Perbedaan Game dan Software Rip, Full Rip, Repack, Full Version, Reloaded, BETA dan Pengertiannya

THE 330K | Perbedaan Game Dengan Versi Full Version, Rip, Repack, Full Rip, Reloaded, BETA, Skidrow, BlackBox Serta Pengertiannya -- Jika kamu seorang gamer, pastinya kamu sering sekali mendengar kata-kata seperti repack, rip, full rip, reloaded dll. namun apa sih sebenarnya perbedaan serta pengertiannya masing-masing?

THE 330K | Perbedaan Game dan Software Rip, Full Rip, Repack, Full Version, Reloaded, BETA dan Pengertiannya

Pada kesempatan kali ini THE 330K akan memberikan ulasan lengkap mengenai setiap jenis-jenis dari game tersebut. Silahkan simak ulasan kami berikut.

Full Version
Full version adalah istilah untuk game/software original, yang dimaksud dengan original adalah game yang masih original atau masih asli tanpa adanya pengurangan atau perubahan apapun di dalam fitur game tersebut, game full version bisa kamu dapatkan dengan cara membelinya di situs resmi, misalnya steam, atau jika kamu tidak punya biaya kamu bisa mendapatkan full version dengan crack.

BETA
BETA yaitu istilah untuk game/software yang masih dalam tahap uji coba, jadi game tersebut masih dalam tahap percobaan dan masih belum sempurna. tujuan suatu developer menjadikan game menjadi BETA adalah untuk menguji dan mengetahui/mencari kelemahan dan kekurangan game tersebut, jadi tahap ini adalah masih tahap perbaikan agar sebelum di rilis ke publik game tersebut sudah tidak ada lagi BUG, kerusakan, error atau sebagainya. jadi jangan heran jika kamu mendownload sebuah game dengan tipe BETA dan banyak terjadi error, karena game tersebut masih dalam tahap percobaan dan masih belum sempurna.

Demo
Demo yaitu game/software yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum membeli/sebelum dirilisnya game tersebut, kamu bisa mendownload game dengan versi demo pada website game developer tersebut. Game versi demo hanya memiliki satu/beberapa level/stage saja dan juga ada masa trialnya.

RIP
RIP adalah singkatan dari ripped atau ripping, yaitu istilah untuk game yang di compress secara penuh dengan pengurangan beberapa fitur yang ada pada game tersebut, contohnya seperti audio, texture, dan video. Setelah itu akan menghasilkan ukuran game yang lebih kecil di banding game full version (semua tipe game berasal dari full version) game RIP biasanya tidak memiliki cutscene jadi banyak sekali fitur yang dikurangi, jadi tidak usah heran jika setelah install game RIP ternyata tidak ada videonya karena memang dihapus dan di compress menjadi versi RIP.

Full RIP
Full RIP mirip sekali dengan RIP dan juga cara kerjanya hampir sama seperti RIP, nah perbedaan dari FULL RIP adalah game FULL RIP lebih extreme dari pada game RIP karena fiturnya sangat banyak sekali yang dikurangi dan akhirnya menghasilkan size yang sangat jauh berbeda dari file aslinya.

Repack
REPACK adalah istilah game yang di compress secara penuh tampa pengurangan fitur-fitur yang ada dalam game tersebut, ataupun jika dikurangi, hanya akan dikurangi pada segi video (cutscene) saja serta pengurangan kualitas video tanpa mempengaruhi jalannya game tersebut, versi ini masih menjadi favorit di kalangan gamer yang menginginkan game dengan kualitas yang bagus.

Reloaded
Game dengan tipe Reloaded adalah game dengan versi original dan bisa di bilang full version yang sudah di crack sehingga tidak berbeda dari segi size dan kualitas game originalnya, versi ini disarankan untuk para gamer yang mempunyai koneksi internet yang cepat karena sizenya lumayan besar (tergantung dari gamenya sendiri).

High Compressed
Game/Software dengan tipe High Compressed adalah game yang di compress secara extreme, contohnya misalkan game dengan size asli 5 GB kemudian di lakukan compress menjadi 500 MB, atau 4 GB menjadi 10 MB, bahkan bisa lebih extreme lagi.

Trial/Shareware
Trial/Shareware adalah Game/Software yang maksudnya bebas untuk dicoba/dibagikan/diedarkan dan gratis tentunya, game ini sudah versi full, tetapi dibatasi dengan waktu misalnya hanya 30-60 menit atau hanya 7-15 hari. Biasanya game yang memiliki versi ini adalah mini game seperti game dari BigFish, Gamehouse, PopCap, dan lain-lain.

Free/Freeware

Freeware adalah Game yang gratis untuk di-download oleh siapa saja, serta dapat dibagikan dan diedarkan dengan keuntungan ditanggung sendiri. Biasanya game yang memiliki versi ini jarang ada patch atau kelanjutan gamenya jika terdapat beberapa seri.

Portable
Game/Software portable pada  komputer adalah game/software yang tidak perlu diinstal pada komputer.  Kamu hanya tinggal menjalankannya langsung dari file yang sudah kamu download. Keuntungan dari game portable ini adalah kamu tidak perlu melakukan instalasi, game/software-nya cukup kamu copy atau bahkan dimainkan langsung dari media penyimpanan portabel seperti disket, cd, flashdisk, atau turunan dari kartu memori SD lainnya.

Skidrow
Skidrow adalah sekelompok cracker yang berhasil membobol sistem keamanan hak cipta pada sebuah game, sehingga kita bisa menikmati game bajakan tersebut secara gratis. Selain Skidrow, masih banyak nama lain, seperti TinyISO, Razor1911, dll. dengan tujuan yang sama.

BlackBox
Game Repack dari BlackBox, biasanya game yang diambil dari Rilisan Skidrow atau Reloaded. Dipack ulang sedemikian rupa tanpa ada yang di RIP, hanya dihilangkan bahasanya, kecuali English. Game BlackBox sudah teruji dan memiliki kapasitas yang kecil dari versi Full dengan isi yang sama.

Itulah beberapa perbedaan serta pengertian dari setiap jenis game/software yang mungkin sudah sering kamu dengar. Semoga bermanfaat...

Terimakasih telah berkunjung di THE 330K, jangan lupa share, like dan berikan komentar kamu di bawah...

0 Response to "Perbedaan Game dan Software Rip, Full Rip, Repack, Full Version, Reloaded, BETA dan Pengertiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel