5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Yang Layak Kamu Coba

Aplikasi Alternatif Microsoft Office — Kebanyakan aktivitas yang kita lakukan di depan komputer menuntut kita untuk bisa menggunakan software office, contohnya saja untuk membuat dokumen word, tabel data, dan presentasi kebanyakan orang pasti menggunakan software buatan dari Microsoft, yaitu Microsoft Office. Didalam paket instalasi software Microsoft Office terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu kita melakukan pekerjaan di depan komputer, contohnya saja aplikasi seperti Word, Excel, dan Power Point, semua aplikasi tersebut tergabung didalam satu produk yaitu Microsoft Office.

Namun yang menjadi permasalahan bagi beberapa orang yaitu software ini ternyata tidaklah gratis alias berbayar, jadi ketika masa trialnya habis (biasanya dalam waktu 30 hari) maka mau tidak mau pengguna harus membeli lisensi originalnya secara resmi ke Microsoft, namun lagi-lagi tidak semua orang bisa dan mau melakukannya.

5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Terbaru - WandiWeb 

Untungnya saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi alternatif selain Microsoft Office yang bisa kita gunakan dengan fitur-fitur yang sama persis. Walaupun beberapa dari aplikasi tersebut memiliki tampilan yang mungkin agak asing bagi kamu, namun tenang saja, fitur yang ada didalamnya juga cukup lengkap dan bahkan mungkin lebih lengkap dari Microsoft Office sendiri. Jika tertarik dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa mengintip 5 daftar aplikasi alternatif selain Microsoft Office yang sudah WandiWeb rangkum berikut ini.

5 Aplikasi Alternatif Microsoft Office Terbaik


1. LibreOffice


5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Terbaru - WandiWeb

LibreOffice memberikan enam aplikasi alternatif untuk menggantikan Microsoft Office, beberapa aplikasi tersebut antara lain Write (aplikasi untuk mengelola dokumen word), Calc (aplikasi untuk memproses data seperti pada Excel), Impress (aplikasi untuk membuat presentasi), Draw (aplikasi untuk membuat dan menampilkan flowchart dan jenis persentase lainnya), Base (database), dan Math (aplikasi untuk mengelola rumus matematika dan formula lainnya). Semua aplikasi tersebut kompatibel dan dapat menjalankan file-file dengan format seperti .doc, .docx, .xls, .xlsx, .ppt, dan .pptx. Selain itu, LibreOffice juga mendukung untuk format file Open Document File (ODF). Software dari LibreOffice ini dapat kamu install baik di sistem operasi Windows, Linux, atau Mac.


2. OpenOffice


5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Terbaru - WandiWeb 

Software office alternatif yang satu ini menawarkan empat aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengelola data dan membuat presentasi, keempat aplikasi tersebut adalah Word, Calc, Base dan Impress. Berbicara soal kompabiltas file, hal tersebut bukanlah masalah untuk OpenOffice, karena software ini sudah dapat membuat dan membaca hampir semua dokumen dengan tipe file office terbaru saat ini. Namun sayangnya, LibreOffice secara default menyimpan file dengan format ODF, sehingga untuk menyimpan file ke format lain kamu perlu merubah sedikit pengaturannya untuk merubah tipe filenya ke .doc atau tipe file yang lain. Saat instalasi, pengguna juga dapat memilih aplikasi apa saja yang akan di instal dari software ini, jadi jika kamu hanya membutuhkan aplikasi Word atau Calc saja maka kamu hanya tinggal menghilangkan centang pada instalasinya. Aplikasi ini juga kompatibel pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac.

3. SoftMaker FreeOffice


5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Terbaru - WandiWeb 

Software yang satu ini dapat berjalan di antara sistem operasi Windows atau Linux, pada software SoftMaker ini terdapat beberapa aplikasi seperti TextMaker (Word), Presentation (PowerPoint), dan PlanMaker (Excel). Software ini juga sudah mendukung tipe file dari Microsoft Office 2007 dan 2010. Untuk format filenya kamu tidak usah khawatir karena SoftMaker ini menyimpan file outputnya dengan format yang sama seperti pada Microsoft Office.

4. WPS Office Free


5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Terbaru - WandiWeb 

Software ini sebelumnya dikenal dengan nama Kingsoft Office Suite Free namun belakangan berganti nama menjadi WPS Office Free. Dengan software ini kamu dapat membuat dan membaca dokumen Word, membuat presentasi, dan membuat spreadsheet seperti pada Excel. Ketiga format file di WPS ini juga kompatibel dengan aplikasi Microsoft Office, sehigga kamu tidak perlu khawatir akan mengalami masalah pada format file nantinya.


5. Google Docs/Google Drive


5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Terbaru - WandiWeb 

Untuk aplikasi yang satu ini, kamu tidak perlu melakukan donwload atau instalasi apapun di komputer yang kamu miliki, karena aplikasi Google Docs ini dapat kamu akses dengan mudah di browser secara online melalui Google Drive dari Google. Aplikasi yang satu ini bahkan kompatibel untuk perangkat smartphone seperti Android dan iOS dengan pilihan aplikasi Docs, Sheet, dan Slides dengan format file yang sama seperti pada Microsoft Office, sedangkan untuk direktori output filenya sendiri, file dari aplikasi ini akan tersimpan di akun Google Drive milikmu dan dapat kamu download kapan saja.

Itulah daftar 5 aplikasi office alternatif selain Microsoft Offce terbaik menurut WandiWeb yang layak kamu coba, kelima aplikasi tersebut seratus persen gratis dan tentunya kamu tidak perlu lagi mencari crack atau apapun itu untuk membajak software-software tersebut, karena fitur-fiturnya bisa kamu dapatkan dengan cuma-cuma dan tanpa masa trial dan expired.

0 Response to "5 Software Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik Yang Layak Kamu Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel