Cara Memilih RAM Yang Baik Untuk PC/Komputer Gaming

Cara Memilih Ram Terbaik Untuk PC Gaming -- Seorang gamer tentunya sudah sangat paham betul betapa pentingnya peran memory (RAM) dalam menjalankan sebuah game, baik itu game kategori berat, medium atau game ringan. Lalu bagaimana cara memilih RAM terbaik yang cocok untuk komputer yang kamu gunakan bermain game?

Dalam memilih RAM, bukan hanya kapasitas saja yang penting, melainkan kita juga harus mengetahui beberapa detail-detail lainnya mengenai RAM yang akan kita beli, apakah sudah cocok dengan PC yang kita miliki atau belum. Misalnya saja seperti kecepatan membaca data, merk, tegangan, kecocokan dengan mainboard serta komponen lainnya, serta masih banyak lagi hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih sebuah RAM.

Cara Memilih RAM Yang Baik Untuk PC/Komputer Gaming | THE 330K
image source: arstechnica.com


Nah berikut penjelasan tentang bagaimana cara memilih RAM terbaik untuk merakit atau upgrade PC Gaming.

Motherboard.
Ini adalah point penting dan paling pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih RAM, jangan asal beli, pastikan dulu apakah socket RAM tersebut cocok dengan motherboard PC kamu atau tidak. Jika socket motherboard kamu adalah DDR3 maka kamu juga harus membeli RAM DDR3 juga, jangan membeli yang DDR2 karena sudah dipastikan tidak akan bisa digunakan. Perhatikan juga spesifikasi motherboard kamu, apakah sanggup menerima RAM yang akan dipasangkan tersebut atau tidak, misalnya motherboard dengan maximum dual channel 8 GB kecepatan 1333 Mhz, Jika kamu memasangkan RAM 16 Gb kecepatan 1866 Mhz, maka motherboard tersebut tidak akan sanggup menjalankannya.

Processor.
Perhatikan juga kemampuan processor yang kamu gunakan, biasanya terdapat informasi berupa keterangan mengenai kapasitas dan kecepatan RAM maksimal yang bisa diterima oleh processor tersebut.

Seri.
Dalam membeli atau mengupgrade RAM komputer, jika membeli 2 buah, pastikan kedua serinya sama, misalnya yang pertama adalah RAM PC12800, maka yang kedua juga harus RAM PC12800. Ini adalah hal yang tidak boleh di abaikan.

Frekuensi.
Tidak semua motherboard dapat mendukung kecepatan frekuensi pada Memory (RAM). Kamu tentunya juga harus memperhatikan kapasitas maksimum dan minimum motherboard dalam menerima kecepatan frekuensi memory. Selain itu, processor yang kamu gunakan juga harus sesuai dan mampu untuk menerima kecepatan frekuensi memory RAM. Sebelum membeli RAM, sebaiknya perhatikan spesifikasi motherboard dan processornya dulu. Untuk DDR3, maximum speed nya adalah 1066 – 1600 Mhz pada mode standar serta 1866 – 3000 Mhz di mode overcloking.

Interface.
Seperti yang sudah dijelaskan pada point pertama tadi, RAM yang kamu beli harus memiliki socket yang sama dengan motherboard, jika DDR3 maka pasangannya juga harus DDR3, begitu pula untuk jenis socket lainnya.

Tegangan/Voltage.
Sebelum membeli, pastikan juga berapa tegangan yang digunakan oleh RAM tersebut, karena ada beberapa motherboard maupun laptop yang tidak bisa membaca 2 buah RAM yang memiliki jumlah tegangan yang berbeda.

Merk.
Dalam membeli memory, usahakan agar memory tersebut dibuat oleh brand yang sudah terkenal dengan kualitas produknya, serta pastikan juga jika membeli 2 buah RAM, kedua merk nya juga harus sama agar kinerjanya lebih stabil.

Kesimpunlannya, dalam memilih dan membeli sebuah memory (RAM) jangan asal pilih jumlah kapasitasnya saja, perhatikan juga hal-hal lainnya seperti seri serta spesifikasi yang sama,
frekuensi harus sama, memiliki kapasitas yang sama, jika membeli 2 pastikan merk-nya sama, interface sesuai, hingga motherboard serta processor yang harus mendukung.

Mungkin cukup itu saja tips yang bisa admin bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa bagikan postingan ini ke teman-teman kamu dengan cara meng-klik tombol share dibawah ini:

0 Response to "Cara Memilih RAM Yang Baik Untuk PC/Komputer Gaming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel