Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10

Cara Mematikan atau Mencegah Windows 10 Yang Update Otomatis (Auto Update) Terbaru - Melalui Windows 10, Microsoft menerapkan sistem auto-update sistem operasi ke versi terbaru setiap dilakukan rilis atau perbaikan oleh tim mereka. Hal ini bertujuan untuk mengupdate database serta memperbaiki bug yang ada pada sistem operasi windows 10 tersebut, tapi yang paling sering dan paling banyak mereka lakukan adalah memberikan update terhadap sektor sistem keamanan, hal ini sendiri bertujuan untuk mengatasi masalah seperti pencurian data dan kejahatan-kejahatan lainnya.

Namun update otomatis ini seringkali memaksa user untuk melakukan update tanpa di berikan pilihan untuk menolak atau menunda update tersebut, hal ini tentu saja sangat mengganggu apabila kita sedang mengerjakan sebuah project pada komputer, karena biasanya update windows akan memakan waktu yang cukup lama serta reboot beberapa kali, di tambah lagi jika kita tidak berada pada area wifi, kuota internet akan terkuras karena proses ini.

Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10 - WandiWeb.com

Sebenarnya Microsoft sendiri tidak memberlakukan force-update atau memaksa user mereka untuk melakukan update, artinya kita masih bisa melakukan setting untuk memilih mau update sistem atau tidak. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk men-disable auto update dari windows 10, untuk selengkapnya silahkan baca penjelasan di bawah ini;

Cara Disable Auto Update Windows 10

Cara Pertama: Mematikan Update Otomatis Pada Windows Update Service
Metode ini cukup mudah dilakukan, namun memiliki kekurangan, metode ini akan mencegah update otomatis jika user sedang online, namun sistem akan mengaktifkan kembali dirinya sendiri setelah jangka waktu tertentu. Berikut petunjuknya.
  • Tekan tombol Windows + R di keyboard secara bersamaan untuk menampilkan kotak RUN. Kemudian ketik services.msc dan tekan ENTER.
Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10 - WandiWeb.com
  • Gulir ke bawah menggunakan mouse dan cari service dengan nama Windows Update dan double-click untuk menampilkan menu.
Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10 - WandiWeb.com
  • Pada bagian Startup type pilih Disabled dan klik Apply dan OK.
Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10 - WandiWeb.com

Cara Kedua: Mematikan Update Otomatis di Group Policy Editor
Fitur Group Policy Editor ini tidak tersedia pada versi Home, fungsi ini hanya terdapat pada versi windows 10 Professional, Enterprise, atau Education. Kalian dapat menggunakan fitur group policy editor untuk mengubah pengaturan update otomatis pada windows 10. Group policy editor akan memberitahu jika ada update terbaru tanpa 'memaksa' kita untuk melakukan update secara otomatis. Berikut penjelasannya.
  • Tekan tombol Windows + R seperti pada cara pertama untuk membuka kotak RUN. Kemudian ketik gpedit.msc untuk membuka menu Group Policy Editor.
  • Kemudian masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.
  • Klik dua kali pada Configured Automatic Updates.
  • Pilih Disabled pada menu bagian kiri lalu Apply dan klik OK untuk menonaktifkan windows update.
Catatan: Jika kalian mau melakukan update sistem nantinya, kalian bisa mengulangi langkah-langkah di atas dengan merubah pilihan Disabled menjadi Enabled.

Cara Ketiga: Mematikan Update Otomatis Windows dengan Metered Connection
Cara mematikan auto update dengan metered connection ini tidak dapat di terapkan jika kalian berada pada posisi Ethernet connection (LAN). Cara ini bisa kalian terapkan jika kalian menggunakan wifi namun tidak ingin melakukan update sistem, cara ini bertujuan untuk membatasi koneksi wifi. Berikut caranya.
  • Klik tombol Start pada bagian kiri desktop kemudian pilih Settings.
  • Klik Network and Internet.
Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10 - WandiWeb.com
  • Klik WiFi dan pilih nama perangkat wifi yang terhubung.
  • Pada bagian Metered Connection, ubah  Set as metered connection menjadi ON.

Cara Keempat: Mematikan Update Otomatis dengan Merubah Registry
Catatan: Merubah pengaturan pada registry editor adalah sangat vital, jika kalian melakukan kesalahan sedikit saja maka akan terjadi error pada beberapa sistem di windows, maka dari itu admin sarankan untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam melakukan perubahan pada registry editor kalian. Berikut penjelasan cara mematikan auto update pada windows 10 di registry editor.
  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak RUN. Ketik regedit dan tekan ENTER untuk membuka registry editor.
  • Cari path berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows
  • Klik kanan pada folder Windows, pilih New, dan klik Key.
  • Beri nama key tersebut dengan WindowsUpdate kemudian tekan ENTER.
  • Klik kana pada key yang sudah di buat tadi kemudian pilih New dan klik Key.

Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10 - WandiWeb.com
  • Beri nama key baru tersebut dengan AU dan tekan ENTER.
  • Di dalam key yang sudah di buat tersebut kemudian klik kanan (pada tab kanan), pilih New dan klik pada DWORD (32-bit) Value.
  • Beri nama pada key tersebut dengan AUOptions dan tekan ENTER.
  • Klik dua kali pada key yang sudah dibuat tersebut dan rubah value-nya menjadi 2. "Ini untuk pemberitahuan download dan pemberitahuan install." Terakhir klik OK.
  • Tutup registry editor. Selesai.

Cara ini berguna untuk mencegah Windows 10 melakukan download update secara otomatis, dan kalian akan mendapatkan notifikasi jika update versi terbaru tersedia. Cara ini sangat efektif untuk mencegah auto update atau update otomatis dari windows 10.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah atau mematikan update otomatis pada sistem operasi windows 10 yang bisa WandiWeb.com  paparkan kali ini. Namun jika sudah terlanjur melakukan proses update (di laptop), tapi prosesnya terlalu lama dan kalian memutuskan untuk menghentikan update windows 10 yang sedang berjalan tersebut, kalian bisa menghentikannya untuk sementara waktu dengan menutup layar laptop; namun bila proses berhenti berjam-jam kalian bisa menekan tombol power selama beberapa detik untuk melakukan reset.

0 Response to "Cara Mematikan Auto Update Sistem di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel