5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik Yang Bisa Kamu Coba

Aplikasi Alternatif Adobe Photoshop — Untuk kamu yang sudah lama bergelut di dunia foto editing, tentunya pasti kamu sudah sangat mengenal yang namanya software Adobe Photoshop bukan? Aplikasi Adobe Photoshop sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe sendiri dan merupakan sebuah software berbayar, nah itu berarti bahwa software ini harus dibeli terlebih dahulu lisensinya sebelum dapat digunakan. Tapi bukan orang Indonesia namanya kalau tidak lewat jalan pintas, yaitu mencari versi crack alias bajakannya di internet.

5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik - WandiWeb 

Beberapa dari kalian mungkin lebih suka menggunakan software Adobe Photoshop versi bajakan alias cracked, namun tahukah kamu bahwa jika software yang kamu gunakan adalah versi cracked, itu berarti isi dari software tersebut sudah tidak original lagi dan sudah dimasukkan program ilegal bahkan virus. Nah, yang menjadi masalah adalah jika kamu salah mendownload file dan ternyata tersebut adalah virus, apalagi jika virus tersebut adalah virus ransomware yang dapat mengenkripsi seluruh data yang ada didalam komputermu.

Untuk menghindari hal tersebut maka tentunya kamu harus menggunakan software original dengan membelinya secara resmi. Namun lagi-lagi tidak semua orang mampu dan mau melakukannya. Nah, untungnya saat ini sudah banyak software alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan aplikasi Adobe Photoshop ini. Berikut adalah 5 daftar aplikasi alternatif gratis pengganti Adobe Photoshop versi WandiWeb terbaru.

1. GIMP

5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik - WandiWeb 

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang sangat banyak dan tentunya kamu akan mudah beradaptasi karena tampilan (UI)-nya hampir mirip dengan yang ada pada Adobe Photoshop, GIMP adalah alternatif Photoshop gratis terbaik dengan berbagai fitur seperti layer, mask, advanced filter, color adjusment, transofrm dll., semua fitur tersebut dapat kamu kustomisasi sesuai keinginanmu yang tentunya akan sangat membantu kamu dalam hal editing.


Salah satu keunikan dari aplikasi GIMP yaitu memiliki banyak fitur dan plugin yang dirancang untuk nyaman digunakan, beberapa diantaranya sudah terinstal bersamaan dengan instalasi software nya dan hanya tinggal digunakan saja. Aplikasi ini juga memiliki tool yang mirip dengan yang ada pada Photoshop seperti Liguify serta fitur yang dapat kamu gunakan untuk membuat gambar bergerak (gif).

Untuk kamu yang belum terbiasa menggunakan software ini tenang saja, karena GIMP sudah menyediakan petunjuk-petunjuk penggunaan yang berupa tutorial langkah demi langkah serta cara pemecahan masalah didalamnya.

Versi terbaru GIMP memberikan tampilan antarmuka yang lebih user-friendly dengan penempatan toolbox, pallette dan menu pada satu window yang membuatnya lebih nyaman digunakan dan memiliki tampilan yang familiar dengan Photoshop.

2. Photo Pos Pro

5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik - WandiWeb 

Aplikasi Photo Pos Pro ini mungkin akan cukup asing bagi beberapa orang. Alternatif Photoshop yang satu ini berada pada peringkat kedua pada daftar alternatif Photoshop terbaik versi WandiWeb kali ini. Aplikasi ini menawarkan interface yang sangat user-friendly dan tentunya mudah digunakan baik untuk pemula atau bahkan yang sudah ahli. Aplikasi ini memberikan fitur pemula yang akan otomatis menyesuaikan antarmuka dalam sekali klik, dan juga beberapa fitur lain yang sangat mirip dengan Photoshop, daftar menu pada aplikasi ini juga lebih intuitif jika dibandingkan dengan menu pada aplikasi GIMP yang endless.


Seperti Photoshop, aplikasi Photo Pos Pro ini juga menawarkan fitur seperti layer, mask, clone serta brush yang akan sangat membantumu dalam aktivitas foto editing. Aplikasi ini juga mendukung untuk batch editing, artinya kamu dapat mengimport gambar dari kamera atau scanner secara langsung ke software ini lalu mengeditnya yang tentunya akan sangat menghemat waktumu.

Photo Pos Pro ini juga menawarkan plugin tambahan yang bisa kamu modifikasi sesuai keinginan dan dapat kamu simpan untuk digunakan lagi nantinya.

3. Paint.NET

5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik - WandiWeb 

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan GIMP, namun aplikasi ini bisa dibilang jauh lebih mudah untuk dipelajari karena memiliki tampilan yang juga lebih sederhana.


Aplikasi Paint.NET ini adalah sebuah aplikasi open source alternatif Photoshop yang merupakan pengembangan dari aplikasi Paint buatan Microsoft yang biasanya ada pada Windows.

Sama seperti GIMP dan Photo Pos Pro, aplikasi Paint.NET juga menawarkan pilihan filter otomatis yang sangat baik serta berbagai macam tool pengeditan. Di aplikasi ini kamu juga dapat menggunakan layer, namun untuk mask kamu harus memasang plugin tambahan untuk mendapatkan fitur tersebut. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti batch editing dan tool clone.

4. Pixlr Editor

5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik - WandiWeb 

Aplikasi Pixlr Editor ini merupakan aplikasi alternatif Photoshop yang tidak biasa, aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh perusahaan AutoDesk yang juga merupakan pengembang dari aplikasi AutoCad, yaitu software untuk mengelola gambar 3D. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform seperti web, smartphone dan desktop.


Pixlr Editor menawarkan berbagai macam fitur dan tool seperti sharpen, unsharp mask, blur, noise, levels dan curves. Namun yang menjadi kekurangan aplikasi ini adalah bahwa aplikasi ini menampilkan iklan yang cukup besar pada sisi kanan layar yang akan sangat membatasi ruang kerja kita, sehingga untuk kamu yang tidak terbiasa mungkin kamu akan merasa tidak nyaman dengan adanya iklan tersebut.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam tool seperti yang ada pada GIMP antara lain brush, fill, selection, healing dan clone stamp.

5. Adobe Photoshop Express

5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik - WandiWeb

Aplikasi ini merupakan aplikasi editor standar yang ringan dan cocok untuk perangkat dektop seperti Windows serta perangkat lain seperti Android dan iOS. Adobe Photoshop Express sendiri merupakan versi minimalis dari Adobe Photoshop yang biasa kalian gunakan.


Diantara kelima daftar alternatif Photoshop pada postingan ini, Adobe Photoshop Express merupakan aplikasi yang memiliki fitur paling sedikit. Namun bukan berarti software ini tidak worth untuk digunakan hanya karena fitur yang ada didalamnya tidak terlalu banyak.

Aplikasi ini menawarkan fitur minimalis untuk editing yang profesional dan tentunya cocok untuk pengguna touch screen. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti contrast, exposure, white balance yang memungkinkan kita untuk melakukan editing dengan hanya satu kali klik.

Yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya dukungan plugin tambahan sehingga membuat fiturnya menjadi biasa-biasa saja. Aplikasi ini juga tidak menyediakan layer atau brush, namun tampilannya yang sederhana dan ringan membuatnya kompatibel untuk hampir seluruh perangkat dan tentunya mudah digunakan.

Itulah daftar 5 aplikasi alternatif Adobe Photoshop versi WandiWeb yang layak kamu coba, jika kamu masih penasaran seberapa "worth it" kah aplikasi-aplikasi tersebut, silahkan kamu coba sendiri dengan mengunduhnya di situs resminya masing-masing.

0 Response to "5 Software Alternatif Adobe Photoshop Gratis Terbaik Yang Bisa Kamu Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel