Kenapa Mesin ATM Bisa Terinfeksi Virus Ransomware - WannaCry

Kenapa Mesin ATM Bisa Terkena Virus Ransomware -- Virus dalam dunia teknologi merupakan sebuah program jahat yang sengaja di buat untuk menghancurkan/merusak komputer orang lain dengan tujuan tertentu. Virus biasanya dibuat oleh orang yang sudah ahli dalam hal programming, namun seiring dengan perkembangannya, virus juga sudah dapat dibuat oleh orang yang bahkan belum mengerti program sama sekali... caranya? tentu saja dengan menggunakan alat bantu berupa software virus maker.

Dalam beberapa kasus, virus komputer dapat menginfeksi semua perangkat yang kompatibel dengan versi OS yang sudah di programkan untuknya, atau bisa disebut juga dengan OS target.

Mesin ATM Bisa Terinfeksi Virus Ransomware - WannaCry | THE 330K
Sumber: media2.indiatoday.in

Lalu kenapa virus ransomware dapat menginfeksi sebuah mesin ATM?, jawabannya sebenarnya cukup sederhana: Mesin ATM (Automatic Teller Machine) merupakan perangkat yang dijalankan oleh sebuah sistem komputer yang menggunakan OS (Operating System) tertentu. Di Indonesia sendiri kebanyakan mesin ATM yang kita jumpai rata-rata menggunakan OS Windows, kebanyakan diantaranya menggunakan versi windows 7 ke bawah, ditambah lagi dengan OS windows yang digunakan tersebut adalah versi bajakan, jadi tidak heran jika ada beberapa kasus mesin ATM yang terkena malware/virus.

Seperti kasus yang terjadi pada Sabtu, 20 Mei 2017 di daerah Balikpapan kemarin, sebuah mesin ATM terinfeksi virus ransomware, tepatnya ransomware jenis WannaCry yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan, karena virus ini diberitakan akan mengincar sistem penting seperti sistem komputer rumah sakit dan perusahaan-perusahaan besar.

Apa Yang Terjadi Jika Sebuah Komputer Sudah Terinfeksi Ransomware?
Tidak seperti kebanyakan virus lainnya, cara kerja ransomware adalah dengan meng-enkripsi (mengunci) file/data milik korbannya kemudian sang pembuat virus tersebut akan meminta tebusan berupa uang agar file yang di kunci tersebut dapat di akses kembali, cara penebusannya sendiri dengan menggunakan BitCoin, sehingga identitas si pembuat virus tersebut tidak dapat di ketahui.

Mesin ATM Bisa Terinfeksi Virus Ransomware - WannaCry | THE 330K


Mesin ATM Bisa Terinfeksi Virus Ransomware - WannaCry | THE 330K

Pada gambar diatas terlihat bahwa mesin ATM terinfeksi oleh salah satu virus jenis ransomware, tepatnya yaitu ransomware tipe WannaCry, jadi sudah bisa dipastikan semua file yang berada di dalam komputer tersebut akan di enkripsi (lock) oleh si virus dan akan meminta tebusan dengan nilai yang besar untuk meng-unlock kembali file-nya.

Info tersebut di dapatkan dari salah seorang pengguna jejaring sosial facebook yang membagikan foto tersebut di sebuah grup.

Hal ini menjadi bukti betapa pentingnya untuk selalu mengupdate dan memperhatikan sistem komputer pada mesin ATM. Seharusnya komponen penting seperti mesin ATM tidak menggunakan sistem operasi yang bajakan.

0 Response to "Kenapa Mesin ATM Bisa Terinfeksi Virus Ransomware - WannaCry"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel