Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game

Daftar Istilah Pada Setting Grafis Game Yang Sering Kita Temukan, Seperti Anti-Aliasing dll. – Setiap orang memiliki kebiasaan mereka masing-masing ketika pertama kali memainkan sebuah video game, kebiasaan terebut biasanya berbeda-beda tergantung dari orang itu sendiri. Ada yang ketika pertama kali bermain game langsung melakukan setting kofigurasi kontrol, ada yang melakukan setting grafis, dan ada juga yang bahkan langsung memainkan gamenya tanpa merubah setting apapun pada game tersebut.

Mungkin yang paling sering dan paling banyak di lakukan oleh seseorang sebelum memainkan video game adalah melakukan setting grafik untuk menyesuaikan tampilan game dengan kebutuhan dan spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing perangkat. Contohnya saja, beberapa game seperti PUBG, PUBG Mobile, CSGO dan lainnya memiliki requirements yang cukup tiggi sehingga tidak semua perangkat akan mempu menjalankannya dengan lancar, maka dari itu tentu saja kita membutuhkan yang namanya setting grafis agar game tersebut bisa dimainkan tanpa lag atau shuttering.

Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

Untuk istilah-istilah umum seperti FPS atau Resolution mungkin sudah sering kalian temukan dan tentunya kalian pasti sudah paham arti dari kedua istilah tersebut bukan? Namun bagaimana dengan istilah lain yang belum pernah kalian dengar seperti anti-aliasing atau MSAA? Walaupun mungkin kebanyakan orang sudah mengetahuinya, namun tetap saja masih banyak yang belum tau bahkan salah mengartikannya. Nah, maka dari itu, admin WandiWeb akan sedikit memberikan penjelasan tentang beberapa istilah-istilah pada settingan video game yang mungkin belum kalian ketahui sebelumnya.

Texture
Texture atau jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti "tekstur", merupakan istilah untuk mengatur tingkat ketelitian/detail permukaan suatu objek seperti benda atau lingkunan sekitar di dalam video game. Semakin tinggi detail texture maka tampilan pada game yang dimainkan juga akan semakin realistis dan bagus, namun semakin tinggi detail texture yang diterapkan maka GPU atau VGA akan bekerja semakin keras dan tentunya akan membuat game tersebut menjadi lebih berat.


Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

 

Resolution

Resolution atau resolusi adalah istilah untuk mendeskripsikan jumlah pixel pada sebuah monitor. Contohnya, jika pada setting grafis terdapat pilihan resolusi 1366 x 768, itu berarti game yang dijalankan akan menggunakan panjang pixel 1366 dan lebar 768 (panjang kali lebar). Semakin tinggi jumlah resolusi maka gambar yang dihasilkan akan semakin halus, namun tentunya tidak semua monitor mendukung resolusi tinggi, semakin tinggi resolusi yang digunakan maka proses rendering juga akan semakin berat. Resolusi sendiri memiliki beberapa istilah khusus seperti 8k, 6k, 4k, 1080p, 720p dll.
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

 

FPS

FPS merupakan singkatan dari frame per second yang artinya adalah jumlah frame yang di tampilkan per-detik oleh layar atau monitor. Jumlah fps dapat di atur sesuai kebutuhan dan kemampuan hardware, contohnya jika fps menunjukkan angka 30 maka layar atau monitor akan menampilkan 30 frame gambar setiap detiknya. Semakin tinggi jumlah fps maka movement atau gerakan yang dihasilkan akan semakin halus, begitu pula sebaliknya, semakin rendah jumlah fps maka movementnya juga akan menjadi semakin kasar atau bahkan patah-patah. Perlu kalian ketahui, semakin banyak fps yang kalian terapkan maka perangkat yang kalian gunakan juga akan bekerja semakin keras, dan tentunya ini akan menyebabkan lag jika perangkat tersebut tidak memiliki spesifikasi yang mendukung.
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

 

Refresh Rate

Refresh Rate adalah kemampuan monitor untuk memperbarui (refresh) pixel per-detik. Kecepatan refresh rate dihitung dalam satuan hertz (Hz). 1 Hz sama dengan 1000 kali per-detik. Jadi, semakin tinggi angka hertz, maka akan semakin baik pula kinerja monitor tersebut.
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

 

Anti-Aliasing

Anti-aliasing merupakan pengaturan yang berfungsi untuk meminimalisir efek aliasing atau efek kotak-kotak/pecah-pecah suatu objek di dalam game. Efek aliasing biasanya akan terlihat dengan jelas pada objek yang berbentuk diagonal saat kita menggerakkan kamera.
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb
Pengaturan anti-aliasing berfungsi untuk melakukan filter pada warna pixel disekitar obyek yang terlihat pecah-pecah agar objek tersebut terlihat lebih halus. Menerapkan anti-aliasing akan membuat GPU atau VGA bekerja lebih keras. Setting tingkatan anti-aliasing sendiri ada beberapa level seperti 2x, 4x atau 12x. Anti-aliasing juga memiliki beberapa tingkatan yang berbeda-beda.

Baca juga: Apa Itu Sarkasme (Sarcasm)? Kenapa Orang-orang Suka Sarkas?

Berikut adalah beberapa tipe anti-aliasing yang mungkin sering kalian temukan pada setting grafis game:

1. MSAA (Multisampling Anti-Aliasing)
MSAA adalah tipe anti-aliasing yang paling sering digunakan oleh kebanyakan game. MSAA di aplikasikan pada bagian frame yang mungkin terlihat patah-patah dan bukan pada seluruh objek frame, hal ini menyebabkan MSAA terkadang masih menampilkan efek pecah-pecah pada beberapa bagian objek tertentu.

2. FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing)
FXAA merupakan tipe anti-aliasing (AA) yang tidak terlalu banyak menggunakan kinerja GPU. FXAA membuat frame yang ditampilkan untuk mengurangi aliasing secara cepat. Namun FXAA akan membuat gambar terlihat blur atau kabur.

3. TXAA (Temporal Anti-Aliasing)
TXAA bisa dikatakan sebuah modifikasi dari MSAA. TXAA ini berfungsi untuk menyempurnakan frame yang sudah ditampilkan menjadi lebih baik. TXAA sendiri dibuat oleh Nvidia, sehingga TXAA ini akan lebih optimal jika diterapkan pada perangkat yang menggunakan hardware Nvidia. Jika Nvidia punya TXAA, maka AMD punya MLAA.

VSync (Vertical Synchronization)

VSync merupakan sebuah setting yang berguna untuk mengatasi terjadinya screen tearing atau refresh rate yang tidak sesuai dengan fps. Contohnya, misalkan maksimum fps adalah 60 pada monitor 60Hz. Pada saat fps berkurang, VSync ini akan langsung melakukan lock ke 15, 20 atau 30 fps untuk mencegah terjadinya screen tearing.
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

 

Ambient Occlusion

Ambient occlusion merupakan efek yang membentuk bayangan di sisi tertentu pada suatu objek. Ambient occlusion ini memproses bayangan yang yang disebabkan oleh beberapa cahaya seperti flashlight atau efek api.
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb

 

Anisotropic Filtering

Anisotropic Filtering akan membuat tekstur sebuah objek yang berada pada jarak yang jauh terlihat jelas dan lebih merata. Semakin tinggi level Anisotropic Filtering maka objek yang berada pada jarak yang jauh tersebut akan terlihat lebih jelas. 

Tessellation

Tessellation merupakan setting yang akan membuat permukaan tidak di render sepenuhnya menjadi lebih detil. Tessellation ini biasanya dapat di terlihat jelas pada objek yang memiliki tekstur bergerigi. Tesselation ini memerlukan VGA atau GPU yang support DirectX 11. 
Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game - WandiWeb 

Itulah beberapa istilah di dalam grafis pada sebuah video game yang mungkin sering kita temui, semoga informasi ini bermanfaat. Jika kalian memiliki pertanyaan atau bahkan kritik dan saran yang berkaitan dengan post ini, silahkan kalian tuliskan pada kolom komentar dibawah. Admin WandiWeb akan selalu senang menjawab pertanyaan dari para pengunjung situs ini. Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Anti-Aliasing dan 9 Istilah Grafis Lainnya Yang Sering Ditemukan Pada Game"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel