Cara Mengetik Cepat Dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Cara Menguasai Skill Mengetik Cepat Dengan 10 Jari Tanpa Harus Melihat Keyboard — Mengetik cepat merupakan salah satu kemampuan yang wajib untuk di kuasai oleh setiap orang saat ini, mengapa? Karena dengan memiliki kemampuan tersebut, seseorang tentunya akan terlihat lebih profesional dan otomatis akan memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kemampuan mengetik sama sekali.

Teknik Mengetik Cepat Dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard - WandiWebNamun untuk dapat menguasai kemampuan mengetik cepat dengan sepuluh jari tanpa melihat keyboard bukanlah hal yang instan, kalian harus rutin berlatih untuk mengasah dan meningkatkan kecepatan serta ketepatan jari-jari kalian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi atau menghindari typo (salah ketik) yang berlebihan serta membuat kalian terbiasa dengan tombol pada keyboard komputer.

Jika kamu masih pemula, mungkin kamu akan mengalami sedikit masalah seperti jari tangan kaku, salah ketik, dan lainnya, tapi tenang saja karena itu adalah hal yang biasa, jika kamu terus berlatih paling tidak sekitar 2 hingga 3 minggu secara rutin, bisa di pastikan hal-hal tersebut akan perlahan menghilang dan kamu akan terbiasa dengan tombol keyboard.

Khusus untuk kalian yang masih pemula, di postingan ini WandiWeb akan memberikan sedikit tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan mengetik cepat dengan 10 jari tanpa harus melihat keyboard terus menerus.

Tips dan Trik Untuk Menguasai Teknik Mengetik Cepat Dengan 10 Jari

1. Posisikan Tangan Dengan Benar
Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk dapat mengetik dengan lancar adalah kalian harus belajar memposisikan jari-jari tangan kalian di atas keyboard. Setiap kali akan memulai mengetik, pastikan kalian meletakkan jari kalian di posisi yang benar. Berikut adalah beberapa titik dimana kamu harus meletakkan jari tangan di atas keyboard:

Tangan kanan
  • Jari telunjuk, letakkan di atas tombol J, area cakupan tombol untuk jari telunjuk kanan adalah Y, H, N, U, J, M, 7, 8.
  • Jari tengah, letakkan di atas tombol K, area cakupan tombol untuk jari tengah kanan adalah L, K, koma dan titik dua.
  • Jari manis, letakkan di atas tombol L, area cakupan tombol untuk jari manis kanan adalah L, O, titik+> dan 9.
  • Jari kelingking, letakkan di atas tombol titik koma, area cakupan tombol untuk jari kelingking kanan adalah titik koma, P, slash, petik, ENTER, BACKSPACE serta tombol lainnya yang berada di dekat jari kelingking.
  • Ibu jari, letakkan di atas tombol SPASI, area cakupan tombol untuk ibu jari kanan adalah SPASI dan ALT.

Tangan kiri
  • Jari telunjuk, letakkan di atas tombol F, area cakupan tombol untuk jari telunjuk kiri adalah E, F, V, T, G, B, 5, 6.
  • Jari tengah, letakkan di atas tombol D, area cakupan tombol untuk jari tengah kiri adalah E, D, C, 4.
  • Jari manis, letakkan di atas tombol S, area cakupan tombol untuk jari manis kiri adalah W, S, X, 2, 3.
  • Jari kelingking, letakkan di atas tombol A, area cakupan tombol untuk jari kelingking kiri adalah A, Q, Z, 1, CAPSLOCK, TAB, SHIFT dan CTRL.
  • Ibu jari, letakkan di atas tombol spasi, area cakupan tombol untuk ibu jari kiri sama halnya dengan area cakupan ibu jari kanan, yaitu untuk menekan tombol SPASI dan ALT.

Berikut adalah gambar rincian penempatan jari-jari tangan pada keyboard yang baik dan benar:
Teknik Mengetik Cepat Dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard - WandiWeb

2. Buat Jari Tangan Terbiasa Dengan Tombol Keyboard
Setelah kalian mengetahui posisi dimana kalian harus menempatkan jari-jari tangan, bukan berarti kalian sudah dapat mengetik dengan cepat, kalian masih harus berlatih terus menerus untuk membuat jari tangan kalian terbiasa serta hafal letak setiap huruf, angka dan simbol yang ada pada keyboard. Untuk membuat jari tangan kalian terbiasa dengan tombol keyboard, kalian dapat mulai berlatih dengan mengetik beberapa paragraf di Notepad atau MS Word.

Untuk membuatnya lebih menantang dan menyenangkan, kalian bisa mencoba beberapa variasi latihan seperti permainan mengetik, ada beberapa aplikasi gratis yang dapat membantu kalian meningkatkan kemampuan mengetik, contohnya Rapid Typing, Stamina Typing, Kiran's Typing Tutor dll., bahkan saat ini juga sudah banyak situs online yang menyediakan fasilitas permainan mengetik 10 jari yang cukup ampuh untuk meningkatkan kemampuan mengetik kita, contohnya adalah 10 Fast Fingers, Typeracer dll.

Lakukan latihan mengetik setidaknya 2 hingga 3 minggu secara teratur untuk mengasah kemampuan mengetik kalian. Jika kalian sudah menerapkan hal tersebut, maka bisa dipastikan kalian sudah bisa lancar mengetik dengan menggunakan 10 jari dan tanpa melihat keyboard.

Untuk lebih memaksimalkan kemampuan mengetik kalian, usahakan agar kalian berlatih dengan menggunakan keyboard komputer (bukan laptop), karena menurut WandiWeb, keyboard komputer memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan keyboard pada laptop, jadi jika kalian sudah terbiasa dengan keyboard komputer, maka otomatis kalian juga akan terbiasa dengan keyboard pada laptop.

3. Belajar Dengan Menggunakan Jenis Keyboard Yang Berbeda
Jenis keyboard sebenarnya terdiri dari beberapa variasi bentuk dan desain, beberapa jenis keyboard tersebut diantaranya adalah keyboard QWERTY, DVORAK, ALPHABETIC dll,. Namun, pada umumnya kita menggunakan keyboard dengan desain QWERTY, jenis keyboard ini merupakan keyboard standar yang dipakai di seluruh dunia untuk setiap perangkat baik yang berbentuk fisik maupun virtual. Keyboard QWERTY sendiri memiliki beberapa variasi yang mempunyai sedikit perbedaan pada letak simbolnya, nah untuk membuat kalian terbiasa dengan perbedaan letak simbol tersebut, maka usahakan agar kalian menggunakan keyboard yang berbeda-beda. Menguasai dan menghafal letak simbol pada keyboard akan sangat berguna jika kalian ingin menjadi seorang programmer profesional, mengingat programming sendiri dilakukan dengan mengetik bahasa pemrograman yang notabene adalah simbol-simbol unik yang membuatnya jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan mengetik kalimat biasa.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan kemampuan mengetik versi WandiWeb. Jika kalian memiliki kesulitan atau sebuah pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah post ini, admin akan senang jika dapat membantu memecahkan masalah kalian. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengetik Cepat Dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel