ASUS Zenfone Max M2, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming

Asus Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Terbaik Untuk Mobile Gaming dengan Harga Terjangkau – Pada akhir tahun 2018 lalu, Asus kembali memperkenalkan seri smartphone gaming terbaru mereka, yaitu Asus Zenfone Max Pro M2. Ponsel ini kemudian memiliki pilihan varian reguler yang lebih murah dan diluncurkan pada saat yang sama, yaitu Asus Zenfone Max M2 dengan kode ZB633KL namun tanpa adanya label "Pro" pada namanya. Walaupun terkesan lebih rendah, tapi bukan berarti Zenfone Max M2 ZB633KL ini juga memiliki performa yang rendah. Khusus pada artikel ini kita akan membahas tentang performa, keunggulan, serta review singkat Asus Zenfone Max M2 ZB633KL.

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb

Smartphone Asus Zenfone Max M2 ZB633KL hadir dengan performa gaming yang lebih tangguh dari seri sebelumnya yaitu Asus Zenfone Max Pro M1. Asus Zenfone Max M2 ini ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 632 yang merupakan pembaruan dari seri terdahulu, yaitu Qualcomm Snapdragon 625 dan Snapdragon 626. Dengan ditanamkannya chip ini, Asus Zenfone Max M2 menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 632 saat ini.

Ponsel ini tampak cukup keren dan cocok untuk di gunakan sehari-hari karena desainnya yang stylish serta modern, dan tentunya yang menjadi poin utama dan paling penting adalah; Asus Zenfone Max M2 ini memiliki performa yang sangat tangguh untuk keperluan bermain game-game berat seperti Garena Free Fire, PUBG Mobile, atau Call of Duty Legends.

Desain

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb
Dari segi desain, Asus ZenFone Max M2 ZB633KL ini memiliki berat 160 gram dengan model yang tipis dan ramping dengan ketebalan 7.7mm, ini lebih tipis jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Zenfone Max Pro M1 yang memiliki ketebalan hingga 8.5mm. Meski hadir dengan desain yang lebih tipis, smartphone ini tetap memiliki performa yang lebih powerful serta kapasitas baterai yang besar, dan yang paling penting, ponsel ini sangat nyaman digunakan pada mode landscape saat sedang bermain video game.

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb
Dimensi layar dan berat Asus Zenfone Max M2

Ponsel ini menggunakan body dan case berbahan metal premium yang kuat dan nyaman di genggam, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Sedangkan untuk tepiannya, frame Asus Zenfone Max M2 ini terbuat dari bahan plastik solid yang mengelilingi seluruh bodinya, dan yang lebih menariknya lagi, ponsel ini memiliki rasio screen-to-body 80% yang membuat tampilannya nampak lebih stylish dan modern. Dari segi struktur, ponsel ini memiliki desain kamera, LED flash serta sensor fingerprint yang sama persis seperti Asus Zenfone Max Pro M1, sehingga ketika di lihat sekilas dari belakang, ponsel ini akan terlihat mirip dengan pendahulunya tersebut.

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb
Tampilan belakang, atas dan bawah.


Tampak pada bagian depannya, Asus Zenfone Max M2 ini memiliki design on-screen button dengan tampilan yang dilengkapi flash light, sensor proximity, sensor ambient light, kamera, dan layar full HD+ curved glass 2.5D dengan lebar 6.3 inch.

Pada bagian kanannya, di ponsel ini diletakkan tombol volume dan tombol power, sedangkan di bagian kirinya terdapat microphone, slot SIM 1 dan SIM 2 serta microSD dedicated slot. Pada bagian atas smartphone Asus Zenfone Max M2 ini juga terdapat mic dan port audio jack dengan diameter 3.5mm, sedangkan pada bagian bawahnya, pada ponsel ini diletakkan built-in speaker dan konektor USB.

Display

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb 

Salah satu hal yang harus diperhatikan seseorang ketika memilih sebuah smartphone gaming, selain performa adalah resolusi serta kualitas layar dari smartphone itu sendiri. Asus Zenfone Max M2 ZB633KL hadir dengan layar berukuran 6,3 inch 2.5D curved glass dengan aspek rasio 19:9 dan resolusi HD+ (720 x 1520 pixel) berteknologi kapasitif IPS serta mendukung 16 juta warna. Kualitas layar Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini sangat baik dengan respon touchscreennya yang handal dan akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya ketika sedang bermain video game.

Performa dan Memori

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb
Dari segi performa, smartphone gaming yang satu ini tentu sangatlah handal, ponsel ini memiliki kinerja yang powerful dengan ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 632 dan processor octa-core Kryo 250 yang memiliki clock speed 1,8GHz serta dukungan kartu grafis (GPU) Andreno 506 yang membuatnya menjadi semakin gahar. Sedangkan untuk bagian memori, Asus Zenfone Max M2 ini hadir dengan dua pilihan kapasitas, yaitu RAM 3GB + ROM 32GB, dan RAM 4GB + ROM 64GB.

Semua spesifikasi tersebut kemudian di dukung oleh sistem operasi Android 8.1 (Oreo) Pure yang ringan. Sebagai informasi, android pure merupakan sistem android murni dari google yang tidak di modifikasi sama sekali oleh vendor ponsel (dalam hal ini adalah Asus) sehingga tidak ada fitur tambahan yang akan membuat ponsel menjadi lebih berat, jadi bisa dipastikan smartphone Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini akan lebih ringan dan enak digunakan untuk bermain video game.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini merupakan smartphone gaming pertama yang menggunakan SoC Snapdragon 632 di Indonesia. Snapdragon 632 adalah chip produksi baru dari Qualcomm yang merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya, yaitu Snapdragon 625 dan Snapdragon 626. Menurut Qualcomm sendiri, snapdragon 632 ini memiliki performa 40% lebih baik jika di bandingkan dengan kedua seri tersebut. SoC ini juga diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14nm yang membuatnya hemat baterai serta tidak panas.

Dengan spesifikasi tersebut, Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini memiliki performa gaming yang sangat mumpuni yang tentunya akan mendukung game-game berat dan populer saat ini seperti Garena Free Fire, PUBG Mobile, Mobile Legends, Call of Duty Legends dan lain-lain.

Baterai

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb
Untuk kebutuhan gaming, pastinya setiap smartphone harus dilengkapi dengan dukungan baterai yang kuat serta tahan lama. Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini sendiri dibekali dengan baterai lithium-polymer tanam berkapasitas yang besar, yaitu 4000 mAh. Baterai dengan kapasitas besar ini membuat Asus ZenFone Max M2 mampu bertahan pada mode idle di jaringan 4G selama 33 hari penuh, menonton video selama 21 jam, dan browsing dengan WiFi selama 22 jam. Sedangkan untuk aktivitas gaming, baterai dengan kapasitas 4000 mAh ini mampu bertahan selama 8 jam non-stop tanpa diisi ulang.

Kamera

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming - WandiWeb 

Pada sektor kamera, smartphone Asus Zenfone Max M2 ini didukung kamera belakang ganda dengan resolusi 13 megapixel serta sensor BSI 1/3.06 inch 1.12um pixel dan juga aperture lens f/1.8 yang cocok untuk pengambilan gambar pada cahaya minim, dan tentunya ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection, auto-fokus dan LED flash, ponsel ini juga mendukung AI Scene Detection yang membuatnya mampu mengenali 13 jenis foto yang berbeda. Pada bagian depannya, ponsel ini dilengkapi dengan kamera 8 megapixel dengan sensor BSI 1.12um pixel serta aperture lens f/2.0 fixed focus dan LED flash untuk mendukung aktivitas foto selfie.

Harga

Dari segi harga, smartphone Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini tergolong sebagai smartphone gaming dengan harga yang cukup murah, karena jika dilihat dari spesifikasinya, ponsel ini memiliki performa yang cukup gahar dan lebih powerful jika dibandingkan dengan produk sejenis dengan harga yang sama. Untuk Asus Zenfone Max M2 ZB633KL dengan kapasitas RAM 3GB + ROM 32GB, ponsel ini di banderol dengan harga Rp 2.299.000, sedangkan untuk pilihan kapasitas RAM 4GB + ROM 64GB, ponsel ini di patok dengan harga Rp 2.699.000.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Asus Zenfone Max M2 ZB633KL merupakan smartphone gaming yang memiliki performa yang handal serta harga yang terjangkau. Dengan ditanamkannya chip Qualcomm Snapdragon 632 pada perangkatnya, performanya menjadi lebih baik dan juga tidak mudah panas, ditambah lagi dengan sistem operasi (OS) android pure 8.1 yang terinstall, membuat smartphone ini menjadi lebih ringan dan nyaman digunakan. Baterai yang tahan lama yang sangat powerful serta resolusi kamera yang mumpuni semakin membuat ponsel yang satu ini menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel sejenis di pasaran.

Spesifikasi Asus Zenfone Max M2


Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL
Konektivitas
JaringanGSM / WCDMA / FDD-LTE / TDD-LTE
LTELTE Cat 5 UL 75Mbps / Cat 6 DL 300Mbps (A, B version)
DC-HSPA+UL 5.76Mbps / DL 42Mbps
Hardware & System
OSAndroid 8.1 (Oreo) pure
ChipsetQualcomm Snapdragon 632 (fabrikasi 14nm)
CPUOcta-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPUAdreno 506
Body
Dimensi158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.26 x 3.00 x 0.30 in)
Berat160 gram
WarnaMidnight Black, Space Blue, Meteor Silver
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.3 inches (~88% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)
MultitouchYa
SensorsRear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Memory
RAM3GB / 4GB
ROM32GB / 64GB
Card slotUp to 2TB
Kamera
Belakang13 MP, f/1.8, 1.12µm, PDAF

2 MP, depth sensor
FiturAI, HDR, LED Flash, panorama
Video4K UHD, 1080p, 720p, EIS
Depan8 MP
Fitur
RadioFM Radio
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYa, A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
LoudspeakersYa
3.5mm jackYa
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
Baterai
TipeLi-Ion 4000 mAh non-removable battery
Harga
3GB RAMRp 2.299.000
4GB RAMRp 2.699.000
Itulah sedikit review singkat serta Spesifikasi Asus Zenfone Max M2 ZB633KL yang bisa WandiWeb paparkan kali ini, semoga dapat menambah referensi untuk mencari smartphone gaming berkualitas yang cocok untuk kebutuhan kalian. Happy gaming!

1 Response to "ASUS Zenfone Max M2, Pilihan Murah Terbaik Untuk Mobile Gaming"

  1. mantap ulasannya mengenai zenfone max m2 ini, udah harganya terjangkau, spesifikasinya juga mantap

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel