Pengertian dan Maksud dari Shitposting Serta Asal Mulanya

Apa Itu Shitposting atau Shitpost, Kenapa Hal Ini Banyak Muncul di Internet? — Pernahkah kalian melihat sebuah postingan di internet yang mengandung kata-kata yang tidak sopan? Atau pernahkah kalian melihat gambar serta video dengan konten yang tidak family friendly? Kalau iya berarti kalian sudah pernah melihat apa yang disebut dengan shitposting setidaknya paling sedikit satu atau dua kali. Tapi tunggu dulu, kenapa postingan-postingan tersebut harus disebut dengan shitpost? Padahal tidak ada hubungannya dengan kotoran? Untuk menjawab hal tersebut, WandiWeb akan memberikan penjelasan secara menyeluruh pada postingan kali ini.

Pengertian dan Maksud dari Shitposting Serta Awal Mulanya - WandiWeb 

Berikut ini adalah penjelasan yang WandiWeb kutip dari Wikipedia.org, menurut situs tersebut "shitposting adalah tindakan mengirimkan konten yang agresif, ironi, maupun troll tingkat rendah dalam skala yang besar. Biasanya shitposting dilakukan di forum internet maupun media sosial. Terkadang, shitposting digunakan untuk mengalihkan pembicaraan atau membuat para pengunjung situs web menjadi kurang nyaman." (source: Shitposting — Wikipedia).

Setelah melihat pernyataan dari wikipedia di atas, dapat kita simpulkan bahwa shitposting sendiri merupakan tindakan seseorang dalam membuat sebuah thread atau postingan yang mengandung hal-hal yang berbau negatif. Shitposting ini kebanyakan muncul di internet khususnya di media-media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan situs-situs media sosial lainnya.

Shitposting kebanyakan muncul di internet karena hal tersebut lebih memungkinkan dan lebih mudah di sampaikan jika dibandingkan dengan media-media lain seperti saluran TV atau radio. Shitposting belakangan ini menjadi tren di dunia bahkan di Indonesia karena selain dapat menyindir atau menyampaikan maksud dari si pembuat post itu sendiri, shitpost juga dapat dijadikan hiburan oleh beberapa orang.

Dalam tiga tahun terakhir, kebiasaan shitposting menjadi hal yang sangat digemari oleh pengguna sosial media di Indonesia terutama Facebook, sudah banyak grup-grup dan fanpage shitpost yang bertebaran di Facebook saat ini, bahkan jumlahnya sudah tidak terhitung lagi.

Asal Usul Tersebarnya Shitposting
Asal mula penyebaran shitposting sendiri tidak diketahui secara pasti, namun berdasarkan dari Know Your Meme, shitpost pertama kali muncul di forum "Something Awful" di tanggal 10 April 2007, dimana salah satu pengguna dengan nickname "OhSNAP!Tray" menggunakan kata shitpost tersebut untuk menggambarkan betapa kacaunya keadaan di thread BYOB saat itu.


Tujuan Seseorang Membuat Shitposting
Pada umumnya, seseorang yang membuat shitpost melakukan hal tersebut untuk memancing reaksi dari orang lain, berharap agar orang tersebut marah atau tertawa, namun terkadang juga ada beberapa orang yang melakukan shitpost hanya untuk sarkas, mengekspresikan bentuk kekesalan atau rasa kecewa mereka terhada sesuatu.

Ciri-ciri Shitposting
Shitposting pada dasarnya tidak memiliki ciri khusus, karena shitposting sendiri rata-rata dibuat secara spontan dan tidak memiliki tujuan yang jelas, ungkapan yang dipakai juga biasanya menggunakan kata-kata kasar, sehingga secara struktur dan penggunaan katanya, shitpost sangat mudah dikenali hanya dengan membaca atau melihatnya sekilas. Berikut adalah hal-hal yang biasanya terdapat pada sebuah shitposting:
  • Postingan yang tidak bermakna apa-apa.
  • Menggunakan kata-kata kasar.
  • Mengejek sesuatu atau seseorang.
  • Hal-hal berbau pornografi.
  • Menggunakan bahasa dan istilah-istilah yang tidak dimengerti
  • Tidak bermanfaat sama sekali, dll. 

Pada intinya, shitposting bukanlah merupakan hal yang positif bahkan bisa dibilang merupakan hal yang tidak layak untuk dipublikasikan, bukan hanya karena tidak berguna namun juga dapat membuat orang yang membaca atau melihatnya menjadi emosi. Shitposting ini sama halnya dengan sarkas, namun dengan konteks yang lebih kasar.

0 Response to "Pengertian dan Maksud dari Shitposting Serta Asal Mulanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel