5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing

Daftar 5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - Selama beberapa tahun terakhir, program perangkat lunak (software) semakin membutuhkan spesifikasi VGA yang tinggi agar bisa berjalan dengan baik. Hal ini terutama berlaku di dunia 3D modeling / video, di mana kita dapat memanfaatkan kekuatan VGA untuk mempercepat tugas berat prosesor seperti rendering atau simulasi. Misalnya, mental ray telah ada selama lebih dari dua dekade sebagai perender berbasis VGA, namun akhir-akhir ini NVIDIA telah mulai menerapkan fitur yang menggunakan VGA. Dan karena NVIDIA memiliki mental ray, hanya masuk akal bahwa NVIDIA akan memfokuskan energinya pada pengembangan teknologi yang spesifik untuk kartu-kartunya sendiri. Itu adalah hal penting yang perlu diingat saat kamu ingin membeli kartu grafis baru. Bergantung pada alat yang kamu gunakan. Di RealFlow kita bisa masuk ke opsi simulasi untuk mengaktifkan OpenCL sebelum menghitung dengan VGA. Di sisi lain, alat seperti Octane dan FurryBall tidak memerlukan penyesuaian apapun karena mereka hanya menggunakan VGA.

5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - 30KBPS BLOG
img source: Google Images

VGA vs Processor

Meskipun perbedaan dari hasil render yang dilakukan pada VGA atau Processor tidak bisa dilihat langsung, tapi kamu bisa melihat perbedaan dalam waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dari masing-masing dari mereka. Ini hanya karena beberapa perbedaan utama antara cara Processor dan VGA bekerja.

Shared Process
Dari sistem operasi hingga browser yang kamu gunakan, semua program komputer kamu dijalankan melalui Processor. Kamu dapat membuka Task Manager pada komputer yang kamu gunakan dan membuka tab Processes untuk melihat daftar program yang sedang diproses pada Processor di komputermu saat ini. Jadi saat kamu memberi perintah pada program 3D yang kamu gunakan untuk merender atau membuat simulasi, jika simulasi berjalan pada Processor, maka sistem harus menyeimbangkan pemrosesan render bersamaan dengan semua program lain yang sedang berjalan. Karena program lain tidak berjalan di VGA, jika kamu merender atau mensimulasikan menggunakan VGA, kamu dapat memfokuskan semua kekuatannya pada tugas yang ada tanpa program lain yang perlu diolah.

Dedicated Memory (Memori Khusus)
Cara lain VGA dapat membantu mempercepat alur kerja pada komputer adalah karena RAM pada kartu grafis yang kamu gunakan biasanya dikhususkan untuk segala hal yang dilakukan pada VGA. Ini sangat mirip dengan Shared Process; Program 3D yang sedang berjalan tidak harus berbagi RAM sistem dengan aplikasi lain saat melakukan rendering di VGA. Menjaga baik proses dan RAM yang dikhususkan untuk menghitung rasio, simulasi atau apapun yang kamu jalankan di VGA juga akan membebaskan Processor dan RAM sistem untuk program lain di sistem komputer kamu.

Semakin Banyak Jumlah Core, Maka Akan Semakin Kuat
Pada saat akan membeli Processor, pada umumnya kita akan memilih Processor yang memiliki banyak inti (core). Misalnya, chip seri Intel Core i7 memiliki dua core dengan empat thread. Di sisi lain, kebanyakan graphic card generasi sekarang memiliki ribuan core. Untuk kartu NVIDIA, mereka menggunakan core CUDA sedangkan kartu ATI menggunakan teknologi STREAM. Sebagian besar program / software 3D dirancang untuk memanfaatkan inti dari VGA untuk mengoptimalkan proses perenderan atau simulasi.

Daftar 5 VGA Terbaik Untuk 3D Modeling / Rendering / Video
Beberapa penjelasan diatas adalah perbedaan menggunakan VGA untuk perhitungan grafis-berat. Ada lagi, seperti pengolahan sekuensial vs pemrosesan paralel, tapi saya pikir kamu sudah cukup memahami yang ini. Dengan ini, VGA yang kamu gunakan untuk rendering memiliki peran yang sangat penting. Dan berikut adalah daftar 5 VGA / GPU untuk 3d rendering dan modeling.

1. Nvidia GeForce GTX TITAN X

5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - 30KBPS BLOG
Nvidia GeForce GTX TITAN X

Meskipun jenis yang satu ini bukan pilihan yang paling murah, TITAN X sejauh ini adalah GPU favorit dengan delapan miliar transistor, RAM khusus 12 GB dan lebih dari 3.000 core CUDA. Jika kamu adalah seorang penggila VGA, kamu mungkin akan sangat tertarik pada beberapa spesifikasi di TITAN X. Sebagian besar suara yang kami terima untuk X TITAN berasal dari pengembang game dan 3D creator. Seorang perancang tingkat mencatat bahwa TITAN X memungkinkan mereka untuk melakukan banyak hal sekaligus, seperti program 3D, Photoshop, program rendering real-time (seperti Marmoset Toolbag), Visual Studio, lebih dari 30 tab di Chrome dan masih berjalan. Unreal Engine 4 dengan grafis maksimal dan mendapatkan 100+ FPS. Bahkan dengan label harga yang lumayan, yaitu berkisar USD $ 1.000, X TITAN menunjukkan bahwa VGA sangat ini berharga untuk 3D creator dengan proyek berskala besar. Sebagai salah satu seniman 3D menyatakan, "Dengan VRAM 12GB, VGA ini menempatkan hampir semua kompleksitas dalam jangkauan optimal rendering. Untuk mendapatkan kapasitas itu di tempat lain yang dibutuhkan untuk beralih ke harga meteorik yang ada pada kartu pro (Quadro / Tesla)".

2. Nvidia GeForce GTX 970

5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - 30KBPS BLOG
Nvidia GeForce GTX 970

Kartu terpopuler kedua dalam daftar kami adalah GeForce GTX 970. Sementara spesifikasi untuk GTX 970 tidak sekuat TITAN X, biayanya juga tidak setinggi harganya. Sebagian besar suara untuk GTX 970 untuk 3D creator dan VFX yang memuji 970 karena cepat dan murah. Dengan harga yang lebih rendah, banyak 3D creator yang menyarankan GTX 970 yang juga menyebutkan pilihan SLI untuk memanfaatkan dua GTX 970 bersama-sama untuk kekuatan yang lebih besar lagi.

3. Nvidia GeForce GTX 980

5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - 30KBPS BLOG
Nvidia GeForce GTX 980

Menariknya, GeForce GTX 980 yang mungkin kamu bayangkan sedikit lebih kuat dan mahal daripada GTX 970. Sementara GTX 970 memiliki RAM yang sama dengan GTX 980, GTX 980 memiliki 2.048 core CUDA sedangkan 1.664 pada GTX 970. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, core ekstra tersebut akan cukup memberi dorongan yang kuat pada rendering VGA atau proyek simulasi yang kamu jalankan. Sebagian besar nominasi untuk GTX 980 berasal dari generalis 3D, game maker atau graphic designer. Dan seperti nominasi untuk 970, ada beberapa creator yang memilih GTX 980 SLI hanya dengan satu 980.

4. Nvidia GeForce GTX 750 Ti

5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - 30KBPS BLOG
Nvidia GeForce GTX Ti

Dengan harga berkisar antar USD $ 150, GTX 750 Ti adalah kartu termurah dari lima daftar berikut. Perbedaan penting pada kartu ini adalah bahwa bukan basis GTX 750, yang hanya memiliki core 512 CUDA dan RAM 1 GB. Di sisi lain, GTX 750 Ti memiliki core 640 CUDA dan RAM 2 GB. Meskipun perbedaannya mungkin tidak terlalu banyak, generalis 3D yang menyarankan kartu ini dengan jelas melihat perbedaan dalam kinerjanya untuk menjamin perbedaannya. Aspek hebat lainnya dari GTX 750 Ti yang membuatnya agak unik di antara kartu-kartu yang kuat dalam daftar ini adalah tidak memerlukan banyak tenaga. Sebagai contoh, TITAN X membutuhkan daya 600 W sedangkan GTX 750 Ti hanya membutuhkan 300 W. Itu bisa menghemat lebih banyak pengeluaran saat membangun sistem karena mungkin kamu tidak perlu membeli PSU khusus hanya untuk membantu mendukung graphic card ini.

5. Nvidia GeForce GTX 780

5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing - 30KBPS BLOG
Nvidia GeForce GTX 780

Dan yang terakhir adalah VGA Nvidia GTX 780, yang memiliki 2.304 core CUDA beserta RAM 3 GB. Seperti kartu seri 900 dalam daftar ini, banyak nominasi untuk GTX 780 menyebutkan SLI untuk kekuatan yang lebih besar lagi. Sebagian besar nominasi berasal dari 3D creator dan VFX. Salah satu 3D creator yang memberikan suaranya membuktikan, 2.304 CUDA core sesuai dengan kecepatan rendering kartu yang lebih mahal dengan biaya yang lebih rendah. Jika kita perhatikan, kartu Nvidia mendominasi lima besar dalam daftar ini. Dengan kartu ATI teratas adalah FirePro W7000, yang berada di posisi 10, jelas bahwa materi iklan di seluruh dunia lebih memilih kartu Nvidia. Dan tak heran, seperti studio seperti Framestore, ILM, Pixomonodo dan WETA Digital power hardware mereka dengan teknologi NVIDIA juga.

Itulah daftar 5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing terbaik dalam daftar ini, untuk opsi lain, berikut ini kami juga sudah memberikan daftar 20 lainnya sebagai pilihan cadangan.
  • Nvidia GeForce GTX TITAN X
  • Nvidia GeForce GTX 970
  • Nvidia GeForce GTX 980
  • Nvidia GeForce GTX 750 Ti
  • Nvidia GeForce GTX 780
  • Nvidia GeForce GTX TITAN
  • Nvidia GeForce GTX 680
  • Nvidia Quadro K4000
  • Nvidia GeForce GTX 770
  • AMD FirePro W7000
  • Nvidia GeForce GTX 780 Ti
  • NvidiaGeForce GTX 550
  • AMD Radeon R9 280X
  • Nvidia GeForce 9400 GT
  • Nvidia GeForce GTX 660M
  • Nvidia Quadro K4200
  • Nvidia Quadro K5200
  • Nvidia Quadro M6000
  • Nvidia Quadro K6000
  • Nvidia GeForce GTX 675

Seiring perkembangan teknologi yang selalu berubah dan semakin banyak perangkat lunak yang mulai memanfaatkan GPU (VGA), tidak ada kartu grafis yang benar atau salah untuk digunakan. Semuanya bermuara pada apa yang kita butuhkan, berapa banyak kekuatan yang kita butuhkan untuk dan berapa anggaran kita miliki. Sekarang setelah melihat daftar pada postingan ini, kamu dapat memilih salah satu yang kamu sukai.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan bagikan ke teman-teman kamu agar lebih banyak yang tahu.

1 Response to "5 VGA Terbaik Untuk 3D Rendering dan Video Editing"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel