Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Saat Shutdown / Restart

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Ketika Shutdown atau Restart PC — Kebanyakan pengguna sistem operasi windows pasti sudah pernah merasakan yang namanya blue screen (layar monitor tiba-tiba mati kemudian keluar tulisan dengan latar biru) dengan informasi "A problem has been detected and windows has recovered from unexpected shutdown". Penyebab dari blue screen sendiri sebenarnya sangat beragam dan bukan hanya bersumber dari satu masalah saja, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan PC/laptop dengan sistem operasi windows tiba-tiba mengalami blue screen.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Saat Shutdown / Restart - WandiWeb
Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Saat Shutdown / Restart.

Pada kesempatan kali ini, WandiWeb akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi laptop yang tiba-tiba blue screen ketika shutdown maupun restart pada sistem operasi windows 7. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua blue screen pada windows 7 diakibatkan oleh masalah yang sama, hal ini disebabkan blue screen bisa terjadi karena beberapa faktor.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Saat Shutdown / Restart - WandiWeb
Windows has recovered from unexpected shutdown.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan PC/laptop blue screen ketika dimatikan diantaranya:
  • Software driver yang terpasang tidak kompatibel. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya blue screen apabila software driver yang kita install pada PC/laptop tidak kompatibel atau tidak cocok dengan hardware PC/laptop kita.
  • Hardware bermasalah. Contoh masalah pada hardware yang dapat mengakibatkan blue screen adalah ketika memory DDRAM mengalami masalah tertentu, ataupun kotor.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Saat Boot
#Cara pertama
Jika masalahnya ada pada driver software, cobalah untuk memeriksa driver yang terpasang, jika benar masalahnya ada pada driver, maka lakukan uninstall driver kemudian install lagi dengan driver lain, namun sebelum menginstall, pastikan bahwa driver tersebut benar-benar cocok dan kompatibel dengan PC/laptop yang kamu gunakan. Jika tetap tidak bisa, maka cobalah untuk melakukan install ulang windows pada PC/laptop kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi Download Limit (Exceeded) di Google Drive

#Cara kedua
Jika masalahnya terdapat pada hardware PC/laptop kamu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan maintenance atau memeriksa semuah komponen hardware pada PC/laptop yang kamu gunakan. Salah satu masalah hardware yang dapat menyebabkan PC/laptop blue screen adalah memory DDRAM yang kotor. Jika benar ini masalahnya, maka sebaiknya kamu segera membersihkannya.

#Cara ketiga
Cobalah untuk melakukan troubleshooting secara manual pada sistem operasi yang kamu gunakan. Kemudian lakukan system restore pada PC kamu. Berikut caranya:
  • Klik tombol start pada keyboard.
  • Kemudian ketikkan "System Restore" pada kolom pencarian.
  • Kemudian tekan ENTER.
  • Lalu pilih Recommended restore or Choose a different restore point.
  • Klink Next.
  • Kemudian tekan tombol finish setelah kamu memilih opsi kedua, maka pilih restore point dari daftar yang ditampilkan di layar berikutnya, dan klik Next setelah itu Finish.

Namun jika ketiga cara yang sudah admin jelaskan diatas sama sekali tidak berpengaruh, maka silahkan bawa PC/laptop kamu ke service center untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 Response to "Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Saat Shutdown / Restart"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel