Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop/PC Bergaris (Dead Pixel)

THE 330K | Cara Memperbaiki Layar Monitor LCD Laptop/PC Bergaris Horizontal dan Vertikal (Dead Pixel) -- Selamat datang di 330K, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengguna laptop/PC yang sangat menjengkelkan, yaitu layar monitor alias LCD laptop tiba-tiba muncul garis vertikal/horizontal, bahkan kadang-kadang menjadi kabur dan blank sehingga kita tidak dapat mengetahui dimana letak kursornya berada.

Jika kamu sekarang sedang mengalami hal ini, ya saya mengerti apa yang kamu rasakan, karena saya juga pernah mengalami hal seperti ini, bahkan sampai 2 kali saya mengalaminya. Nah, maka dari itu pada postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan cara sederhana yang mungkin dapat membantu kamu memperbaiki masalah ini.


Dalam kasus ini, monitor LCD laptop atau pc kamu sebetulnya tidak benar-benar dalam keadaan rusak, melainkan terjadi error pada pixel kecil pada bagian monitornya atau biasa disebut dengan dead pixel. Pada dead pixel seperti ini, layar monitor tidak dapat bekerja secara normal, sehingga monitor tidak mampu memvisualisasikan gambar yang sedang dimuat pada pc/laptop kamu dengan baik.

Dead pixel sendiri dapat disebabkan karena beberapa faktor. Salah satu contoh faktor penyebab terjadinya dead pixel yaitu perusahaan laptop/pc yang kamu gunakan mungkin tidak teliti dalam mengidentifikasi pixel yang lemah pada masing-masing monitor. Akibatnya, jika terkena benturan sedikit saja maka akan menyebabkan layar monitor/LCD laptop kamu mucul garis-garis. Faktor lainnya yaitu mungkin layar LCD laptop/pc kamu terlalu sering ditekan. Dan salah satu faktor yang wajar yaitu tentu saja umur dari Laptop/PC yang kamu gunakan, mungkin karena sudah agak tua sehingga terjadi error pada pixelnya.

Nah, jika hal ini terjadi pada PC/Laptop kamu saya sarankan tidak usah terburu-buru membawanya ke tempat servis. Lebih baik kamu coba untuk memperbaikinya sendiri dulu.

Pada postingan kali ini saya hanya akan menjelaskan sedikit mengenai bagaimana cara memperbaiki dead pixel pada layar monitor kamu. Dalam hal ini kamu membutuhkan sebuah aplikasi pixelrepairer yang akan secara otomatis memperbaiki layar monitor/LCD milik kamu, tenang saja, saya sudah menyediakan link downloadnya dibawah.

Cara Memperbaiki Layar Monitor LCD Laptop/PC Yang Bergaris Horizontal dan Vertikal

Dalam kasus ini, kamu membutuhkan sebuah software khusus untuk melakukan perbaikan secara otomatis pada layar monitor PC kamu. Aplikasi ini bernama pixelrepairer.

Pixelrepairer ini bertujuan untuk mencari letak error pada layar monitor laptop kamu dan kemudian akan memperbaikinya secara otomatis.

Software ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya mudah digunakan serta tidak berat dijalankan pada sistem windows karena ukurannya yang kecil, serta masih banyak kelebihan lainnya yang sangat berguna sekali.

Cara Menggunakan Pixel Repairer Untuk Memperbaiki Layar Monitor LCD Laptop Yang Bergaris

Pertama, silahkan kamu download terlebih dahulu software Pixel Repairer. kemudian extract dengan menggunakan archiver winrar dll.

Kemudian pilih pola/pattern warna yang akan kamu gunakan, kamu bisa menggunakan warna ataupun garis.

Jika sudah kamu tentukan, sekarang silahkan klik tombol "Enable".

Kemudian software pixelrepairer akan bekerja memperbaiki layar monitor kamu, jika kamu meng-klik layar monitor, maka warna/garisnya akan berubah-ubah mengikuti klik yang kamu lakukan. Jika layar monitor laptop kamu baik-baik saja, maka tidak akan terlihat garis-garis, namun sebaliknya, jika betul terjadi dead pixel pada monitor kamu, maka akan terlihat dengan sangat jelas. Untuk kembali, silahkan tekan tombol ESC atau ALT+F4 pada laptop/PC kamu.

Langkah selanjutnya yaitu pilih menu Repair > Add, lalu tempatkan pada dead pixel monitor kamu (biasanya akan terlihat bintik kecil berwarna hitam, namun jika tidak ada, silahkan tempatkan dimana saja).

Tunggu beberapa saat sampai layar monitor laptop/PC kamu benar-benar sudah normal kembali.

Catatan: Lama perbaikan tergantung dari seberapa parah kerusakan pada pixel monitor PC/Laptop kamu. Saya sendiri memerlukan waktu kurang lebih sekitar 15-20 menit sampai layar monitor laptop saya kembali lagi seperti semula.

Jika error yang terjadi pada layar masih ringan, maka aplikasi pixelrepairer akan berhasil memperbaikinya. Namun jika sudah parah, aplikasi ini tidak akan mampu memperbaikinya lagi, sehingga satu-satunya cara yaitu membawa laptop kamu ke tempat servis.

Saya rasa sudah cukup penjelasan saya pada postingan Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop/PC Bergaris (Dead Pixel) kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan masalah kamu.

Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan pada kolom komentar di akhir postingan ini, terimakasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop/PC Bergaris (Dead Pixel)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel