Perbedaan dan Perbandingan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4

Apa Perbedaan Antara RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4? - DDR sendiri merupakan singatan dari Double Data Rate. DDR sendiri merupakan penyempurnaan dari SDR SDRAM (Single Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory). RAM DDR mempunyai kecepatan dua kali lipat dibandingkan dengan RAM SDR. Jika RAM SDR hanya mengirim data pada satu transisi clock saja, maka RAM DDR mengirimnya pada dua sinyal transisi clock.

Perbedaan dan Perbandingan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4 - THE 330K
img source: www.teknody.com

Terdapat dua tipe / jenis RAM, yaitu SDR (Single Data Rate) dan DDR (Double Data Rate). SDR hanya mengirim data pada satu transisi clock, yaitu naik atau turun saja (rising / falling). Sedangkan RAM DDR mengirimkannya pada dua transisi clock saat naik dan juga turun (rising / falling), nah hal ini lah yang membuat RAM DDR menjadi dua kali lebih cepat dibandingkan dengan RAM SDR.

Jenis RAM DDR ini kemudian mengalami perkembangan hingga beberapa kali. Jenis dan macam-macam perkembangan RAM DDR ini antara lain DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4, RAM DDR4 sendiri merupakan versi terbaru saat ini yang tentunya memiliki kecepatan yang lebih baik dari jenis sebelumnya.

Perbedaan RAM DDR, DDR2, DDR3 dan DDR4

DDR / DDR1


Perbedaan dan Perbandingan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4 - THE 330K
img source: www.memoryc.com

Jenis RAM ini merupakan versi pertama dari RAM dengan tipe DDR. Saat pertama kali dikenalkan, RAM ini hanya bernama "DDR" tanpa menggunakan kode angka dibelakangnya. Namun seiring kemunculan generasi penerusnya, maka RAM jenis ini kemudian diberi nama DDR1

RAM DDR pertama kali muncul pada era processor pentium 4, yaitu sekitar tahun 2000. RAM DDR memiliki transfer rate 200 ~ 400 MT/s dengan clock speed antara 100 ~ 200 Mhz. Bentuk dari RAM ini mempunyai ciri khas sendiri yaitu jumlah notch yang hanya satu, berbeda dengan RAM DDR yang memiliki dua buah notch. Notch sendiri adalah coakan pada PCB RAM yang menjadi panduan ketika kita memasang RAM.

DDR2


Perbedaan dan Perbandingan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4 - THE 330K
img source: www.anyict.co.za

DDR2 adalah generasi berikutnya dari jenis RAM DDR. RAM ini pertama kali muncul pada era komputer dual core. Perbedaan bentuk RAM DDR2 dan DDR2 yaitu letak notch yang bergeser agak ke pinggir. RAM ini memiliki transfer rate 400 ~ 1066 MT/s dan clock speed 200 ~ 533 Mhz.

DDR3


Perbedaan dan Perbandingan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4 - THE 330K
img source: www.amazon.in

RAM jenis ini adalah versi selanjutnya sekaligus penerus dari DDR2. RAM ini pertama kali diperkenalkan pada era processor Core i3. Bentuk fisik dari RAM ini yaitu letak notch nya yang lagi-lagi bergeser lebih ke pinggir dibanding dengan versi sebelumnya. Pemakaian daya pada RAM jeni ini juga lebih hemat dari jenis sebelumnya, yaitu sekitar 40% lebih rendah, sehingga RAM ini dapat beroperasi pada tegangan 1.5V (lebih rendah dari RAM DDR2 yang beroperasi pada tegangan 1.8V).

Transfer rate RAM DDR3 yaitu antara 800 ~ 1600M MT/s dengan clock speed 200 ~ 533 Mhz. Prefetch dari RAM ini adalah 8bit, lebih besar dibandingkan dengan DDR2 (4bit) dan DDR (2bit). RAM DDR3 ini juga memiliki fitur ASR (Automatic Self-Refresh) serta SRT (Self-Refresh Temperature) sehingga RAM DDR3 ini dapat mengontrol refresh rate sesuai variasi suhu yang ada.

DDR4


img source: www.amazon.in

RAM DDR4 merupakan jenis RAM DDR terbaru saat ini. Transfer rate dari RAM ini yaitu sekitar 2133 ~ 3200 MT/s. RAM jeni ini juga lebih hemat daya, yaitu 1.2V.

RAM DDR4 memiliki 4 grup bank dimana setiap grup mampu menangani operasi secara independen. Sehingga membuat RAM DDR4 bisa memproses 4 data dalam satu siklus clock dan membuatnya jauh lebih efisien dari RAM jenis DDR3.

Selain itu, RAM DDR4 ini juga memiliki fitur baru lainnya seperti DBI (Data Bus Invert), CRC (Cyclic Redundancy Check) dan CA paritas. Fitur-fitur tersebut akan meningkatkan integritas sinyal RAM DDR4 sehingga meningkatkan stabilitas transmisi data / akses.

Itulah info tentang perbedaan RAM DDR / DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu dengan cara meng-klik salah satu tombol share di bawah ini.

1 Response to "Perbedaan dan Perbandingan RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4"

  1. Artikel ini sangat membantu saya yang kurang paham perbedaan antara ram ddr 1,2,3, dan 4. Terimakasih gan ^-^ artikelnya sangat bermanfaat

    Jangan lupa kunjugi blog saya ya ^-^ di
    http://adityaramadhan74.blogspot.com

    Dan juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel