Daftar 5 Processor Android Terbaik dan Tercepat Saat Ini

5 Processor Android Terbaik Saat Ini - Processor merupakan hardware penunjang yang sangat vital bagi sebuah smartphone Android. Processor pada android cara kerjanya sama halnya dengan processor pada pc/laptop processor pada android bertugas untuk mengendalikan kinerja pada sebuah smartphone. Processor akan bekerja ketika diberikan perintah oleh sistem dan akan langsung mengeksekusi perintah tersebut pada saat itu juga. Beberapa fungsi dari processor antara lain:

  • Melakukan kalkulasi matematis untuk mengeksekusi perintah-perintah yang diberikan oleh sistem.
  • Berfungsi untuk mengolah data.
  • Mengelola perintah yang berupa input dari hardware lain untuk menciptakan sebuah hasil akhir.

Sama halnya dengan processor pada komputer/laptop, kinerjanya akan semakin baik jika clockspeed pada processor tersebut menunjukkan angka yang tinggi. Clockspeed sendiri merupakan kecepatan mengelola data pada processor. Tingkat kecepatan (clockspeed) pada sebuah processor berbeda-beda, ada yang hanya berkecepatan sekian MHz hingga sekian GHz. Walaupun merupakan komponen inti dari sebuah perangkat, namun processor bukanlah penentu mutlak akan bagus atau tidaknya perangkat tersebut, karena masih ada faktor penunjang lain yang tidak kalah pentingnya seperti RAM dan GPU.

Daftar 5 Processor Android Terbaik dan Tercepat Saat Ini - 30KBPS BLOG
5 Processor Android Tebaik dan Tercepat Saat Ini
Performa serta kinerja pada sebuah processor juga ditentukan oleh sistem processor secara keseluruhan dan tentunya jenis teknologi apa yang digunakan processor tersebut. Sebagai contoh, beberapa processor memiliki clockspeed yang tinggi serta jumlah inti (core) yang lebih banyak vs processor Intel. Dalam hal ini, tentu saja processor Intel-lah yang memiliki performa lebih baik, meskipun clockspeed-nya lebih rendah dan jumlah inti (core) nya lebih sedikit. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan Intel adalah teknologi hyperthread yang terkenal memiliki performa yang sangat baik.

Berdasarkan jumlah inti (core) pada sebuth processor, jenis core ini terdiri dari single core, dual core, quad core, dan octa core. Single core merupakan processor dengan hanya satu core saja, processor ini tidak memakan banyak daya yang dan juga tidak mudah panas, namun processor ini memiliki kecepatan memproses yang juga lambat. Processor dual core adalah processor yang memiliki dua inti, sedangkan quad core empat inti, sedangkan Octa core adalah processor dengan jumlah core (inti) 8.

Sementara untuk brand (merk), processor memiliki beberapa varian jenis, sebut saja Snapdragon, MediaTek, dan lain-lain. Processor tersebut memiliki kecepatan mengolah data (clockspeed) dan juga kualitas yang berbeda-beda. Kecepatan pada sebuah processor akan mempengaruhi kinerja, kualitas graphic dan juga tentunya daya tahan baterai pada sebuah smartphone android. Lalu, processor apa saja yang memiliki kualitas dan kinerja yang baik? Berikut adalah daftar 5 merk dan jenis processor android terbaik saat ini.

5. Tegra
Processor Tegra merupakan processor yang dibuat oleh perusahaan terkenal NVIDIA. Pada awalnya, NVIDIA sempat memproduksi processor Quad core Tegra 3 yang memiliki kinerja diatas rata-rata dimana produsen lain masih sibuk memproduksi processor Dual core. Processor Tegra 3 memiliki kemampuan visual yang bisa dibilang lebih baik ditambah lagi konsumsi daya processor ini juga lebih sedikit.

Processor Tegra dapat membuat kinerja pada core menjadi lebih efektif. Processor ini akan menyesuaikan jumlah core yang akan digunakan dengan kebutuhan pada perangkat. Pada penggunaan yang ringan, jumlah core yang bekerja hanya satu core saja. Sebaliknya, pada penggunaan aplikasi yang lebih berat, jumlah core yang bekerja lebih banyak. Beberapa seri processor Tegra yang diproduksi NVIDIA yaitu Tegra APX, Tegra APX 2600, Tegra 600, Tegra 650, Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4, tegra 4i, Tegra K1 dan Tegra X1.

4. MediaTek
Processor yang satu ini merupakan processor buatan perusahaan MediaTek asal Taiwan. Pada awalnya, processor jenis ini tidak begitu terkenal. Namun, seiring dengan perkembangan dan perbaikan yang dialami, saat ini processor MediaTek menjadi salah satu processor yang paling banyak digunakan oleh merk-merk smarphone android ternama.

MediaTek memang lebih mengutamakan produksi processor yang memungkinkan loading yang lebih banyak. Selain memiliki kinerja yang sangat baik, processor MediaTek ini juga memiliki harga yang relatif murah.

3. Intel
Processor yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, processor dengan brand Intel biasanya sering kita temui pada komputer. Namun selain pada komputer, Intel juga sudah melakukan crossing ke platform android. Processor yang diluncurkan Intel adalah processor jenis Intel Atom Z2460 yang memiliki clockspeed 1.6 GHz.

Processor ini pertama kali dibuat pada tahun 2012 yang kemudian dipadukan dengan beberapa komponen lain pada smartphone android. Salah satu merk smarphone yang di produksi menggunakan processor Intel adalah Asus. Processor Intel memiliki beberapa keunggulan diantaranya:
  • Memiliki teknologi thread yang memungkinkan processor dual-core bekerja layaknya processor quad-core.
  • Memiliki pengaturan temperatur pada processor.
  • Meningkatkan kinerja procesor dengan meningkatkan kecepatan core sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

2. Exynos
Exynos merupakan processor yang diproduksi oleh Samsung. Processor jenis ini memang lebih banyak digunakan pada merk smartphone Samsung sendiri. Namun bukan berarti hanya Samsung saja yang mem-produksi smarphone android dengan processor Exynos, contohnya Meizu yang juga menggunakan processor ini. Exynos dibuat dengan Sistem on Chip (SoC) yang dapat membuat kinerja smartphone lebih baik. Selain itu, Exynos juga support untuk gaming serta graphic yang juga cukup baik.

Processor Exynos sendiri pertama kali digunakan pada seri Samsung Galaxy S. Seri yang digunakan pada saat itu adalah Exynos 3 single atau Exynos 3110. Exynos 3110 dilengkapi dengan CPU single core 1.0 GHz – 1.2 GHz, serta GPU Power VR SGX 540. Processor ini terus berkembang hingga menjadi beberapa seri, diantaranya Exynos 4 Quad, Exynos 5 Dual, Exynos 5 Hexa, Exynos 5 Octa. Sedangkan processor Exynos terbaru saat ini adalah Exynos 8895 yang digunakan oleh Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

1. Snapdragon
Dan yang terakhir, yaitu processor Snapdragon. Processor Snapdragon adalah processor Android terbaik yang digunakan oleh berbagai brand smartphone android saat ini. Processor yang satu ini merupakan hasil produksi dari Qualcomm yang sebelumnya memang sudah terkenal dengan produk mereka yang memiliki kualitas yang sangat baik. Processor Snapdragon sendiri merupakan processor terbaik saat ini dengan kineja serta clockspeed paling handal.

Processor Snapdragon juga mendukung tampilan graphic dengan kualitas yang memukau serta pemakaian baterai lebih awet serta lebih efisien. Namun pada beberapa smartphone tertentu, kinerja snapdragon yang cepat justru malah menyebabkan ponsel android jadi lebih mudah panas.

Snapdragon 835 merupakan terobosan terbarubaru dari produsen Qualcomm. Processor ini mengusung design skala nano, Snapdragon 35% lebih kecil namun memiliki performa yang jauh lebih baik. Snapdragon 835 ini juga diklaim memiliki daya konsumsi yang 25% lebih sedikit daripada desain sebelumnya. Processor ini dapat memenuhi kebutuhan graphic dengan 25% lebih cepat, serta memiliki tampilan warna yang 60 kali lebih banyak. Sementara itu dari segi suara, processor ini mendukung 3D positional audio, superrior SNR, serta format DSD. Teknologi yang ini memungkinkan pemutaran audio dengan kualitas yang jauh lebih baik lagi.

Itulah daftar 5 processor android terbaik dan tercepat saat ini, semoga bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kamu dengan cara meng-klik salah satu tombol share dibawah ini.

0 Response to "Daftar 5 Processor Android Terbaik dan Tercepat Saat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel