 8GB, sedangkan untuk game-game berat biasanya membutuhkan 16GB+ untuk bisa berjalan dengan baik. Namun untuk lebih efisien sebaiknya kalian memilih RAM 1x8GB per-channel jika ingin memainkan game-game berat dan populer saat ini, karena kapasitasnya sudah lumayan banyak dan juga lebih gampang upgrade jika nantinya ada game baru yang membutuhkan spek RAM yang lebih tinggi lagi.

Storage

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb 

Storage juga merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan ketika akan merakit pc khusus gaming, karena game-game sekarang ini semakin memiliki size yang kian besar, maka tentunya kita juga harus menyiapkan storage yang cukup untuk menampung semua game-game tersebut. Game-game AAA saat ini biasanya membutuhkan kapasitas memori sekitar 50 hingga 80GB, bahkan mungkin akan lebih besar lagi nantinya.


Untuk dapat menampung banyak game di dalam satu komputer, WandiWeb merekomendasikan agar kalian menggunakan media penyimpanan HDD atau SHDD dengan minimum kapasitas 1TB serta kecepatan membaca disk sekitar 7200RPM, namun jika kalian hanya ingin menginstal beberapa game saja dan ingin mendapatkan performa extra, kalian bisa memilih media penyimpanan SSD dengan kapasitas minimum 120GB, tapi akan lebih baik jika menggunakan SSD dengan kapasitas 240GB.

PSU (Power Supply)

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb 

Sangat penting untuk memilih power supply yang berkualitas untuk digunakan pada pc kita nantinya, karena jika kalian memilih power supply sembarangan maka resikonya akan berdampak pada seluruh hardware pada pc kalian. Karena akan merakit komputer yang dikshususkan untuk bermain game, maka tentunya pemakaian energinya juga akan semakin banyak, oleh karena itu maka pilihlah PSU yang dapat menyuplai daya ke seluruh hardware secara optimal agar hardware-hardware tersebut tidak rusak.


Untuk pemilihan PSU, usahakan agar memilih yang sesuai dengan kebutuhan listrik semua hardware pada pc kalian, dan tentunya usahakan agar tidak mengambil PSU dengan kapasitas daya yang terlalu banyak, selain boros listrik juga akan memakan banyak budget. Sebagai tambahan, silahkan pilih PSU yang sudah memiliki sertifikasi (80 plus).

Cooling System

Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming - WandiWeb 

Karena komputer yang kita gunakan adalah komputer khusus gaming, maka tentunya kinerjanya juga akan jauh lebih berat dari komputer biasa dan tentu saja komponen seperti processor dan vga akan mengeluarkan panas yang berlebihan. Nah, untuk meminimalisir kerusakan hardware karena overheat maka kalian membutuhkan sistem pendingin yang baik. Untuk kalian yang memiliki budget standar, kalian cukup menggunakan fan, usahakan fan yang kalian gunakan mampu optimal dalam melakukan pendinginan pada seluruh komponen komputer kalian. Jika kalian memiliki budget lebih, kalian bisa memilih sistem pendingin dengan menggunakan radiator dan cairan (water cooling system).


Sekian postingan dari WandiWeb tentang tips memilih hardware untuk merakit pc gaming kali ini, semoga dapat menjadi referensi tambahan untuk kalian. Jika ada pertanyaan, silahkan masukkan pada kolom komentar dibawah post ini.

0 Response to "Tips Memilih Hardware Untuk Merakit PC Gaming Yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel