Haruskah Mencabut Baterai Laptop Saat Digunakan Sambil Charging?

Jangan Mencabut Baterai Laptop Ketika Digunakan!! - Beberapa dari kita mungkin menganggap jika mencabut baterai laptop saat digunakan akan membuat baterai tersebut menjadi lebih tahan lama, karena jika menggunakan laptop sambil di charge dalam kondisi baterai terpasang akan membuat baterai cepat rusak karena baterai laptop akan terus menerus menerima daya listrik bahkan ketika dayanya sudah terisi penuh (100%) dan otomatis akan membuat umur baterai menjadi lebih pendek.

Jangan Mencabut Baterai Laptop Ketika Digunakan Pada Mode Charging - 30KBPS BLOG
Jangan Mencabut Baterai Laptop Ketika di Charge

Saat digunakan, baterai laptop sebaiknya dilepas atau tidak?
Seperti yang kita ketahui, beberapa laptop keluaran terbaru saat ini tidak bisa dilepas baterainya karena baterai yang digunakannya adalah jenis non-removable battery, alias baterai tanam (tidak bisa dilepas), sehingga kita tidak akan bisa mencabut baterainya ketika digunakan. Sebenarnya ini adalah hal yang bagus, karena jika kita menggunakan laptop dalam mode AC (charging) sambil melepas baterai maka akan berdampak buruk pada perangkat keras laptop yang kita gunakan.

Alasan kenapa kamu tidak boleh melepas baterai laptop saat digunakan.
Sangat tidak dianjurkan untuk melepas baterai laptop ketika digunakan, mengapa? karena hal tersebut akan berdampak buruk pada hardware laptop tersebut. Berikut adalah dampak negatif yang akan terjadi jika kamu menggunakan laptop pada AC mode sambil mencabut baterai:
  • Menjalankan laptop pada keadaan baterai terlepas sambil di charge (AC) akan mengakibatkan komponen-komponen pada laptop menerima energi listrik secara langsung, hal ini dapat memperpendek usia komponen karena akan lebih cepat rusak.
  • Laptop yang dihidupkan dengan menggunakan stabilisator/UPS juga dapat mempercepat kerusakan komponen yang ada pada laptop karena arus listrik yang dialirkan akan langsung menuju ke perangkat-perangkat keras tanpa adanya penyesuaian tegangan (voltage converter) serta sirkuit pengatur (regulator circuit).
  • Salah satu hal yang paling berbahaya adalah ketika listrik mendadak mati atau colokan pada kabel AC tiba-tiba terlepas dari socket, hal ini lagi-lagi akan berefek kepada komponen-komponen vital pada laptop seperti harddisk, motherboard dan RAM karena daya yang mengalir pada komponen tersebut tiba-tiba mati, apalagi jika kamu sedang melakukan pekerjaan multitasking yang berat dan mengakibatkan komponen laptop bekerja 2 hingga 3 kali lebih keras dibandingkan dengan penggunaan normal. Belum lagi jika kamu belum sempat menyimpan hasil pekerjaan yang kamu lakukan saat laptop tiba-tiba mati.

Kamu boleh saja melepas baterai laptop, namun hanya pada saat laptop tersebut tidak akan digunakan dalam waktu 3 hari atau lebih, kamu juga bisa melepas baterai laptop jika memang kamu akan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, misalkan kamu akan menjalankan laptop tersebut dalam waktu 12 jam non-stop, maka silahkan cabut baterai laptop yang kamu gunakan.

Namun sebaiknya jangan menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama tanpa henti, karena hal tersebut juga akan menyebabkan laptop menjadi cepat rusak, alangkah baiknya jika kamu menggunakan laptop tidak lebih dari 8 jam non-stop, dan biarkan laptop tersebut hingga benar-benar dingin sebelum menyalakannya kembali.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian, terimakasih sudah berkunjung. Silahkan bagikan artikel ini dengan cara meng-klik salah satu tombol share dibawah.

0 Response to "Haruskah Mencabut Baterai Laptop Saat Digunakan Sambil Charging?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel